Tips Dan Cara Budidaya Ikan Discus Di Akuarium yang baik dan benar

Bagaimana budidaya dan gambar ikan discus di aquarium

Ikan discus memiliki warna yang merah dengan diameter tubuhnya sekitar 15 cm, uniknya ikan discus ini dikenal sebagai ikan yang suka menyendiri. Namun cara budidaya ikan discus ini terbilang cukup mudah, termasuk budidaya ikan discus di akuarium yang mulai banyak dilakukan. Bagi para pecinta ikan, ikan discus ini menarik dan unik karena keindahan di bagian samping tubuhnya dan warnanya yang mencolok.

Mengenai harganya ikan discus ini terbilang cukup mahal karena memiliki kelebihan pada warna tubuhnya. Ikan discus ini merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari khususnya oleh para pecinta ikan. Bahkan banyak sekali pecinta ikan yang sengaja mencari ikan discus ini di setiap wilayah nusantara Indonesia.

Nama ikan discus ini diambil dari karakter di bagian tubuhnya yang memiliki bentuk hampir mirip dengan bentuk piringan yang lebar. Bentuknya yang unik tersebut jugalah yang menjadi alasan mengapa ikan discus ini memiliki banyak penggemar. Ikan discus ini berasal dari Benua Amerika khususnya di sungai amazon sehingga harganya menjadi mahal karena daerah asalnya yang cukup jauh dari Indonesia.

Cara Budidaya Ikan Discus Di Akuarium

Ikan hias discus berupa gambar

Mempersiapkan tempat atau habitat untuk ikan discus hidup
Anda bisa mulai mempersiapkan akuarium yang nantinya akan digunakan untuk budidaya ikan discus, kemudian isi air menggunakan tandon yang bersih sampai mencapai ketinggian sekitar 25 cm. Setelah itu tambahkan garam sebanyak 1 sdm dan 1 lembar daun ketapang, kemudian siapkan filter air. Jika semuanya sudah siap maka diamkan akuarium tersebut selama 3 hari lamanya.

Menebarkan induk
Langkah berikutnya dari budidaya ikan discus adalah penebaran induk pada akuarium yang tadi sudah dipersiapkan dengan baik. Waktu yang tepat untuk menebarkan induk ini yaitu pagi hari atau sore hari. Tetapi sebelum mulai menebarkan induk, siapkan baskom terlebih dahulu kemudian tebarkan induk tersebut sambil menggoyang-goyangkan baskom. Proses tersebut disebut juga dengan aklimatisasi dan harus dilakukan selama 10-15 menit.

Pemeliharaan dan pemberian ikan
Pemeliharaan dan pemberian ikan ini merupakan hal yang penting pada budidaya ikan discus tersebut. Cobalah untuk memberi makan setiap 2 kali sehari, dan waktu pemberian makan ini sebaiknya dilakukan pada jam 8 pagi dan jam setengah 4 sore. Makanan yang bisa anda berikan yaitu cacing atau bisa juga jentik nyamuk, pilih cacing yang berukuran sekitar 50-55 individu/liter. Sedangkan untuk jentik nyamuk pilihlah yang ukurannya 30-35 individu tiap liternya. Jangan lupa untuk selalu mengecek kualitas air karena air sangat penting pada budidaya ikan discus ini.

Proses pemijahan
Langkah terakhir dari budidaya ikan discus di akuarium ini yaitu melakukan proses pemijahan. Siapkan paralon untuk dijadikan substrat pemijahan, caranya yaitu dengan digantung pada pokok akuarium. Bila usia ikan sekitar 12-18 bulan maka gunakan ukuran 11-14 cm, jika semuanya sudah siap maka proses pemijahan pun siap dilakukan. Tanda dari proses pemijahan ini adalah dengan sang jantan mengejar sang betina kemudian keduanya saling membuahi di suatu tempat.

Baca juga:

Foto gambar budidaya harga ikan discus

Pakan Ikan Discus Yang Bagus

Untuk memberi pakan pada ikan discus ini akan lebih baik jika anda memberi pakan yang alami, karena pakan alami merupakan jenis makanan yang sangat disukai oleh ikan discus. Manfaat dari pakan alami untuk ikan discus ini yaitu :


  • Mampu merangsang insting dan naluri pada ikan discus.


  • Ikan akan bertambah lincah, gesit dan juga sehat.


  • Warna ikan akan menjadi lebih indah.
    Kebugaran ikan akan selalu terjaga dan pertumbuhannya pun akan lebih cepat.


  • Selain memiliki banyak manfaat, pakan alami untuk ikan discus ini juga sangat mudah ditemukan di pasaran dan memiliki harga yang murah. Sehingga anda tak perlu susah mencari dan harganya tidak akan menguras isi dompet anda. Selain cacing dan jentik nyamuk pakan alami lainnya yang bisa anda berikan pada ikan discus adalah larva merah dan masih banyak lagi. Bagi anda yang berada di wilayah pedesaan pakan alami ini tentu akan lebih mudah ditemukan.
      Sebagai peternak ikan discus yang baik anda harus selalu menjaga dan memperhatikan ikan discus agar terhindar dari stress, karena jika ikan discus stress maka ikan tersebut akan mudah terserang penyakit. Setiap akuarium memiliki mikroorganisme yang tidak ada manfaatnya bagi ikan yang hidup di dalamnya. Anda juga perlu memperhatikan itu agar mikroorganisme yang ada di dalam akuarium tidak akan menyebabkan penyakit pada ikan discus.

    Gambar harga ikan hias discus termahal di indonesia

    Jenis-Jenis Ikan Discus Yang Termahal Dan Tercantik

    1. Ikan discus checker board pigoen
    2. Ikan discus red ribbon
    3. Ikan discus pearl pigeon
    4. Ikan discus marlboro red
    5. Ikan discus gold yellow diamond
    6. Ikan discus angel blue diamond
    Keunikan lain dari ikan discus ini adalah tidak suka usil dan tidak suka diusili, itulah sebabnya ikan ini dikenal sebagai ikan penyendiri. Di kalangan para pecinta ikan, ikan discus juga dikenal sebagai ikan yang sabar dan suka mengalah. Maka dari itu ikan discus lebih suka dipelihara sendiri tidak bergabung dengan teman yang lainnya. Karena jika ia bergabung dengan ikan lainnya ia hanya akan menjadi bulan-bulanan saja.

    Baca juga:
    Yang sering terjadi, ikan discus ini sering terlihat compang camping karena habis digigit oleh ikan lainnya. Yang berbahaya adalah jika ikan ini digigit oleh ikan lainnya maka ia akan tertular penyakit ikan tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa harga ikan discus ini sangat mahal sehingga jika anda memelihara ikan discus kemudian ikannya mati rasanya amat disayangkan.

    Jadi ikan ini lebih senang sendiri dan harus dalam keadaan tenang karena ikan discus juga merupakan jenis ikan yang cepat merasa kaget. Ikan discus jantan biasanya lebih gesit dibanding dengan ikan betina, jika mereka disatukan dan anda beri mereka makan maka ikan jantanlah yang biasanya lebih dulu menyambar makanan tersebut.
    Budidaya ikan discus di akuarium harus dilakukan dengan hati-hati karena menurut pengalaman para peternak ikan discus ini menyebutkan bahwa induk ikan discus bisa memangsa anaknya sendiri. Hal ini dikarenakan oleh kualitas air yang tidak cocok dengan ikan tersebut.

    Labels: Ikan discus

    Terimakasi telah membaca Tips Dan Cara Budidaya Ikan Discus Di Akuarium yang baik dan benar. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

    Share:

    0 Komentar untuk "Tips Dan Cara Budidaya Ikan Discus Di Akuarium yang baik dan benar"