Bagaimana Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak dan Ciri-ciri Akan Melahirkan?

Agar ikan guppy cepat beranak
Ikan hias guppy

Anda yang suka memelihara ikan hias, tentunya tertarik dengan keberadaan ikan guppy yang sangat fenomenal seperti sekarang ini. Ikan guppy adalah jenis ikan hias yang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Tidak hanya memelihara, banyak pula diantara mereka yang sengaja mengembangbiakkannya. Selain untuk hobi, kegiatan ini memang sangat menguntungkan. Pasalnya, harga ikan guppy saat ini cukup mahal. Apalagi jika warna dan bentuknya menawan, tentu saja akan ada banyak pengoleksi ikan hias yang tertarik untuk membeli ikan guppy dengan harga fantastis.

Lihat juga: Contoh Perbedaan ikan guppy jantan dan betina

Sebelum Anda mengetahui Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak dan Ciri-ciri Akan Melahirkan, perlu diketahui bahwa ikan guppy bisa dikawinkan secara massal ataupun berpasangan. Perbandingan antara betina dan jantannya yang akan dikawinkan secara massal adalah 1:5. Mengetahui proses perkawinan ini sangat penting agar usaha budidaya ikan guppy Anda bisa berhasil. Perlu Anda ketahui bahwa perkawinan ikan guppy yang dilakukan secara massal tidak dipastikan akan terjadi di hari yang sama. Karena lamanya pencampuran ikan guppy agar bisa saling beradaptasi adalah sekitar 4 sampai dengan 7 hari. Setelah waktu adaptasi tersebut, akan ada ikan betina yang sudah kawin dengan indukan jantan.

Anak ikan guppy budidaya

Tips Cara Budidaya Ikan Guppy agar cepat beranak


Jika induk betina sudah kawin, maka hal yang harus dilakukan adalah memisahkannya dari induk jantan agar tidak diganggu. Induk ikan guppy yang tidak hamil kemudian diambil lalu dimasukkan ke dalam wadah khusus untuk pemeliharaan induk. Jumlah anak guppy jika dilihat dari setiap kelahirannya ada pada kisaran 50 sampai dengan 200 ekor. Banyaknya jumlah anakan ikan guppy yang berhasil lahir dan berkembang tergantung dari kualitas dan suhu air. Anakan ikan guppy sangat mudah mati apabila berada di perairan yang suhunya seringkali berubah-ubah. Oleh karena itu, pastikan jika suhu air dalam wadah yang sudah Anda siapkan dalam kondisi suhu yang aman. Nah, bagi Anda yang sedang ingin melakukan budidaya ikan guppy, berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan agar ikan guppy bisa berkembang biak banyak.

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah memilah milih indukan guppy yang bagus kualitasnya. Hal ini sangat penting agar Anda bisa mendapatkan banyak anakan guppy yang sehat dan bagus bentuk dan warnanya. Dengan begitu, anakan ikan guppy bisa dijual dengan harga yang mahal.

  • Agar proses perkembangbiakkan ini berhasil, lakukan pemijahan pada wadah yang ukurannya sesuai dengan standar. Sekedar informasi, standar minimal terpal, ember, aquarium ataupun kolam semen yang bagus untuk proses pemijahan ikan guppy adalah 30x30cm. Pastikan jika wadah yang dipilih memiliki suhu atau temperatur yang stabil. Jangan sampai suhunya berubah-ubah karena hal tersebut dapat membuat anakan ikan guppy menjadi lebih rentan mati.

  • Agar perkembangbiakkan ikan guppy lebih cepat, ada baiknya jika Anda melakukan perkawinan massal. Dengan jumlah betina yang lebih banyak dibandingkan dengan guppy jantan.

  • Setelah mempertemukan ikan jantan dan betina, Anda biarkan ikan-ikan tersebut melakukan perkawinan secara alami selama satu sampai dengan dua minggu. Setelah masa perkawinan tersebut, segera pisahkan antara guppy betina yang sudah hamil dengan indukan jantan. Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa lama ikan guppy akan hamil? Ikan guppy hamil selama 25 sampi dengan 30 hari.

  • Setelah mengetahui cara cepat agar ikan guppy cepat hamil, maka hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana ciri-ciri ikan guppy yang akan melahirkan. Hal ini sangat penting agar Anda bisa memberikan perawatan yang intensif kepada indukan betina dan anakannya, caranya bisa anda lihat di bawah ini.

    Ikan guppy beranak

    Ciri-Ciri Ikan Guppy akan Melahirkan


    Pada dasarnya, mengetahui Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak dan Ciri-ciri Akan Melahirkan sangatlat mudah. Sebab ikan guppy tidak memerlukan perawatan dan proses pemeliharaan yang sulit. Bahkan bisa dikatakan bahwa proses pemeliharaan ikan guppy hampir sama dengan ikan hias pada umumnya. Ciri-ciri ikan guppy yang akan melahirkan bisa dilihat dari kondisi tubuhnya. Dimana terdapat warna gelap di anus bagian bawah dan perut yang semakin mengembung. Tempat penetasan anakan ikan guppy harus diisi dengan air yang bersih.

    Artikel lain: ketahui juga jenis ikan guppy lokal dan impor yang ada di pasaran

    Jangan lupa untuk memberikan aerasi tapi jangan terlalu kuat. Selanjutnya, lakukan pembersihan dan pergantian air kolam setidaknya 1 sampai dengan 3 hari sekali. Hal ini dilakukan agar anak guppy bisa bertahan hidup dan beradaptasi dengan baik. Umumnya, anakan akan diberikan pakan kutu air oleh indukannya. Anakan ikan guppy ini akan lahir sesudah pemijahan 3 sampai 4 minggu. Ciri-ciri indukan ikan guppy yang hamil bisa terlihat 2 minggu sesudah proses pemijahan. Satu hal yang sangat menarik dalam proses budidaya ikan guppy ini adalah ikan ini bisa hamil sebanyak 1 hingga 3 kali dalam sekali pembuahan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan banyak anakan hanya dengan sekali pembuahan.

    Jarak kehamilan antara yang pertama dengan kehamilan berikutnya berkisar antara 1 sampai dengan 5 minggu. Dalam satu kali pembuahan ikan guppy dapat 1-3 kali hamil. Jarak antara akehamilan pertama dengan berikutnya yaitu sekitar 1-5 minggu. Sekali melahirkan, ikan guppy bisa menghasilkan 30 hingga 100 anakan. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan lebih dari 100 anakan saat ikan guppy berhasil hamil lebih dari satu. Setelah anakan lahir, maka langkah selanjutnya adalah memindahkan anakan ke tempat pendederan. Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan terkait dengan pendederan anakan ikan guppy.

  • Perlu diingat bahwa kolam pendederan harus dialokasikan pada ruangan yang terbuka. Tujuannya adalah agar ikan terkena paparan sinar matahari. Sehingga tubuh ikan guppy akan membentuk warna yang bagus dan cemerlang.

  • Umumnya, para pembudidaya membuat bak semen dengan ukuran 2x2x0,5 meter atau 1x1x0,5 meter untuk wadah pendederan. Agar anakan tidak merasakan panas sinar matahari secara langsung, Anda bisa menambahkan tanaman air seperti eceng gondok atau hydrilla. Jangan terlalu banyak karena dikhawatirkan ikan aka berebut oksigen dengan tanaman air tersebut. Selain itu, atau eceng gondok untuk tempat berteduh.

  • Berikan aerasi yang mencukupi pada kolam pendederan. Kolam air diisi menggunakan air setinggi kurang lebih 40 cm.

  • Jangan lupa untuk memperbaharui air setidaknya 3 hari sekali.

  • Infusoria adalah pakan yang paling cocok untuk diberikan pada ikan guppy berumur 1 sampai dengan 5 hari. Setelah itu, barulah anakan guppy bisa diberi pakan kutu air seperti daphnia dan moina serta artemia atau udang renik.

  • Saat ikan berumur 20 hari, barulah Anda bisa memilah milih antara ikan guppy jantan dengan yang betina.

  • Perlu diingat bahwa keberhasilan dan kesuksesan dalam budidaya ikan guppy sangat ditentukan dari seberapa banyaknya ikan jantan yang berhasil dilahirkan. Pasalnya, ikan jantan memiliki bentuk dan warna yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan ikan guppy betina.

    Lihat juga:
  • Cara mudah Budidaya Ikan Guppy

  • Daftar Harga Ikan Guppy


  • Demikianlah ulasan mengenai Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak dan Ciri-ciri Akan Melahirkan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda.

    Labels: Ikan Guppy

    Thanks for reading Bagaimana Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak dan Ciri-ciri Akan Melahirkan?. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Agar Ikan Guppy Cepat Beranak dan Ciri-ciri Akan Melahirkan?"