Begini Cara Memelihara Ikan Guppy Tanpa Aerator dengan Mudah

Tips cara memelihara ikan guppy tanpa oksigen atau aerator

Ikan Guppy adalah ikan hias asli Amerika Tengah. Tubuhnya yang unik dengan corak warna-warni membuat ikan ini mampu menarik perhatian para penggemar ikan hias.

Apalagi dengan sirip panjangnya yang indah dan merumbai, wajar saja jika banyak orang tertarik untuk memeliharanya. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya, pemeliharaan ikan guppy tidaklah sulit.

Sebab Anda hanya perlu menjaga kualitas pakan dan air kolamnya secara berkala. Pastikan pula jika ikan tidak terjangkit penyakit apapun. Banyak yang mengira bahwa proses pemeliharaan ikan guppy membutuhkan aerator. Padahal, ikan guppy termasuk ikan hias yang bisa hidup meskipun tidak menggunakan aerator.

Lihat juga: Tips Cara memelihara ikan guppy di akuarium yang baik

Aerator sendiri adalah gelembung udara yang digunakan di dalam akuarium atau kolam agar kebutuhan oksigen ikan bisa terpenuhi. Anda penasaran bagaimana cara pemeliharaan ikan guppy tanpa alat gelembung udara? Begini Cara Memelihara Ikan Guppy Tanpa Aerator.

Cara Memelihara Ikan Guppy Tanpa Aerator


Siapkan tempat
Cara yang pertama adalah menyiapkan tempat seperti aquarium, toples atau wadah bersih untuk meletakkan ikan hias guppy. Ukuran yang bisa dipakai adalah 30x25x25 cm atau 28x20x15 cm. Jika ikan guppy tidak banyak, maka menggunakan toples kaca pun bisa. Toples biasanya hanya bisa menampung 1 sampai 2 ikan guppy.

Siapkan air
Begini Cara Memelihara Ikan Guppy Tanpa Aerator adalah menyiapkan air bersih. Lalu masukkan ke dalam tempat atau wadah ikan yang tadi telah disiapkan. Perlu diingat bahwa Anda harus mengendapkan air tersebut terlebih dahulu sebelum ikan guppy dimasukkan ke dalam wadah berisi air. Air yang baru dimasukkan ke dalam wadah tidak boleh langsung ditempati ikan guppy. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan ikan mati.

Gunakan garam ikan
Cara selanjutnya, Anda masukkan garam ikan atau garam kristal ke dalam wadah yang sudah diisi air. Masukkan sedikit saja, jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan air keasinan. Garam ikan ini mungkin terdengar asing bagi Anda tapi jika mencarinya khusus di toko ikan hias, Anda akan dengan mudah menemukannya.

Masukkan ikan guppy
Apabila air sudah diendapkan selama 1 sampai dengan 2 hari, barulah Anda masukkan ikan guppy. Tapi, jangan langsung dibiarkan begitu saja. Anda awasi ikan setelah dimasukkan. Awalnya, ikan guppy akan berada di atas permukaan air. Hal tersebut sangatlah wajar, karena ikan membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan air dan tempat yang baru.

Agar ikan guppy bisa tetap hidup sehat, Anda harus melakukan pergantian air dengan cara memindahkan airnya sebagian terlebih dahulu atau parsial. Yang paling penting pastikan jika wadah ikan mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung.

Begini Cara Memelihara Ikan Guppy Tanpa Aerator, sangat mudah bukan? Kini Anda bisa memelihara ikan guppy meskipun tidak memiliki aerator.

Labels: Ikan Guppy

Thanks for reading Begini Cara Memelihara Ikan Guppy Tanpa Aerator dengan Mudah . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Begini Cara Memelihara Ikan Guppy Tanpa Aerator dengan Mudah "