Tanda-tanda Ikan Guppy Sakit Dan Cara Mengobatinya Dengan Benar

Cara mengatasi guppy sakit
Ikan guppy sakit

Tanda-tanda Ikan Guppy Sakit Dan Cara Mengobatinya Dengan Benar - Banyak sekali jenis ikan hias yang tersedia untuk mengisi kolam dan aquarium. Salah satu ikan hias yang dipelihara oleh sebagian kecil pecinta ikan hias ialah ikan guppy. Ikan guppy masuk dalam spesies ikan air tawar yang mempunyai bentuk tubuh kecil dan dilengkapi dengan ekor yang bagus dan cantik serta penuh warna. Sekilas memang ikan guppy tampak seperti ikan cupang.

Namun kenyataanya kedua jenis ikan ini berbeda. Pada umumnya, selain untuk hiasan, ikan cupang digunakan untuk diadu. Lain halnya dengan ikan guppy yang hanya difungsikan sebagai ikan hias saja. Ikan guppy lebih kaya akan jenis dan namanya.

Penggolongan jenis ikan Guppy ini berdasarkan corak, bentuk ekor dan asal dari ikan imut ini. Seperti ikan pada umumnya, ikan guppy ini juga bisa terserang beberapa penyakit. Untuk itu kenali tanda-tanda ikan guppy sakit dan cara mengatasinya agar penyakitnya tidak semakin parah.

Ikan Guppy merupakan ikan hias yang bisa memberikan efek senang dan kepuasan tersendiri bagi yang melihatnya. Ikan Guppy sebenarnya ikan liar yang hidup di alam bebas. Karena keindahan dan keunikannya, tidak sedikit orang yang memeliharanya hingga mengembak biakkan ikan yang satu ini.

Akibat dari perkembang biakan yang dilakukan oleh beberapa orang tersebut muncullah varian baru ikan Guppy yang belum ada sebelumnya. Jika anda berminat untuk memelihara atau budidaya ikan guppy sebaiknya anda mengenali juga tanda-tanda ikan guppy sakit dan cara mengatasinya. Hal ini bertujuan untuk suksesnya budidaya ikan guppy anda.

Ikan guppy bisa saja terkena penyakit karena beberapa faktor seperti kurangnya kebersihan tempat tinggal, kutu air, parasit dan hewan predator lainnya. Penyakit yang diderita oleh ikan guppy ini beragam.

Cara mengobati ikan guppy

Cara mengatasinya juga berbeda. Untuk itu, kenali beberapa gejala penyakit pada ikan guppy dan cara mengatasinya berikut ini.

7 Penyakit Ikan Guppy dan Cara Mengobatinya

1. Penyakit Kembung


Meskipun hewan air, ikan guppy juga bisa terkena peradangan lambung yang menyebabkan kembung. Gejala atau tanda bahwa ikan guppy terserang penyakit kembung ialah ikan tersebut kesulitan untuk berenang ke dasar kolam atau aquarium. Untuk mengatasi kembung pada ikan ini ialah

  1. pisahkan ikan guppy tersebut pada suatu wadah dan berikan air secukupnya.
  2. Air tersebut dicampuri dengan garam inggris.
  3. Takaran yang dibutuhkan ialah dua sendok teh garam untuk satiap satu liter air.
  4. Biarkan ikan tersebut berenang selama kurang lebih 4 sampai lima jam.
  5. Kemudian carikan wadah lagi dan isi dengan air yang tingginya tiga kali lipat dari ukuran ikan.
  6. Bila sudah tampak sehat, anda bisa mengembalikan ke tempat semula.

2. Penyakit Insang


Alat bernafas ikan ini juga bisa terserang penyakit. Gejala atau tanda ikan guppy terkena penyakit ini ialah insangnya nampak terbuka, selera makan menurun dan kerap kali berada di air bagian atas. Penyebab dari peradangan insang ini ialah serangan virus dan bakteri. Serangan virus ini agak sulit diatasi karena penyerangan yang dilakukan tidak tampak jelas. Sejauh ini penanganan yang diberikan pada ikan guppy jika terkena penyakit ini ialah

  1. berikan metapen mercurochrome yang dicampurkan pada air yang sudah diberi garam.
  2. Biarkan ikan guppy tersebut berendam di dalamnya untuk beberapa saat.
  3. Bila sudah mambaik boleh dimasukkan kembali ke kolam.

Apabila penyakit ini tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan kematian yang ditandai dengan warna merah pada bagian insang.

3. Penyakit jamur Mulut


Penyakit ini ditandai dengan warna putih pada bagian mulut ikan. Warna putih tersebut merupakan jamur yang tumbuh dan bisa menyebabkan sakit pada ikan karena proses makan dan bernafasnya terganggu. Jika dibiarkan, ikan guppy ini bisa mati. untuk Cara Mengobati jamur pada ikan Guppy Sebagai upaya penyembuhan.

  1. berikan aureomycin sebanyak 25 mg untuk 1 galon air
  2. tambahkan metopen 2 tetes
  3. dan 1 tetes obat merah.

4. Penyakit Bloat atau Bengkak


Hampir sama seperti penyakit kembung, gejalanya ialah terjadi pembengkakan pada bagian perut ikan. Akan tetapi, penyakit bloat ini karena usus ikan yang terganggu sehingga nampak kembung dan bengkak. Untuk mengatasi dan mengobati penyakit ini anda bisa menggunakan.

  1. garam inggris yang dicampurkan pada air.
  2. Biarkan ikan tersebut dalam air campuran garam tersebut dan pindah ke air tawar biasa.
  3. Setelah sudah tidak kembung pindahkan ke tempat semula.

5. Penyakit Saprolegnia


Tanda dari penyakit saprolegnia ini adalah munculnya bintik-bintik putih pada seluruh permukan tubuh ikan. Sebagai langkah penanganan.
  1. anda bisa menggunakan alkohol metapen sebanyak dua tetes yang dicampurkan air satu galon.
  2. Kemudian pindahkan pada air yang telah dicampur dengan garam.
  3. Setelah ikan kembali pada warna normal, anda bisa mengembalikannya pada tempat semula.

Untuk menghindari penyakit ini, anda bisa mencampurkan cairan disinfektan yang dicampurkan pada air kolam atau aquarium.

6. Penyakit Tubercolusis


Ikan yang terserang penyakit tuberculosis ini terlihat lebih kurus dari ukuran normal. Bakteri yang menyebabkan terserangnya penyakit ini ialah mycobacterium piscium. Faktor yang turut mendukung terjangkitnya penyakit tuberculosis ialah buruknya kualitas makanan yang diberikan kepada ikan guppy. Bila ikan guppy anda terserang penyakit ini, anda bisa mengobatinya dengan terramicyn. Ukuran pemakaiannya bisa anda sesuaikan dengan yang telah tercantum pada kemasan.

7. Penyakit Kutu Ikan


Gejala dari ikan guppy yang terserang kutu ikan ini gerakan yang meleah dan kurangnya selera makan. Parasit copepoda merupakan aktor utama dalam penyerangan virus ini kepada ikan. Untuk langkah pengobatannya, anda bisa menggunakan kalium permanganate yang dicampurkan pada air biasa. Campurkan 4 tetes kalium permanganate dengan 4 liter air dalam aquarium. Lakukan hal ini setiap satu minggu sekali agar kesehatan ikan guppy terjaga.

Ternyata cukup banyak tanda-tanda ikan guppy sakit dan cara mengatasinya yang telah dijelaskan di atas secara lengkap. Dalam memelihara ikan guppy ini tidak jauh berbeda dengan memelihara ikan hias jenis lainnya.

Cara pencegahannya anda harus rutin mengganti air kolam atau aquarium sediktnya 2 atau 3 minggu sekali. Kehidupan ikan hias akan lebih tenang dan berlangsung baik apabila air yang digunakan sebagai tempat tinggalnya disediakan oksigen yang cukup. Anda bisa menggunakan bantuan pump atau alat lainnya yang bisa menyemburkan gelembung.

Selain itu, asupan makanan juga harus diperhatikan. Karena ikan guppy memiliki ukuran lambung yang tidak terlalu besar, anda cukup memberikan makan maksimal dua kali dalam sehari. Selain makanan yang anda berikan, ikan guppy bisa mengkonsumsi makanan lain seperti jentik, lumut dan cacing yang ada pada aquarium. Makanan ikan guppy bisa anda peroleh di toko ikan hias. Anda juga bisa menjadikan ikan guppy ini untuk budidaya.

Pelajari lebih banyak tentang cara budidaya yang baik mulai dari pemilihan indukan dan jantan hinga proses perkembangbiakan. Selain dibuat hiasan, ikan guppy juga bisa dijadikan bisnis yang mempunyai keuntungan lumayan.


Baca juga:
  • Cara mudah Budidaya Ikan Guppy
  • Labels: Ikan Guppy, Perawatan Ikan

    Thanks for reading Tanda-tanda Ikan Guppy Sakit Dan Cara Mengobatinya Dengan Benar. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Tanda-tanda Ikan Guppy Sakit Dan Cara Mengobatinya Dengan Benar"