Ini Dia Daftar Makanan Ikan Guppy Agar Cepat Besar Yang Perlu Anda Ketahui

Gambar ikan guppy sedang mencari makanan
Ikan hias guppy

Daftar Makanan Ikan Guppy Agar Cepat Besar Yang Perlu Anda Ketahui - Salah satu ikan hias yang digemari masyarakat adalah ikan guppy. Karena tergolong ikan hias, tentu saja daya tarik mengapa orang banyak yang memelihara ikan guppy adalah dari keindahannya. Ya, ikan guppy merupakan ikan hias yang sangat cantik dan memiliki keindahan tersendiri dari warnanya. Ikan guppy sangat cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium dan diletakkan di dalam ruangan sebagai pelengkap interior. Namun ketika berbicara ikan hias yang satu ini tidak akan lepas dari yang namanya pemeliharaan ikan yang baik dan benar. Secara umum, memelihara ikan guppy sebenarnya tidaklah susah.


Ikan guppy tidak memerlukan banyak perawatan atau hal-hal khusus sehingga tidak merepotkan bagi pemiliknya. Tetapi agar cepat besar dan tumbuh dengan baik, ada baiknya para pemilik ikan guppy mengerti apa saja daftar makanan terbaik untuk ikan guppy. Jika Anda salah satu dari pencinta ikan guppy, dalam artikel ini akan membahas daftar makanan ikan guppy agar cepat besar yang perlu anda ketahui. Selain Anda akan dapatkan ikan guppy yang besar, Anda juga akan mendapati ikan yang tumbuh besar memiliki kualitas warna yang indah.

Gambar ikan hias guppy

Bagi Anda yang belum tahu, keindahan dari ikan guppy tidak hanya berdasarkan dari keturunan. Memang benar, keturunan menjadi faktor yang menentukan bagaimana nantinya corak atau warna serta lekuk tubuh ikan guppy saat tumbuh besar. Namun yang belum diketahui banyak orang adalah ada juga faktor lain yang juga menentukan keindahan dari ikan guppy selain dari faktor keturunan.

Lihat juga:
Faktor lain yang dimaksud adalah makanannya. Apa yang dimakan oleh ikan guppy menentukan kualitas keindahan dan juga berpengaruh juga pada pertumbuhan ikan. Untuk itu, di sini akan diulas apa saja daftar makanan ikan guppy agar cepat besar yang perlu anda ketahui. Sehingga, dengan mengetahui apa saja makanan ikan guppy yang terbaik maka besar kemungkinan Anda dapatkan ikan guppy yang cepat besar dan juga berkualitas. Apa sajakah makanan terbaik untuk ikan guppy?

Daftar Makanan Terbaik dan mudah di cari untuk Ikan Guppy


Jentik nyamuk


Gambar makanan ikan guppy jentik nyamuk

Secara alami, ikan guppy yang hidup liar atau dengan kata lain bukan dipelihara maka ikan guppy yang memakan makanan yang ukurannya sangat kecil dan tersedia di alam terbuka. Salah satunya adalah jentik nyamuk. Ikan guppy sangat gemar memakan jentik nyamuk. Mungkin saja karena memang bagi ikan guppy rasanya sangat enak. Hal ini tidak mengada-ada karena memang jentik nyamuk atau biasa disebut cuk itu mengandung protein yang cukup tinggi.

Jentik nyamuk yang bisa tumbuh menjadi hewan penyedot darah ini ternyata bisa mempercepat pertumbuhan ikan guppy. Selain bisa tumbuh besar dengan cepat, jentik nyamuk yang merupakan makanan favorit ikan guppy ini juga bisa membuat tumbuhnya ikan guppy menjadi berkualitas baik. Namun yang perlu diingat, jentik nyamuk yang diberikan ke ikan guppy harus diperhatikan kebersihannya. Anda yang mengambil jentik nyamuk terutama dari kolam atau parit harus menyaring terlebih dahulu agar bakteri dan kotoran tidak masuk ke dalam tempat hidup ikan guppy Anda.

Kutu Air


Gambar kutu air makanan ikan guppy

Pernahkan Anda mendengar kutu air? Kutu air yang dimaksud di sini adalah hewan yang berukuran sangat kecil yang biasa hidup diperaian kotor misalnya di parit atau di sungai. Hewan ini pun ternyata mengandung gizi yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan guppy. Dan menariknya, kandungan protein, karbohidrat dan juga lemak bawa kutur air bisa juga menjamin tumbuhnya ikan guppy menjadi lebih menarik. Perlu diketahui, kutur air memiliki dua jenis dahpnia magna dan juga dahpnia sp. Namun pada dasarnya, kedua jenis kutu air ini sangat disukai ikan guppy dan bisa memberikan keuntungan untuk Anda karena ikan guppy bisa tumbuh besar dengan cepat.

Cacing sutra


Gambar makanan ikan guppy cacing sutra

Bagi para pencinta ikan hias terutama para pembudidaya ikan hias pastinya sudah sangat familiar dengan cacing sutra. Ya, salah satu jenis cacing ini memang menjadi makanan alami berbagai ikan hias termasuk juga ikan guppy. Namun untuk mendapatkannya, banyak orang yang kesusahan atau juga merasa geli dan jijik. Jika memang begitu, Anda bisa memilih cara yang mudah namun berbayar yaitu membelinya dari peternak cacing sutra. Keunggulan dari cacing sutra untuk makanan ikan guppy adalah kandungan protein dan juga lemaknya. Keduanya, sangat mempengaruhi pertumbuhan ikan juga sangat berpengaruh pada cepat tidaknya ikan guppy bertumbuh besar.

Cacing halus


Makanan terbaik ikan guppi

Tidak hanya cacing sutra, ada lagi cacing jenis lainnya yang juga sangat disukai ikan guppy yaitu cacing halus. Hewan yang kerap disebut juga dengan naman microworms ini hampir sama dengan cacing sutra yang dijelaskan tadi. Namun untuk ukuran dan bentuk cacing halus adalah lebih halus dan juga lebih pas untuk ikan guppy yang masih kecil.

Makanan lainnya


Gambar makanan ikan

Selain makanan yang telah disebutkan tadi, cara mempercepat pertumbuhan ikan guppy ternyata ada pula makanan lainnya yang juga bisa membuat ikan guppy menjadi lebih cepat besar. Makanan yang dimaksud adalah roti tawar, bagian kuning dari telur rebus, pelet pabrikan dan juga sejumlah merk makanan ikan guppy. Mana yang lebih baik? Sangat disarankan untuk memilih makanan alami saja dibandingkan makanan lainnya yang disebut di sini. Hal ini untuk menghindari kolam atau akuarium menjadi kotor atau keruh yang bisa membuat ikan guppy justru menjadi stres dan akhirnya mati.
Sebenarnya, ikan guppy tidak memerlukan makanan khusus untuk pertumbuhan ikan yang cepat dan sehat. Siapapun dan dimanapun orang yang ingin memelihara atau pembudidayakan ikan guppy bisa-bisa mencari indukan ikan guppy yang berkualitas dan juga memberikanan makanan terbaik. Dan karena banyaknya orang yang tidak tahu, maka kini makanan ikan hias pabrikan yang menjanjikan tumbuh besar dengan cepat. Makanan pabrikan memang tidak ada salahnya. Asalkan frekuensi pemberian makanan menggunakan makanan buatan janganlah terlalu sering dan juga kebersihan dari akuarium atau kolam makanan ikan guppy tersebut. Namun begitu, banyak juga ulasan dari masyarakat luas yang memang lebih merekomendasikan memberikan makan ikan dengan makanan alami. Selain lebih sehat dan berkualitas, makanan alami ikan guppy tentunya tidak memerlukan banyak biaya dan bahkan bisa saja didapatkan secara cuma-cuma.

Lihat juga:
  • Cara mudah Budidaya Ikan Guppy

  • Daftar Harga Ikan Guppy


  • Itulah tadi daftar makanan ikan guppy agar cepat besar yang perlu anda ketahui. Makanan yang tepat sangatlah penting untuk diperhatikan. Jika menerapkan makanan-mananan apa saja yang baik untuk ikan guppy, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan ikan guppy yang dipelihara atau diternakan menjadi cepat tumbuh besar.

    Selain itu, Anda juga tambah memiliki kesempatan ikan guppy yang tumbuh besar dan juga memiliki warna atau keindahan yang sangat memukau. Jika dirasa bermanfaat, sebarkan informasi daftar makanan ikan guppy yang terbaik ini. Agar nantinya, sesama orang yang berkecimpung dan gemar ikan guppy benar-benar mengerti makanan yang bisa membuat ikan guppy cepat besar.


    Baca juga: Tips cara memilih indukan ikan Guppy untuk Budidaya

    Labels: Ikan Guppy

    Thanks for reading Ini Dia Daftar Makanan Ikan Guppy Agar Cepat Besar Yang Perlu Anda Ketahui. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Ini Dia Daftar Makanan Ikan Guppy Agar Cepat Besar Yang Perlu Anda Ketahui"