Cara Budidaya Ikan Guppy Dengan Ember Atau Kolam

Gambar guppy
Red guppy

Budidaya Ikan Guppy - Ikan guppy merupakan ikan yang diharapkan dari kecantikan tubuhnya. Ya, sebagai ikan hias tentu saja daya tarik utama yang akan dipertimbangkan adalah soal corak, warna dan juga bentuk tubuhnya. Untuk bentuk tubuh ikan guppy yang paling diperhatikan adalah soal ekornya.

Ikan guppy yang sekilas mirip dengan ikan cupang ini semakin memiliki ekor yang merumbai maka semakin menarik untuk dipandang dan semakin dicari tentunya. Saat ini, ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang paling dicari. Harga dari ikan guppy yang berkualitas baik pun cukup mahal.

Hal ini bisa menjadi lahan mencari uang bagi Anda yang ingin membudidayakan ikan guppy. Bagi Anda yang tidak ingin meraup keuntungan dari ikan guppy pun harus tahu bagaimana cara membudidayakan ikan guppy yang benar agar ikan guppy yang dipelihara bisa beranak pinak dan menghasilkan keturunan yang berkualitas.

Baca juga: Cara Pilih Induk Ikan Guppy yang Bagus

Untuk itu, dalam artikel ini akan diberikan ulasan lengkap mengenai cara mudah budidaya ikan guppy menggunakan ember atau kolam. Ikan guppy sebenarnya termasuk jenis ikan hias yang sangat mudah dibudidayakan. Namun walau tergolong mudah, tidak bisa pula dikesampingkan cara-cara budidaya ikan yang benar dan juga cara yang tepat untuk menghasilkan ikan-ikan guppy yang memuaskan.

Seperti yang telah diketahui, budidayakan ikan guppy bisa dilakukan dengan menggunakan dua jenis tempat. Bisa menggunakan ember biasa atau bisa menggunakan kolam. Tetapi kali ini akan dibahas secara umum terlebih dahulu mengenai cara mudah budidaya ikan guppy menggunakan ember atau kolam. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidayakan ikan guppy dimulai dari pemilihan indukan yang tepat, proses perkawinan yang tepat, dan juga pemberian makanan yang tepat. Secara rinci ketiga hal tersebut akan dijelaskan di sini.

Cara Budidaya Ikan Guppy menggunakan Ember


Cara Budidaya ikan guppy

Untuk pemilihan indukan yang tepat, bagaimanakah caranya? Tidak ada yang sulit untuk mendapatkan indukan yang bisa diharapkan menghasilkan ikan guppy yang indah dan berkualitas baik. Beberapa poin utama yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

    1. Usia ikan guppy Usia yang pas untuk dijadikan indukan dan siap dikawinkan adalah 4 bulan atau 5 bulan. Usia ini terlihat dari ekor yang sudah matang, warna dan corak yang sudah jelas, dan juga terlihat alat genital ikan yang sudah siap.
    2. Perilaku Indukan yang berkualitas dan siap untuk dikembangbiakan adalah indukan yang berperilaku sehat. Perilaku sehat bisa dilihat dari kelincahan ikan berenang dan nafsu makannya. Jika lincah berenang dan tidak banyak diam serta mau banyak makan maka ikan tersebut tergolong sehat.
    3. Fisik Pemilihan fisik untuk budidaya ikan guppy tentu saja penting. Usahakan untuk selalu mencari indukan yang memiliki fisik terbaik sehingga bisa menghasilkan keturunan yang juga baik.

Jika sudah mendapatkan indukan yang terbaik, maka saatnya mengetahui bagaimana proses pembudidayaan ikan guppy baik menggunakan ember atau menggunakan kolam. Agar lebih jelas, berikut ulasan lengkapnya:

Siapkan peralatan

Pembudiyaan ikan guppy baik menggunakan ember atau kolam harus menyiapkan beberapa peralatan. Peralatan yang dimaksud antara lain aerator, tanaman air, dan tempat pemijahan bisa ember lain atau juga kolam lain khusus
pemijahan.

Pemisahan indukan

Indukan yang telah dipilih tadi lalu dipisah antara ikan guppy jantan dan juga ikan guppy betina. Pemisahan ini dilakukan beberapa hari dengan terus memperhatikan kebersihan dari air tempat kedua jenis ikan hidup. Perlu juga diperhatikan jumlah makanan dan kualitas makanan saat pemisahan. Usahakan untuk selalu memberikan makanan ikan guppy yang bersih dan juga banyak agar ikan guppy siap untuk dikawinkan.

Proses pemijahan

Proses pemijahan adalah kembali menyatukan ikan guppy betina dan jantan dalam satu wadah untuk perkawinan. Anda bisa juga menyiapkan kembali ember atau juga kolam namun yang harus diperhatikan adalah soal komposisi dan ukuran. Idealnya, sebuah wadah yang akan digunakan sebagai tempat perkawinan ikan guppy pada skala 100 liter air per 30 individu.

Lalu selain soal kepadatan penebaran ikan pada wadah, usahakan pula memasukan ikan dengan perbandingan yang benar. Antara pejantan dan juga ikan guppy betina perbandingannya adalah satu banding lima. Namun, ada baiknya menggunakan satu banding dua untuk perbadingan jantan dan betinanya agar semakin pas dan semakin membuat perkembangbiakan berjalan baik.

Penetasan

Ikan guppy betina yang telah dikawinkan lalu dipisah di ember atau kolam lainnya dan juga diberikan aerasi. Air dalam wadah penetasan pun harus terjaga kebersihannya dengan sangat baik. Untuk penetasan, masing-masing ikan tidak bisa seragam waktunya. Namun yang pasti, ikan guppy betina bisa menyimpan sperma sehingga ikan betina bisa hamil bahkan hingga 3 kali walau hanya sekali dibuahi.

Pembibitan

Setelah burayak lahir, maka pastikan kolam atau ember yang digunakan tempat untuk tumbuh harus terkena sinar matahari. Hal ini bertujuan agar ikan guppy bisa tumbuh dan memiliki corak warna yang indah serta juga memiliki pertumbuhan tubuh yang baik. Perlu juga ditambahkan tumbuhan air agar ikan guppy bisa juga bersembunyi.

Setelah mengetahui bagaimana pemilihan indukan yang tepat dan cara pembudiyaan ikan guppy, saatnya Anda ketahui makanan terbaik untuk mereka. Agar cepat tumbuh besar, ikan guppy harus diberikan makanan yang tepat. Memang, saat ini mudah sekali didapatkan makanan ikan hias instan yang bisa dibeli di berbagai tempat.

Namun, makanan instan ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa membuat ikan guppy tumbuh besar dengan cepat dan juga sering membuat air menjadi cepat kotor. Akibatnya, Anda sebagai pembudidaya harus berkali-kali dan lebih sering mengganti air ditempat tinggal ikan guppy.

Lebih baik, berikan makanan ikan guppy yang secara alami memang makanannya seperti cacing sutra, cacing halus, jentik nyamuk dan juga kutu air. Makanan alami seperti ini bisa membuat kualitas ikan tetap terjaga dan juga membuat ikan guppy cepat tumbuh besar.

Selain itu, makanan ikan guppy alami seperti yang telah disebutkan tadi pun sangat murah harganya. Bahkan, tidak perlu membelinya karena mudah sekali mencarinya disekitar tempat tinggal seperti parit, sungai, dan lain sebagainya. Namun itu pula yang harus diperhatikan, karena makanan yang diambil dari kolam atau parit cenderung sangat kotor. Anda harus pastikan makanan tersebut telah dibersihkan terlebih dahulu agar tidak mengotori tempat tinggal ikan guppy.

Baca juga: Daftar Harga Ikan Guppy Lokal dan Import

Itulah tadi ulasan Cara mudah budidaya ikan guppy menggunakan ember atau kolam. Baik menggunakan ember maupun menggunakan kolam, membudidayakan ikan guppy tidaklah sulit. Biaya yang dikeluarkan pun sangatlah sedikit mengingat alat dan juga bahan atau makanan untuk budidayakan ikan guppy tidaklah banyak dan tidak susah dicari. Tetapi jika ingin memastikan ikan yang yang dibudidayakan bisa memiliki keturunan yang bagus dan berkualitas, maka pastikan semua hal diatas Anda terapkan.

Lihat juga Tips Budidaya Ikan Guppy di Lahan yang Sempit

Labels: Ikan Guppy

Terimakasi telah membaca Cara Budidaya Ikan Guppy Dengan Ember Atau Kolam. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Guppy Dengan Ember Atau Kolam"