Ciri Ciri Ikan Molly Jantan dan Betina yang Harus Anda Ketahui

Ikan molly jantan dan betina

Ada banyak jenis ikan hias cantik yang bisa anda pelihara. Memelihara ikan hias diakuarium kaca dinilai dapat memperindah ruangan didalam rumah, sekolah, gedung maupun kantor. Salah satu jenis ikan hias cantik yang bisa anda pelihara adalah ikan molly. Ikan molly memiliki ciri khas dan spesifikasi sendiri yang membuat orang-orang tertarik untuk memeliharanya.
Lihat Juga artikel:
Ketahui cara mudah merawat ikan molly yang baik dan benar
Dalam memelihara ikan hias jenis molly, anda harus mengetahui perbedaan antara ikan molly jantan dengan yang betina. Pasalnya jika anda memelihara ikan hias ini di akuarium, anda harus memeliharanya secara sepasang dan dengan perbandingan yang sama anda belum mengetahui apa saja perbedaannya, silahkan menyimak penjelasan dibawah ini.

Gambar ikan molly jantan dan betina

Beberapa Perbedaan Ciri Ciri Ikan Molly Jantan Dan Betina Yang Harus Anda Ketahui


Tidak usah berlama lama lagi, untuk mengobati rasa penasaran anda tentang apa saja perbedaan ciri ciri ikan molly jantan dan betina langsung saja menyimak penjelasan berikut ini.

    Pada bagian kepala

    Ciri ciri pertama yang harus anda ketahui dalam perbedaan ikan molly jantan dengan betina adalah pada bagian kepala. Pada ikan molly yang berjenis kelamin jantan memiliki bentuk kepalanya agak besar. Ikan hias molly jantan selain memiliki bentuk kepala yang agak besar, juga memiliki bentuk yang bulat. Sedangkan pada ikan molly betina memiliki bentuk kepala yang agak runcing kedepan. Membedakan ikan molly antara yang jantan dengan yang betina dinilai sangat mudah dengan melihat bagian kepalannya.

    Pada warna tubuhnya

    Perbedaan yang kedua adalah dari warna tubuhnya. Ikan molly berjenis kelamin jantan memiliki warna tubuh yang cerah, sedangkan untuk ikan yang betina memiliki warna tubuh yang kurang cerah. Ikan molly memang memiliki jenis varian warna seperti hitam, orange, coklat, merah dan lain sebagainya. Selain memiliki warna yang cerah, ikan hias ini juga memiliki corak yang khas.

    Pada bentuk tubuhnya

    Membedakan jenis kelamin antara ikan molly jantan dengan betina yang paling mudah adalah pada bagian bentuk tubuhnya. Bentuk tubuh ikan molly jantan lebih ramping dibandingkan ikan yang berjenis kelamin betina. Hal ini dikarenakan ikan molly betin memiliki kantung untuk menyimpan telur telurnya sebelum dikeluarkan, maka dari itu terlihat lebih besar dan lebih gemuk.

    Pada bentuk siripnya

    Ikan molly memiliki bentuk sirip yang indah dan cukup lebar seperti ikan cupang. Bentuk sirip yang panjang dan cukup lebar disini yyang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar ikan hias. Tak jarang banyak oranng yang rela menghabiskan uangnya untuk membeli ikan molly bersirip lebar dengan harga yang lumayan mahal. Untuk membedakan ikan molly jantan dan betina anda juga bisa melihat pada bagian siripnya. Jika sirip ikan molly panjmang dan lebar berati berjenis kelamin jantan, namun jika siripnya pendek dan sempit menandakan berjenis kelamin betina.

    Pada bagian tonjolan di belakang sirip perut

    Pada ikan molly jantan memiliki tonjolan di belakang atau yang sering disebut gonopodium. Sedangkan pada ikan molly tidak memiliki tonjolan di belakang sirip perut. Namun ikan hias betina ini memiliki bulu halus di belakang sirip perutnya. Cukup mudah bukan membedakannya?

Cara membedakan ciri ciri antara ikan molly jantan dengan betina yang sudah dijelaskan di atas semoga dapat memberikan informasi untuk anda yang belum mengetahuinya. Jika anda masih tetap bingung, anda bisa menekan bagian perut ikan tersebut, jika keluar cairan putih menandakan bahwa ikan betina.

Labels: Ikan Molly

Thanks for reading Ciri Ciri Ikan Molly Jantan dan Betina yang Harus Anda Ketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ciri Ciri Ikan Molly Jantan dan Betina yang Harus Anda Ketahui"