Berbagai Jenis Ikan Koi yang Menarik Untuk Dipelihara

Berbagai jenis ikan koi

Memiliki hobi memelihara ikan hias? mempunyai akuarium atau kolam tidak terpakai tapi bingung akan memelihara apa? Anda tentu bisa memelihara jenis ikan hias koi.. Ikan koi adalah jenis ikan tawar yang mudah di pelihara, selain bentuknya yang asyik, warnanya pun cukup karismatik. Ikan ini cukup digemari para pencinta ikan hias.

Banyak sekali yang sudah memelihara ikan koi. Tapi tak sedikit orang-orang yang juga masih bingung ketika menentukan jenis koi apa yang akan dipelihara. Mengingat sangat banyak sekali jenis ikan koi di pasaran, tak heran jika banyak yang mengalami kendala memilih jenis yang cocok. Tentu saja alangkah baiknya jika anda memelihara berbagai jenis koi yang unggul dan menarik.

7 Jenis Koi yang Menarik Untuk di Pelihara.


1. Ikan Koi Kohaku


Jenis ikan Koi Kohaku

Jenis ini merupakan jenis paling tua sekaligus paling terkenal di antara jenis ikan koi lainya. Kohaku memiliki warna dasar putih solid dan dilapisi warna merah. Untuk yang kualitas tinggi, warna dasar tak ada bercak noda, warna merahnya terlihat cerah. Tak hanya itu, perpaduan kombinasi warna merah dan putih juga terlihat lebih sepadan. Untuk variasi dari jenis ikan ini adalah kohaku gin rin, kohaku daitsu, kohaku marutan, dan kohaku tanco

2. Koi Sanke Taisho


Jenis ikan koi sanke taisho

Ikan ini sering di sebut sanke, salah satu ikan koi yang memiliki warna dasar putih dengan kombinasi warna merah dan hitam, keindahannya ada pada perpaduan seimbang antara kombinasi warna tersebut. Memiliki tiga paduan warna menjadikan ikan ini terlihat lebih indah.

3. Koi Showa Sonku


Jenis ikan Koi Showa Sonku

Ikan jenis ini lebih dikenal dengan nama ikan showa, Merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna dasar merah dan putih dengan warna campuran hitam yang berada di atas warna dasar. Koi ini hampir memiliki kesamaan dengan koi sanke sehingga cukup susah membedakannya, untuk ikan showa Anda perlu jeli melihat warna hitamnya, karena biasanya warna hitam showa terdapat di tengah sampai ke kepala.

4. Koi Tancho


Jenis ikan Koi Tancho

Koi tancho merupakan ikan yang populer dari jenisnya. Ikan ini cukup digemari bagi para pecinta koi, bahkan kepopulerannya melebihi kepopuleran kohaku. Koi ini tergolong unik dan cantik dengan warna dasar putih dan warna merah yang terdapat di kepalanya. Penumpukan warna di kepala dan simetrinya menentukan harga pasarannya.

5. Koi Shiro Utsuri.


Jenis ikan Koi Shiro Utsuri

Shiro Utsuri berbeda dari jenis koi yang telah diinformasikan diatas, ikan jenis ini memiliki keunikan yang karismatik. Untuk warna dasar yang dimiliki yaitu hitam sedangkan warna campurannya adalah putih. Untuk koi shiro yang memiliki harga tinggi terdapat warna hitam dan putih yang seimbang.

6. Koi Ki Utsuri


Jenis ikan Koi Ki Utsuri

Ikan koi ini merupakan jenis yang paling langka. Untuk itu ikan ini memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran. Keunikan dari ikan ini ada pada kombinasi warna dasar kuning dipadukan dengan warna hitam sebagai warna campuran. Untuk jenis Ki Utsuri yang mahal ada pada pencampuran warna hitam dan kuning yang seimbang serta pada bagian kepalanya harus ada warna hitam dan kuning.

7. Koi Ogon Platinum.


Jenis ikan koi Ogon Platinum

Jenis Ikan koi ini lebih terkenal dengan sebutan orgon purachina karena memiliki warna putih di semua badan dari ekor sampai kepala. Ikan jenis ini memiliki keindahan yang terkesan feminim sehingga banyak di gemari oleh wanita. Ikan jenis ini termasuk ikan langka dan jika saja ada penyakit yang menjadikan warnanya pudar atau terdapat bercak warna lain, tentunya bisa mengurangi harga jual. Tak heran jika koi jenis ini perlu perawatan lebih dari pemiliknya.

Baca juga: Tips cara budidaya ikan koi di akuarium

Demikian ulasan di atas mengenai berbagai jenis ikan koi yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk di pelihara.

Labels: Ikan koi

Thanks for reading Berbagai Jenis Ikan Koi yang Menarik Untuk Dipelihara. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Berbagai Jenis Ikan Koi yang Menarik Untuk Dipelihara"