Penting! Inilah Makanan Anak Ikan Guppy Yang Baru Lahir Dan Cara Memeliharanya

Cara memelihara anakan guppy
Gambar guppy

Bagi Anda yang baru saja memiliki anak ikan guppy, berikut ini adalah rekomendasi makanan anak ikan guppy yang baru lahir dan cara memeliharanya. Ikan guppy adalah ikan hias yang banyak diminati. Sehingga tak jarang pula yang sengaja mengembang biakkannya agar menjadi banyak. Baik bertujuan untuk bisnis maupun untuk kesenangan pribadi. Akan tetapi Anda perlu mengetahui bahwa cara perawatan ikan guppy yang masih bayi dengan ikan guppy dewasa ini memiliki treatment yang berbeda.

Tidak saja dari cara merawat akan tetapi juga dari segi makanan yang harus diberikan.Ikan guppy menjadi satu primadona bagi para pecinta ikan hias. Apalagi dengan banyaknya jenis dari ikan guppy ini membuat ikan hias yang mungil ini banyak dijadikan salah satu pesona dalam huniannya. Tak jarang yang memelihara ikan guppy ini bersama dengan ikan lain sehingga membuat akuarium didalamnya terlihat begitu bervariasi. Akan tetapi Anda tetap harus memperhatikan apa saja jenis ikan yang cocok dengan ikan guppy.

Dimana ikan guppy ini adalah jenis ikan yang non agresif sehingga Anda perlu untuk mencampurnya dengan ikan yang tidak agresif pula seperti misalnya ikan mas koki, ikan niasa, ikan platty, ikaan man fish, dan lain sebagainya. jangan sampai Anda mencapurkannya dengan ikan yang agresif seperti misalnya ikan cupang, ikan louhan, ikan arwana, ikan oscar, dan lain sebagainya. karena ikan guppy bisa menjadi sasaran yang empuk. Apa lagi sirip dan ekornya yang menawan serta tubuhnya yang kecil akan membuatnya lebih sering diserang dibandingkan jenis ikan lain.

Lihat juga: Cara Praktis Memelihara ikan guppy di aquarium

Ikan guppy ini termasuk ikan yang sangat banyak melakukan perkembang biakan. Ya, ikan guppy bahkan bisa melahirkan bayi hingga lebih dari 100 ekor bayi. Sehingga ikan guppy ini berevolusi dengan memakan bayinya sendiri. Evolusi ini terjadi dengan tujuan untuk menekan populasi ikan guppy agar tidak meledak. Oleh karena itu Anda perlu untuk melakukan pemisahan segera antara ikan guppy indukan dengan para bayinya.

Pemisahan ini tidak hanya dilakukan demi menyelamatkan nyawa para bayi, akan tetapi juga karena treatment perawatan antara indukan dengan bayi yang berbeda. Bahkan Anda juga perlu mengetahui bahwa ada pula perbedaan jenis makanan anak ikan guppy yang baru lahir dan cara memeliharanya secara tepat. Oleh karena itu Anda perlu menyimak infomasi berikut ini.
Ikan guppy ini memakan hewan yang lebih kecil darinya dan juga berbagai tumbuhan air. Seperti misalnya cacing sutra, jentik nyamuk, udang air asin, dalphina, dan lain sebagainya. akan tetapi tak jarang yang memberikan pelet. Hanya saja memberikan pelet pada ikan guppy ini akan mempengaruhi tingkat kesehatan yang lebih rentan dan juga mempengaruhi kecerahan warna ikan.
Oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi Anda untuk memberikan berbagai makanan yang alami. Berbeda dengan ikan guppy yang baru saja lahir, ia memiliki makanan yang berbeda karena memang kebutuhan nutrisi yang berbeda. Lalu bagaimana cara perawatannya? Beberapa yang perlu Anda perhatikan ialah:

Cara menyembuhkan penyakit ikan guppy

Pakan anak ikan guppy


    Pisahkan bayi guppy dari induknya

    Pemisahan bayi guppy dari induknya ini harus dilakukan secara langsung. Karena mengingat bahwa indukan guppy bisa saja memakan anaknya apabila tidak dilakukan pemisahan. Hal ini terjadi karena memang adanya insting untuk menekan populasi guppy itu sendiri. Akan tetapi bila indukan ikan guppy terlanjur memakan bayi guppy, tak apa karena biasanya bayi ikan guppy yang pertama kali dimakan ialah bayi ikan guppy yang memang cacat atau kurang sehat.

    Tempatkan di tempat yang sesuai

    Untuk anak guppy yang baru lahir, sebaiknya Anda tempatkan di ruangan yang mampu tembus cahaya matahari secara cukup. Anda bisa meletakkannya di akuarium ataupun bak, baik bak betok maupun bak plastik. Jangan lupa untuk melengkapi tempat bayi guppy dengan aerator. Akan tetapi jangan sampai Anda menggunakan aerator yang besar karena ini akan menyedot bayi ikan san menyebabkan kematian. Bayi guppy masih sangat rentan terhadap perubahan kondisi lingkungan sehingga Anda perlu merawat dan memperhatikan kondisi akuarium. Anda perlu melakukan pergantian air setidaknya 2 kali sehari sebanyak sepertiga volume air. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi air tetap segar dan juga menjaga kondisi pH didalam air agar tetap normal.

    Berikan makanan yang sesuai dengan usianya

    Setiap pertumbuhan ikan guppy akan membutuhkan nutrisi dan juga jenis makanan yang berbeda. Pada usia 1 hari setelah kelahiran, pastikan untuk tidak memberi bayi ini pakan. Karena pada usia sampai 5 hari, sebetulnya ikan gruppy ini masih memiliki yellow egg sebagai cadangan makanan. Akan tetapi untuk usia 5 hari lebih Anda bisa memberikan jenis makanan seperti kuning telur rebus yang dihaluskan atau bisa juga kutu air yang disaring. Jenis makanan ini akan bisa dikonsumsi untuk ikan guppy pada usia tersebut. Sedangkan memasuki pertumbuhan sekitar 3 cm, Anda bisa memberikan cacing sutra sebagai makananya. Lakukanlah pemberian makanan 2 kali dalam satu hari. Setelah ikan mencapai 5cm hingga 7cm, Anda bisa mulai memberikan cacing kering ataupun agar-agar.

    Mengatasi penyakit pada bayi gubby

    Bayi guppy masih sangat rentan pada berbagai penyakit. Penyakit yang umumnya menyerang ialah karena jamur yang tumbuh maupun karena bakteri. Jamur ini bisa tumbuh dengan pesat apalagi bila Anda tidak menanganinya dengan benar. Setiap penyakit yang menimpa bayi gubby ini tentunya akan membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Seperti misalnya untuk penyakit sapronelga yang menimbulkan bercak-bercak putih pada kulit ikan. Untuk mengatasinya Anda perlu meneteskan 2 tetes alkohol pada setiap satu galon air kemudian campurkan garam dan biarkan beberapa saat. Tambahkan pula hydrogen peroksida untuk membunuh bakteri selama sekitar 15 hingga 30 detik. Sedangkan untuk penyakit bloat atau bengkak, Anda perlu memberikan 2 sendok garam inggris dan biarkan selama sekitar 6 jam. Ciri ikan yang mengalami penyakit ini ialah ikan selalu napak gelisah dan badan terlihat lebih kembung dari biasanya. Penyakit lain yang sering menyerang ialah mulut jamur. Dimana mulut pada ikan terlihat putih karena ditumbuhi jamur sehingga ikan tak mampu makan bahkan sulit untuk bernafas. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda perlu memberikan aureomicyn sebanyak 25 mg untuk air sebanyak satu galon. Tambahkan pula 1 tetes obat merah dan juga obat metopen sebanyak 2 tetes. Biarkan saja hingga jamur pada mulut ikan berangsur-angsur menghilang.

Lihat juga: Tips Cara Budidaya ikan guppy menggunakan ember atau kolam

Itulah informasi penting mengenai makanan anak ikan guppy yang baru lahir dan cara memeliharanya. Karena memang bayi ikan masih sangat rentan oleh karena itu perhatikanlah kondisi ikan dan juga lingkungannya agar tetap bila tumbuh dengan sehat dan terhindari dari berbagai penyakit yang mungkin akan menimpanya. Dengan begitu Anda akan memiliki banyak sekali ikan guppy yang sehat dan indah menarik. Tips dan langkah diatas tidak hanya perlu diperhatikan oleh para pebisnis ikan guppy untuk mendapatkan ikan guppy yang berkualitas. Akan tetapi juga untuk Anda yang ingin memeliharanya secara pribadi.

Lihat juga:
  • Cara mudah Budidaya Ikan Guppy

  • Daftar Harga Ikan Guppy
  • Labels: Ikan Guppy

    Thanks for reading Penting! Inilah Makanan Anak Ikan Guppy Yang Baru Lahir Dan Cara Memeliharanya. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk " Penting! Inilah Makanan Anak Ikan Guppy Yang Baru Lahir Dan Cara Memeliharanya"