Ternyata Begini Sejarah Dan Asal Usul Ikan Guppy. Pernah Jadi Pemberantas Nyamuk!

Gambar sejarah ikan guppy
Sejarah ikan guppy

Sejarah ikan guppy dan asal usulnya - Ikan Guppy menjadi salah satu ikan hias yang populer saat ini. Keindahan ikan, terutama yang jantan sanggup menjadikan akuarium ataupun aquascape dalam rumah Anda semakin semarak. Namun tahukah Anda perjalanan sejarah dan asal usul ikan guppy hingga kini menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar? Ikan hias mungil ini ternyata memiliki perjalanan sejarah yang lumayan panjang.

Bahkan sejak abad 19 ketika ditemukan di daerah Vinezuela. Ikan berekor indah ini juga telah mengalami proses kawin silang hingga menghasilkan berbagai jenis ikan guppy yang indah dan kini kita kenal. Ingin lebih mengerti sejarah ikan guppy? Simak ulasannya berikut ini.

Ikan Guppy Berasal dari Negara

Ikan guppy pertama kali dikenal tahun 1859 oleh seorang ilmuwan asal Jerman bernama Wilhelm C.H. Peters. Ia mendapatkan ikan diantara berbagai ikan yang sengaja dikumpulkannya di daerah Venezuela. Karena melihat ciri-ciri tanda yang tak beraturan pada badan dan sirip ekor ikan tersebut, maka ia menyebutnya dengan nama Poecilia reticulata.

Pada tahun 1886 ada orang spanyol bernama Filipii yang menemukan jenis ikan dengan ciri mirip ikan jenis Barbados. Ia menganggap ikan temuannya berbeda dengan jenis ikan yang ditemukan oleh Peters sebelumnya. Ia pun menamakan ikan temuannya dengan Lebistes poecilia.

Baca juga: Tips Budidaya Guppy di Lahan yang Sempit

Sejak kapan ikan ini disebut sebagai ikan guppy? Pada tahun 1866, Dr. Robert Lechmere Guppy, ahli botani dari Inggris membawa pulang beberapa ikan unik yang didapatnya dari kepulauan Trinidad. Ikan-ikan itu diberikannya pada karibnya, Dr. Albert Guenther, yang kebetulan bekerja di British Museum.

Dr. Albert Guenther mengira bahwa temannya itulah yang menemukan jenis ikan tersebut. Maka ia pun menyebut ikan hias itu dengan nama Girardinus guppyi. Akibat salah paham ini akhirnya ikan itu lebih populer dengan sebutan ikan guppy. Semua kalangan, baik pedagang dan penggemar ikan menyebutnya sebagai ikan guppy.

Jenis ikan guppy mulai mengalami perkembangan positif mulai tahun 1909. Ketika itu rombongan penumpul ikan untuk British Museum di bawah pimpinan J.A.M Vipan mulai mengadakan kawin-silang jenis ikan guppy. Ikan guppy dari Venezuela, Trinidad dan Barbados juga diuji coba dan ternyata ditemukan bahwa ketiganya adalah sejenis.

Asal usul ikan guppy

Sejarah Ikan Guppy di Indonesia

Akhirnya nama latin ikan ini kembali menjadi Poecilia reticulata. Meskipun telah berubah-ubah nama latin, namun ikan ini dalam berbagai kalangan tetap dikenal sebagai ikan guppy. Untuk Indonesia, ikan guppy pertama kali didatangkan sekitar tahun 1920. Bukan sebagai ikan hias namun sebagai pembasmi jentik nyamuk.

Alasannya adalah karena mudahnya ikan guppy beradaptasi dengan berbagai jenis perairan. Namun ternyata “misi” itu kurang berhasil. Tetapi jenis ikan ini tetap berkembang bias secara bebas. Kini ikan guppy liar, yang bukan jenis ikan hias dikenal dengan nama ikan cetul, bungkreung (Sunda), ikan gepi (Betawi) dan gapi.

Lihat juga: Jenis Jenis Ikan Guppy Lokal dan Import

Ada juga yang menyebutnya ikan seribu. Dua orang peneliti bernama Dr. Herbert R. Axelrod dan Wilfred Whitern dalam bukunya, Guppies menjelaskan bahwa dari sepasang indukan ikan guppy saja, maka dalam setahun akan bisa berkembang menjadi 3000 ekor.

Nah, jika keturunan ikan tersebut dikawinkan lagi, maka dalam setahun jumlahnya bisa saja sampai jutaan. Sehingga kini orang luar mulai menyebut ikan guppy sebagai Million Fish alias ikan sejuta, bukan cuma seribu.

Baca juga:

  • Daftar Harga Ikan Guppy


  • Ternyata ikan cetul yang biasa kita jumpai di parit-pari dan sungai kecil itu masih keluarga dengan ikan guppy yang jadi ikan hias terkenal ya? Begitulah sejarah ikan guppy yang cukup panjang hingga sampai di Indonesia. Semoga menambah wawasan.

    Labels: Ikan Guppy

    Terimakasi telah membaca Ternyata Begini Sejarah Dan Asal Usul Ikan Guppy. Pernah Jadi Pemberantas Nyamuk!. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

    Share:

    0 Komentar untuk "Ternyata Begini Sejarah Dan Asal Usul Ikan Guppy. Pernah Jadi Pemberantas Nyamuk!"