Mau Ikut Kontes Guppy? ini dia Kriteria Penilaian Kontes Ikan Guppy

Begini tips ikut kontes ikan guppy

Ikan guppy memiliki bentuk tubuh yang indah. Warnanya juga sangat menarik sehingga wajar saja jika banyak pencinta ikan hias yang mengadakan kontes ikan guppy, baik tingkat daerah maupun tingkat nasional.

Mau Ikut Kontes Guppy? ini dia Kriteria Penilaian Kontes Ikan Guppy. Ya, untuk bisa memenangkan kontes ikan, Anda tentunya harus mengetahui kriteria apa saja yang menjadi penilaian di dalam kontes.

Dalam kontes tersebut, terdapat juri yang akan memberikan penilaian terhadap puluhan jenis ikan guppy yang diperlombakan. Seperti yang diketahui bahwa nilai ekonomis ikan guppy di pasaran memang cukup tinggi, baik di daerah ataupun luar negeri.

Baca juga: Ukuran Aquarium untuk Pelihara Ikan Guppy

Standar penilaian kriteria untuk kontes ikan guppy di seluruh dunia, biasanya dibedakan menjadi beberapa kelas yakni tank classes, veil classes, female classes dan delta classes. Biasanya, 2 atau lebih ekor ikan guppy sejenis dimasukkan ke dalam satu akuarium kemudian dibandingkan kualitasnya. Selanjutnya, dibandingkan lagi dengan ikan guppy lainnya. Mau Ikut Kontes Guppy? ini dia Kriteria Penilaian Kontes Ikan Guppy.

1. Kesehatan ikan

Kriteria penilaian yang pertama tentu saja kesehatan ikan. Pastikan jika ikan guppy yang akan Anda perlombaan tidak terjangkit penyakit apapun terutama kutu jarum. Sebab penyakit tersebut dapat membuat kulit ikan guppy Anda terlihat tidak cantik.

2. Corak tubuh dan warnanya

Dalam kontes guppy, corak tubuh dan warnanya adalah kriteria penilaian yang bobotnya cukup besar. Hal ini tentu saja karena ikan guppy ini merupakan ikan hias. Sehingga keindahan warna dan corak tubuhnya sangat diperhitungkan. Guppy yang sejenis akan dinilai keseragaman warna dan coraknya lalu diadu dengan ikan guppy lainnya.

Misalnya saja ikan guppy Anda jenis full red, maka ikan tersebut harus memiliki warna yang benar-benar merah mulai dari bagian ekor, dorsal, hingga badannya. Biasanya, warna lain yang masih diperbolehkan minimal warna putih.

Itupun hanya boleh ada di bagian mulut ikan bagian bawah. Dengan kata lain, apabila ada ikan guppy jenis full red yang memiliki bentuk bagus, sehat dan juga lincah tapi ada warna di tubuhnya yang berbeda maka secara otomatis ikan tersebut akan diskualifikasi. Bisa jadi ikan ini akan dipindahkan pada kelas jenis yang lain.

3. Panjang ekor

Panjang ekor ikan guppy juga menjadi kriteria yang dinilai oleh juri. Sekedar informasi, panjang ekor ikan guppy untuk level kontes adalah 1,5 sampai 2 kali dari panjang tubuhnya. Tubuh yang dimaksud adalah dari kepala bagian ujung sampai pangkal ekornya. Lebar ekor guppy juga dinilai dalam kontes. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikannya.

Demikianlah beberapa kriteria penilaian untuk kontes ikan guppy. Semoga tulisan mengenai Mau Ikut Kontes Guppy? ini dia Kriteria Penilaian Kontes Ikan Guppy bisa bermanfaat untuk Anda.

Labels: Ikan Guppy

Terimakasi telah membaca Mau Ikut Kontes Guppy? ini dia Kriteria Penilaian Kontes Ikan Guppy. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Mau Ikut Kontes Guppy? ini dia Kriteria Penilaian Kontes Ikan Guppy"