Cara Memelihara Ikan Guppy Yang Baik dan Benar di Akuarium

Gambar guppy jenis baru
Ikan guppy

Cara Memelihara Ikan Guppy Yang Baik Dan Benar Di Aquarium - Anda tertarik untuk memelihara ikan guppy? Berikut ini adalah cara memelihara ikan guppy yang baik dan benar di aquarium secara praktis. Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati. Ikan kecil ini banyak digemari dan menjadi pusat perhatian karena berbagai warnanya yang sangat banyak dengan bentuk ekor yang begitu menawan.

Selain itu bentuk ekor yang juga variatif menjadi ciri khas dari guppy ini. Meskipun demikian banyak yang sering salah paham dan salah mengenalnya sebagai ikan cupang. Padahal ikan guppy ini adalah ikan yang tidak agresif dibandingkan ikan cupang yang sangat agresif.

Top ikan hias guppy

Ikan guppy adalah ikan hias yang begitu banyak macamnya. Ikan ini memiliki tubuh yang kecil dan terlihat begitu menggemaskan. Yang menjadi daya tarik yang cukup besar ialah warna ikan guppy yang cerah dan juga sirip ikan ini yang begitu menawan. Bahkan bentuk sirip ini bermacam-macam.

Bahkan untuk menambah keunikan dari ikan ini, tak jarang ikan guppy di kawin silangkan sehingga mampu menghasilkan anakan yang unik. Perlu Anda ketahui pula bahwa jenis ikan ini sangat mudah untuk berkembang biak. Jenis-jenis umum dari ikan guppy ini ada banyak. Akan tapi dari sekian banyak jenisnya, hanya beberapa saja yang sangat populer. Sehingga tentu saja hal ini mempengaruhi banyaknya kocek yang perlu Anda keluarkan untuk mendapatkannya.


Beberapa jenis dari ikan guppy ini adalah seperti ikan guppy green dragon yang hanya ada di tanah air kita. kemudian ada jenis ikan guppy german platinum crown tail dimana siripnya mirip mahkota, ada pula ikan guppy blue moscow yang memiliki warna dasar merah muda keungunan dengan ekor yang terlihat elegan. Jenis lain yang juga banyak dicari ialah ikan guppy jenis blue momscow albino, black moscow, ikan guppy mozaic, ikan guppy red singapure, ikan guppy japan blue, dan lain sebagainya.

Tips memelihara guppy di aquarium

Ikan guppy ini tidak hanya diminati karena ikan ini merupakan ikan yang indah. Akan tetapi banyaknya fakta unik dari ikan guppy ini membuat masyarakat makin tertarik untuk memilikinya. Bahkan bagi pada pebisnis perikanan juga akan sangat senang melakukan bisnis ini, karena ikan guppy ini bahkan mampu melahirkan bayi hingga mencapai 100 ekor bayi untuk sekali melahirkan. Tentu saja hal ini akan membuat pebisnis ikan makin mudah untuk mendapatkan ikan guppy.

Ikan guppy ini memang banyak diminati. Akan tetapi Anda akan membutuhkan cara memelihara ikan guppy yang baik dan benar di akuarium karena ikan guppy ini tergolong termasuk ikan yang sensitif. Ya, ikan ini memang mudah beradaptasi, akan tetapi ikan guppy juga termasuk ikan yang mudah sekali mengalami stress apabila kondisi air dan pHnya berubah dari kondisi standarnya. Oleh karena itu Anda perlu untuk memperhatikan dengan baik bagaimana kondisi dari aquarium Anda. Beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk memelihara ikan guppy ialah sebagai berikut:

4 Tips Cara Memelihara ikan guppy di Aquarium


Cara tepat memelihara ikan guppy di akuarium buat pemula

1. Pelihara ikan guppy bersama ikan non-agresif

Tentu saja aquarium akan makin indah bila diberikan berbagai jenis ikan. Akan tetapi Anda perlu mengenal perangai masing-masing ikan agar ikan-ikan di dalam aquarium Anda bisa hidup dengan nyaman dan aman. Perlu Anda ketahui bahwa ikan guppy termasuk ikan yang tidak agresif sehingga Anda perlu mencampurkan ikan guppy ini dengan berbagai jenis ikan yang tidak agresif pula. Hal ini untk menghindari berbagai serangan yang mungkin akan mengenai ikan guppy karena memang ikan ini memiliki sirip yang indah sehingga sering kali menjadi santapan ikan yang empuk. Beberapa rekomendasi ikan non agresif yang bisa Anda sandingkan dengan ikan guppy di aquarium ialah seperti ikan mas koki, ikan mas, ikan platty, ikaan man fish, ikan niasa, dan lain sebagainya. dan menjadi sebuah larangan keras bila Anda mencampurkan ikan guppy dengan ikan oscar, ikan arwana, ikan louhan, dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Suasana Aquarium agar menyerupai habitat asli

Perlu Anda ketahui bahwa ikan guppy ini tinggal di habitat yang memiliki arus. Jadi, agar ikan guppy bisa aman dan nyaman berada di aquarium, tak ada salahnya Anda menciptakan suasana ini pada aquarium Anda. selain itu suasana seperti ini juga akan bisa membuat penikmati aquarium makin menyukainya. Untuk tujuan ini, yang perlu Anda lakukan adalah tentunya membuat variasi sistem aquarium agar memiliki arus. Jangan lupa untuk memasang pula aerator agar kondisi pH dalam air tetap seimbang serta air selalu dalam kondisi fresh. Bila perlu Anda juga bisa menambahkan berbagai ornamen-ornamen seperti tumbuh-tumbuhan dan gua untuk tempat bermain ikan. Tempatkan pula aquarium di tempat yang memiliki banyak cahaya matahari langsung untuk memicu tumbuhnya alga di dalam aquarium.

3. Perhatikan kondisi aquarium

Layaknya manusia, ikan di dalam aquarium juga membutuhkan kondisi lingkungan yang sehat dan baik agar bisa terus hidup dengan sejahtera termasuk untuk ikan guppy. Apalagi ikan guppy ini akan mudah sekali stress bila pH di dalam air tidak seimbang dan air tidak fresh. Akibatnya tentu saja terlihat pada gerakan ikan guppy yang tidak seaktif biasanya. Untuk merawat kondisi aquarium ikan guppy Anda sangat perlu untuk melakukan pengurasan air secara teratur sebanyak sepertiga volume air. Bersihkanlah sebulan sekali agar pH dalam air tetap normal yaitu dalam kisaran sekitar 6,8 dengan suhu air sekitar 25 derajat celcius.

4. Berikan makanan yang bernutrisi

Ikan guppy ini termasuk ikan yang memakan hewan yang lebih kecil dan juga tanaman air. Sebenarnya berbagai makanan yang bisa diberikan kepada ikan guppy ini cukup beragam seperti misalnya kutu air atau sering disebut artemia, jentik nyamuk, cacing sutra, dan lain sebagainya. bahkan untuk kepraktisan tak jarang orang-orang memberikan ikan guppy ini pelet ikan pada umumnya dengan ukuran yang kecil. Akan tetapi untuk menjaga nutrisinya agar terjaga maka sebaiknya Anda memberikan makanan selain pelet yang lebih alami. Bahkan makanan seperti udang air asin dan dalphina merupakan jenis makanan ikan guppy yang direkomendasikan. Ya, jenis makanan yang bernutrisi akan mempengaruhi pertumbuhan dari ikan guppy. Termasuk juga mempengaruhi kesehatan sekaligus kecerahan warna dari ikan guppy ini.

Lihat juga:



  • Daftar Harga Ikan Guppy


  • Itulah beberapa cara memelihara ikan guppy yang baik dan benar di aquarium. Tentu saja sebenarnya cara-cara ini bukanlah merupakan cara yang sulit untuk dilakukan bahkan cenderung merupakan cara yang cukup praktis dan tidak merepotkan Anda. Karena memang ikan guppy ini sangat mudah beradaptasi dan tidak sulit untuk merawatnya. Hanya saja memang yang selanjutnya perlu Anda perhatikan ialah bagaimana cara untuk menjaganya agar tetap bergerak aktif dan mempu tumbuh dengan warna yang indah. Dengan begitu ikan guppy Anda akan menjadi ikan yang sangat indah dan selalu aktif.

    Labels: Ikan Guppy

    Terimakasi telah membaca Cara Memelihara Ikan Guppy Yang Baik dan Benar di Akuarium. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

    Share:

    0 Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Guppy Yang Baik dan Benar di Akuarium"