Ikan Guppy - Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Guppy

Manfaat ketapang untuk ikan hias guppy

Apakah kamu tahu apa itu daun ketapang ?? mungkin kamu sangat asing mendengar salah satu daun tersebut. Padahal jika kamu tahu, daun ketapang ini banyak manfaatnya. Dan salah satu manfaatnya adalah untuk perawatan ikan guppy.

Meskipun kita jarang mendengar daun ketapang tersebut. Namun sebenarnya daun ini sangat mudah kita temukan di Indonesia. Dan biasanya pohon ini ditanam pada pinggiran pantai, sehingga jika kamu dipantai maka akan banyak menemukan daun ketapang.

Daun ketapang ini tidak seperti daun lainnya. Sebab daun ini banyak sekali manfaatnya khususnya manfaat daun ketapang untuk ikan guppy. Biasanya penggunaan untuk ikan guppy ini adalah daun ketapang yang sudah kering.

Pengeringan daun ketapang ini dilakukan dengan proses yang alami, yaitu ketika daun ketapang sudah mulai tua dan akhirnya berguguran. Bergugurnya daun ketapang ini nanti dimanfaatkan untuk ikan guppy tersebut. Manfaat pertama yang diberikan oleh daun ketapang untuk ikan guppy adalah untuk mempertajam warna ikan guppy tersebut.

Manfaat Daun Ketapang kering untuk ikan guppy

Cara obati penyakit ikan guppy dengan daun ketapang

Sebab warna yang terdapat ikan guppy memang sedikit cenderung lebih tidak terlihat dan kurang cerah. Apalagi jika ikan tersebut diperjualbelikan maka warna indah itu harus terlihat. Agar menarik perhatian yang membelinya. Oleh karena ini diperlukan daun ketapang agar mempertajam warna ikan guppy tersebut. Agar lebih terlihat terang, indah dan juga menarik untuk dijual.

Namun selain itu ada juga manfaat lainnya yaitu seperti pengobatan ikan guppy yang terserang penyakit.Yang namanya makhluk hidup maka akan mengalami sakit dan terserang oleh penyakit. Begitu halnya dengan ikan guppy. Ikan guppy merupakan salah satu ikan yang mudah terserang oleh penyakit, oleh sebab itu daun ketapang sering dimanfaatkan untuk pengobatan ikan guppy.

Biasanya ikan guppy yang sudah terserang penyakit jaurum dan finroot. Yang dimana jika penyakit ini dibiarkan pada ikan guppy maka ikan guppy akan lebih mudah mati. Untuk menghindari hal yang demikian maka dilakukan pengobatan yaitu dengan menggunakan daun ketapang.

Dalam pengobatan ini gunakan daun ketapang yang sudah mengering. Jadi pastikan terlebih dahulu jika daun yang kamu gunakan adalah daun yang sudah mengering. Sebab pengobatan yang baik dilakukan untuk ikan guppy adalah dengan menggunakan daun ketapang yang sudah mengering.

Tips Cara merawat ikan dengan daun ketapang kering

Itu tadi beberapa manfaat daun ketapang untuk ikan guppy yang harus kamu ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun ketapang untuk ikan guppy selain untuk mempertajam warma pada ikan guppy dan juga untuk pengobatan. Salah satu manfaat lainnya daun ketapang tersebut adalah untuk menambah nafsu makan ikan.
Baca juga:
Tips Cara mudah atasi kutu jarum pada ikan guppy
Tidak selama ikan akan selalu makan dengan lahapnya, ikan juga bisa sama seperti kita termasuk pada ikan guppy. Ada beberapa macam ikan yang terkadang untuk soal makan ikan tersebut sangatlah sulit. Untuk itu perlu adanya obat untuk menambah nafsu makan ikan tersebut. Dan salah satu obat yang bisa dipakai adalah daun ketapang. Daun ketapang ini dapat digunakan untuk obat menambah nafsu makan.

Dan hal ini juga berlaku untuk ikan guppy. Jika Anda menemukan ikan guppy Anda malas untuk makan dan nafsu makan berkurang maka lebih baik segera obati ikan tersebut dengan menggunakan daun ketapang. Karena jika ikan tidak mudah makan, maka akan rentan terkena penyakit. Untuk menghindari hal tersebut maka ikan guppy harus memiliki nafsu makan yang sesuai. Agar nafsu makan ikan guppy sesuai maka perlu adanya perawatan dengan menggunakan daun ketapang.

Labels: Perawatan Ikan

Terimakasi telah membaca Ikan Guppy - Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Guppy. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Ikan Guppy - Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Guppy"