Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Kutu Jarum pada Ikan Guppy?

Cara Mengatasi Penyakit ikan guppy

Anda hobi memelihara ikan hias? Jika ya, tentu Anda sangat mengenal Ikan Guppy. Sebagai ikan air tawar, Guppy memiliki keunikan yang mampu membuat siapapun yang melihatnya terpesona. Pasalnya ikan ini memiliki tubuh yang mungil dan berwarna indah.

Siripnya yang berumbai dan lebar juga membuat ikan ini semakin populer di kalangan pecinta ikan hias. Layaknya ikan hias pada umumnya, ikan guppy juga bisa terjangkit penyakit.

Tidak hanya membuat ikan terlihat lemas, penyakit juga dapat merusak keindahan warna tubuhnya. Salah satu penyakit yang sering menjangkiti ikan guppy adalah penyakit kutu jarum.

Melihat hal tersebut, tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin mengetahui Cara Mengatasi Penyakit Kutu Jarum pada Ikan guppy.

Penyakit yang juga dikenal dengan nama penyakti kutu jangkar ini muncul karena adanya parasit yang berasal dari binatang liar luar kolam yang masuk ke dalam air kolam ikan guppy. Parasit ini dapat menyebar dengan cepat sehingga hanya dalam waktu sekitar 3 hari, semua ikan guppy yang ada di dalam kolam bisa terjangkiti.

Ciri-ciri ikan guppy yang terkena penyakit kutu jarum adalah adanya parasit yang menempel langsung di tubuh ikan. Parasit ini memiliki bentuk seperti jangkar atau jarum.

Lihat juga:

  • Cara mudah Budidaya Ikan Guppy


  • Daftar Harga Ikan Guppy


  • Parasit atau kutu ini menancap tajam di badan ikan sehingga sangat sulit untuk dicabut. Jika dipaksa, badan ikan guppy bisa rusak atau terkoyak. Sehingga Anda harus mengatasinya secara perlahan. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah Cara Mengatasi Penyakit Kutu Jarum pada Ikan guppy yang perlu Anda ketahui.

    Cara Menghilangkan Penyakit Kutu Jarum pada Ikan Guppy

    Cara obati penyakit kutu jarum pada ikan

    1. Menggunakan pingset
    Cara pertama, Anda bisa langsung mencabut kutu menggunakan pingset. Hanya saja, cara ini harus dilakukan secara perlahan agar kulit ikan tidak rusak.

    2. Membuat Aquarium steril
    Untuk mengobati ikan, Anda pindahkan ikan guppy yang terlihat terkena kutu jarum pada akuarium yang steril. Siapkan akuarium dengan air yang bersih. Posisikan akuarium di tempat yang terbuka sehingga bisa mendapatkan cahaya dari matahari secara langsung.

    Selanjutnya, Anda tuangkan antibiotik seperti amoksilin, tetrasiklin, methylene blue dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan dalimin.

    Karena obat ini bisa menghambat pertumbuhan kutu jarum sehingga parasit ini tidak bisa membuat keturunan. Antibiotik ini bisa Anda beli dengan mudah di toko ikan. Khusus untuk kolam yang sudah terkontaminasi penyakit kutu ini, Anda harus mengganti airnya dan melakukan sterilisasi kembali.

    3. Melakukan Tindak Pencegahan
    Setelah melakukan pengobatan, pastikan jika Anda selalu menjaga kebersihan aquarium. Tambahkan bubuk antibiotik khusus aquarium agar tidak ada parasit yang tersisa dalam kolam. Pastikan pula bahwa Anda selalu menjemur peralatan kolam di bawah cahaya matahari secara langsung.

    Berikut tadi merupakan beberapa Cara Mengatasi Penyakit Kutu Jarum pada Ikan guppy. Dengan adanya ulasan di atas, semoga Anda bisa menghilangkan parasit ini dari ikan guppy yang Anda pelihara.

    Lihat juga: TANDA-TANDA IKAN GUPPY SAKIT DAN CARA MENGOBATINYA DENGAN BENAR

    Labels: Perawatan Ikan

    Terimakasi telah membaca Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Kutu Jarum pada Ikan Guppy?. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

    Share:

    0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Kutu Jarum pada Ikan Guppy?"