Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Mengenai Cara Merawat Aquarium

Penting merawat aquarium ikan hias

Meskipun banyak orang yang memelihara ikan, namun dapat dipastikan pastinya hingga saat ini masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sebenarnya cara merawat aquarium yang baik dan benar. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya pengetahuan serta kesadaran untuk selalu menjaga kesehatan air aquarium bagi kelangsungan hidup ikan dan biota yang ada di dalamnya.

Cara perawatan aquarium bisa dilakukan setiap hari, seminggu sekali, dua minggu sekali, atau paling minimal sebulan sekali. Yang paling penting yang harus dilakukan ialah, memeriksa kesehatan ikan, memberi ikan makanan yang cukup, memeriksa temperatur air, memeriksa filter sampai dengan bagian dalam aquarium, dan membersihkan semua peralatan maupun aksesoris aquarium.

Baca juga artikel:
Cara budidaya ikan koi di akuarium

Cara Merawat Aquarium yang Baik dan Benar


Bagaimana cara merawat akuarium yang baik dan benar

1. Dibersihkan setiap hari

Yang harus diperhatikan untuk cara merawat aquarium ialah, periksa kesehatan ikan peliharaan anda. Jangan lupa untuk memberi makan ikan paling tidak dua hari sekali. Kemudian periksa temperatur air di dalam aquarium, untuk menyesuaikan habitat ikan. Agar ikan selalu merasa nyaman di tempat tinggalnya. Lalu, atur pencahayaan/lampu di dalam aquarium.

2. Dibersihkan seminggu sekali

Periksa termostat pada aquarium. Alat ini, digunakan sebagai pengontrol suhu air, agar tetap terjaga pada suhu yang sudah anda tentukan sebelumnya. Jangan lupa filternya dicek, masih bersih atau sudah kotor. Yang wajib pastinya memberi makan ikan ikan anda. pH dan kandungan garam juga perlu diperhatikan. Hal ini khusus dilakukan bagi anda yang memiliki aquarium air laut.

3. Dibersihkan dua minggu sekali

Bersihkan algae yang sudah menempel di kaca aquarium anda. Jika anda baru memiliki waktu untuk membersihkan aquarium hingga dua minggu sekali, pastinya algae ini sudah menumpuk dan akan mengganggu keindahan aquarium serta supply oksigen untuk ikan ikan dan biotanya. Setelah itu, kuras aquarium dan segera ganti airnya.

4. Dibersihkan sebulan sekali

Bersihkan, atau bila perlu cuci semua peralatan dan aksesoris aquarium hingga ke bagian dalam. Filter air dicek. Pastinya sudah banyak debu dan kotoran yang masuk. Setelah itu cuci kain filter dan ganti dengan kain filter yang baru. Periksa apakah ada kerikil yang menyangkut di dalam ataupun menutupi filter. Sapu bersih algae yang sudah menempel pada kaca aquarium dengan menggunakan magnet pembersih.

Cara Membersihkan Aquarium Air Tawar Tanpa Dikuras


Cara jitu merawat aquarium agar selalu bersih

Jangan ganti semua air dengan yang baru
Menguras air aquarium dan mengganti semua dengan air yang baru sebetulnya justru ada resiko tersendiri. Kesehatan ikan akan mudah terganggu karena ikan bisa stress, sakit, dan kemudian mati. Jika anda membersihkan aquarium sebulan sekali, anda hanya perlu mengganti airnya sebanyak 15% dari banyaknya air secara keseluruhan. Apabila aquarium dibersihkan dua bulan sekali, anda hanya perlu mengganti 25-50% nya.

Bersihkan kotoran

Cara merawat aquarium air tawar tanpa dikuras yang selanjutnya, bersihkan kotoran dan debu yang menempel di aquarium serta aksesorisnya sampai dasar. Sebaiknya gunakan magnet kaca/magnet pembersih aquarium yang bisa anda beli dan tanyakan di toko ikan hias atau hewan peliharaan, serta di toko toko online. Ketika membersihkan, jangan sampai ada pasir ataupun kerikil yang menempel pada magnet. Karena beresiko kaca aquarium bisa pecah.

Baca juga artikel:
Tips budidaya ikan discus di akuarium

Magnet pembersih yang anda gunakan tersebut, bentuknya seperti penghapus papan tulis. Anda harus bisa memilih pembersih yang sesuai dengan ketebalan kaca aquarium anda. Magnet ini ada dua bagian. Jika akan membersihkan kaca aquarium, masukkan bagian pembersihnya, kemudian tempelkan bagian yang satunya di sisi luar kaca agar bagian pembersihnya bisa bergerak mengikuti pergerakan tangan anda.

Labels: Tips Merawat aquarium

Terimakasi telah membaca Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Mengenai Cara Merawat Aquarium. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Mengenai Cara Merawat Aquarium"