Cara Memelihara dan Merawat Ikan Black Molly

Cara merawat ikan hias black molly

Cara Memelihara dan Merawat Ikan Black Molly - Sejak jaman dahulu orang orang sudah gemar memelihara ikan hias di dalam rumah mereka. Memelihara ikan hias dinilai dapat memperindah rumah atau bangunan. Ikan hias biasanya diletakan di aquarium kaca yang transparan. Akuarium kaca yang tarnsparan dinilai dapat menampilkan keindahan dari corak, bentuk atau warna dari ikan hias. Ada banyak ikan hias yang bisa anda pelihara, salah satunya adalah ikan black molly.

Ikan black molly merupakan salah satu ikan hias yang sangat digemari oleh para pecinta ikan hias dan sangat laris dipasaran. Meskipun harga benih ikan black molly terbilang cukup mahal, namun ikan ini tetap sangat digemari oleh masyarakat. Untuk memelihara ikan black molly memerlukan perawatan yang khusus. Perawatan yang baik dapat membuat ikan blak molly bertahan hidup dan tumbuh berkembang.

Ikan black molly

5 Cara Memelihara dan Merawat Ikan Black Molly dengan Mudah

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara memelihara dan merawat ikan black molly, silahkan menyimak penjelasan dibawah ini.

1. Mempersiapkan akuarium

Untuk anda yang ingin memelihara ikan black molly cara pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan akuarium. Anda harus mempersiapkan akuarium yang berbahan dasar kaca. Akuarium kaca tentunya transparan, kaca yang transparan membuat ikan hias yang anda pelihara dapat terlihat keindahannya. Untuk debit air akuarium ikan black molly usahakan akuarium anda mampu menampung 110 liter air. Pasalnya ikan black molly sering mengeluarkan burayak. Air sebanyak 110 liter dapat mengantisipasi burayak yang dikeluarkan ikan hias ini.

2. Membedakan jenis kelamin ikan black molly

Cara yang selanjutnya adalah dengan membedakan jenis kelamin ikan black molly. Ikan black molly jantan cenderung memiliki sirip yang lebih lebar daripada yang betina. Bagi anda yang ingin memelihara salah satu ikan hias ini, anda juga harus meletakkan ikan ini dengan perbandingan satu banding satu. Maksudnya jika anda meletakkan ikan black molly jantan ke akuarium, maka anda juga harus meletakkan satu ikan black molly betina. Jika anda meletakkan ikan black molly tidak berpasangan maka ikan tersebut akan bertarung dan akhirnya mati.
Baca juga artikel: Cara Ternak Ikan Molly Lengkap untuk Pemula

3. Memperhatikan pakan ikan

Hal yang paling penting dalam memelihara ikan hias adalah dengan memperhatikan pakan ikan yang anda pelihara. Ikan black molly suka sekali memakan cacing beku, cacing rambut, kutu air, jentik nyamuk, dan masih banyak lagi. Anda bisa mendapatkan beberapa pakan ikan black molly tersebut di pasar atau di toko penjual pakan hewan. Jika ingin ikan hias yang anda pelihara sehat, anda juga bisa memberikan vitamin khusus ikan.

4. Menguras air akuarium

Akuarium yang keruh dan kotor dapat membuat ikan hias yang anda pelihara tidak bisa berkembang dan bahkan bisa mati. Anda harus menguras air akuarium minimal 1 sampai 2 minggu sekali. Air akuarium yang bersih dapat membuat ikan black molly tumbuh berkembang. Tidak hanya itu, akuarium yang bersih juga sedap dipandang mata.

5. Menambah ikan hias jenis lain dan beberapa hiasan akuarium

Untuk memperindah tampilan, anda bisa menambahkan beberapa jenis ikan hias yang lainnya ke dalam akuarium anda. Anda juga bisa menambahkan hiasan akuarium seperti batu batu kecil, terumbu karang buatan, rumput laut buatan, lampu hias, dan masih banyak lagi.

Rawat dan peliharalah ikan black molly dengan sungguh sungguh. Hal ini dikarenakan ikan black molly sangat rentan terhadap kondisi akuarium yang keruh atau kotor. Jangan lupa anda juga harus memperhatikan pakan salah satu ikan hias ini.

Labels: Ikan Molly, Perawatan Ikan

Terimakasi telah membaca Cara Memelihara dan Merawat Ikan Black Molly. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara dan Merawat Ikan Black Molly"