Cara Budidaya Ikan Guppy di Lahan Sempit

Cara mudah budidaya ikan guppy
Budidaya ikan guppy

Ikan Guppy adalah jenis ikan hias yang mungil dan lucu, sehingga banyak disukai dengan digemari oleh para pecinta ikan. Ikan mungil dengan warna tubuh yang indah ini memang sangat menarik perhatian, apalagi warna-warnanya mencolok dan biasanya terdiri dari paduan warna yang indah. Apalagi ikan guppy termasuk ikan yang mudah perawatan dan pengembangannya.

Kini banyak orang yang mencoba budidaya ikan guppy di rumah mereka, kegiatan ini menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Bukan hanya itu, pembudidayaan ikan guppy ternyata tidak memerlukan lahan yang luas, dilihat dari ukuran tubuhnya yang mungil proses budidaya bisa dilakukan di lahan yang sempit.

Jadi bagi anda yang ingin membudidayakan ikan guppy dan terhalang oleh kendala lahan jangan khawatir, karena anda masih bisa melakukan budidaya ikan guppy walaupun di lahan yang tidak terlalu luas. Ikan guppy juga memiliki potensi ekonomi yang tinggi, karena semakin banyak orang yang tertarik pada ikan hias yang berwarna indah ini.

Ikan hias yang biasa disebut dengan ikan guppy atau ikan gapi ini, bisa saja memiliki harga yang murah di kemudian hari. Jadi mulailah berbudidaya ikan guppy dari sekarang sebelum harganya turun anjlok. Coraknya yang beragam serta cara pemeliharaan yang relatif mudah menjadi 2 alasan mengapa banyak orang suka dan tertarik pada ikan guppy.

Cara Budidaya Ikan Guppy Pada Lahan Yang Sempit

Contoh budidaya ikan guppy dilahan sempit

Menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk mulai budidaya Guppy

Seperti halnya proses budidaya pada ikan hias lainnya, langkah awal yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat yang dibutuhkan. Jika anda memiliki lahan yang tidak luas maka gunakan saja kolam yang tidak permanen. Bisa terbuat dari batako dan alas terpal, atau bisa juga terbuat dari kotak kemas sterofoam, atau kotak plastik.

Tinggi kolam tersebut harus 30 cm, untuk kolam yang bukan kolam pendederan. Sedangkan untuk kolam pendederan tinggi kolam itu harus 50 cm minimal. Jangan lupa untuk menyiapkan juga aerator. Anda memerlukan 5 kotak dengan kegunaan yang tentunya berbeda-beda, dan anda bisa menyicil pengadaannya.

    Kegunaan kotak-kotak tersebut adalah untuk calon induk ikan guppy dan juga pejantannya, sebaiknya pisahkan dulu 2 kolam sebelum dimulai. Untuk proses pemijahan, penetasan, serta 1 wadah yang gunanya untuk pendederan benih yang telah lahir lebih dulu.

Memilih Indukan Ikan Guppy

Langkah selanjutnya dalam budidaya ikan guppy adalah memilih jenis indukan ikan guppy. Sebaiknya pilihlah jenis ikan yang bagus, cara membedakan ikan pejantan dan ikan betina adalah dengan melihat ciri-ciri fisiknya. Biasanya ikan betina ukurannya lebih besar dibanding ikan jantan, warna ikan betina biasanya kusam dan tidak semencolok pejantan.

Ikan betina juga tidak memiliki ekor dan sirip yang merumpai seperti pada ikan jantan, karena ikan jantan memiliki 2 ciri indah tersebut di tubuhnya. Dengan mengetahui perbedaan kedua ikan jantan dan betina tersebut, maka anda bisa memilih jenis indukan ikan guppy yang bagus.

Proses pemijahan dan pemisahan

Sebelum mulai dipijahkan atau dikawinkan sebaiknya anda memisahkan indukan dan pejantan di kedua wadah yang berbeda. Isi masing-masing wadah tersebut dengan air yang bersih, dan ganti setiap 1-3 hari sekali. biasanya proses pemijahan ini dilakukan hanya dalam waktu 16 hari, berilah pakan yang bagus kepada kedua ikan tersebut.

Setelah itu, anda harus menyiapkan kolam pemijahan yang diisi dengan air lalu diamkan selama 24 jam lamanya. Kemudian ikan guppy jantan dan ikan guppy betina dimasukkan ke kolam dengan perbandingan air 1:2. Atau boleh juga 1:3 dan 1:5, tergantung dari segi mana anda melihatnya.

Karena semakin kecil jumlah perbandingannya, maka peluang untuk pembuahan indukan tersebut akan lebih besar. Lihat perkembangan ikan setelah 1-2 minggu kemudian, dan periksalah dengan seksama apakah ada indukan yang sudah mulai mengalami tanda-tanda kehamilan.

Proses Penetasan dan Pemisahan dari Indukan
Tanda kehamilan pada ikan guppy betina adalah dengan munculnya bercak gelap di bagian belakang sirip ikan. Di sekitar bagian anus dan perut yang menggembung, jika indukan berhasil hamil maka segera pisahkan dan masukkan ke dalam kolam penetasan. Tunggu sampai 3-4 minggu kemudian setelah anak indukan ini menetas dan lahir.

Lalu pisahkan anakan ke bagian kolam khusus pendederan, jika tempatnya memungkinkan sebaiknya buatlah kolam dengan ukuran 1x1x0,5 m atau 2x2x0,5 m. Atau bisa juga ukurannya disesuaikan dengan lahan anda yang sempit. Isi bak tersebut dengan air sampai kedalaman 40 cm lalu ganti air tersebut 3 hari sekali.

Serba-Serbi Ikan Guppy Di Kalangan Pecinta Ikan


Jenis ikan guppy metalik

Penggemar ikan guppy sangat beragam dan dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua banyak yang menggemari ikan guppy tersebut. Untuk anda yang ingin memelihara ikan guppy di dalam aquarium tentunya akan mendapat sensasi tersendiri. Apalagi saat orang-orang sudah mulai mengenal aquascape, ikan guppy menjadi semakin banyak peminatnya.

Jenis ikan guppy japan blue

Maka dari itu, budidaya ikan hias yang satu ini menjadi semakin meningkat karena semakin banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan ikan guppy. Untuk skala rumahan, budidaya ikan guppy ini dapat dilakukan di aquarium saja karena tidak semua orang memiliki lahan yang luas di rumahnya.

Jenis ikan guppy tuxedo

Beda halnya jika anda ingin mencoba Cara budidaya guppy dengan skala yang besar, tentu saja anda membutuhkan lahan yang cukup luas. Keahlian dalam hal budidaya ini pun, tidak memerlukan keahlian yang tinggi karena cara dan tahapan budidaya ini sangat ramah bagi pemula. Tetapi walaupun cara budidayanya mudah, namun tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

Jenis ikan guppy grass

Sehingga ikan guppy yang dipelihara pun dapat hidup dengan baik dan dapat berkembang biak. Ikan guppy ini cocok untuk dibudidaya di lahan yang tidak terlalu luas, tetapi syarat awal untuk budidaya ikan ini adalah harus menyukai ikan hias. Karena bagi orang yang memang suka ikan hias, tidak akan menemui kesulitan selama berbudiya ikan tersebut.

Jenis ikan guppy leopard

Akan lebih baik lagi jika anda mempelajari lebih lanjut mengenai jenis-jenis ikan guppy, serta cara memilih ikan yang mudah diserap di pasaran dengan harga yang lumayan sebelum mulai berbudidaya. Bahkan sekarang sudah banyak sekali komunitas online pecinta ikan hias dan pecinta ikan guppy pada khususnya sehingga anda bisa saling sharing dengan komunitas.

Jenis ikan guppy cobra

Ikan guppy ini merupakan salah satu jenis ikan hias tropis yang populer karena warna dan coraknya yang mencolok. Kini ikan guppy sudah tersebar di beberapa daerah di Indonesia, bukan hanya budidayanya saja yang mudah tetapi cara merawat dan memeliharanya pun terbilang mudah. Ikan guppy memiliki banyak variannya dengan ciri-ciri fisiknya yang masing-masing menarik.

Jenis ikan guppy mozaic

Beberapa jenis ikan guppy yang populer di kalangan para pecinta ikan hias adalah metalik, cobra, japan blue, tuxedo, mozaic, grass dan leopard. Masing-masing ini dari jenis ikan guppy ini memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing.

Labels: Ikan Guppy

Terimakasi telah membaca Cara Budidaya Ikan Guppy di Lahan Sempit. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Guppy di Lahan Sempit"