Ketahui Cara Budidaya Ikan Koi Di Akurium yang baik dan benar untuk pemula

Ini dia cara budidaya ikan hias koi

Ikan koi adalah jenis ikan hias yang sering disebut sebagai primadona karena menjadi ikan yang paling banyak digemari dan disukai oleh banyak orang. Apalagi sekarang banyak orang yang membudidayakan ikan koi sehingga dijadikan peluang usaha bagi beberapa orang. Sekarang banyak juga yang membudidayakan ikan koi di akuarium, walaupun cara budidaya ikan koi di akuarium memang tidak mudah.

Untuk budidaya ikan koi di akuarium ini anda membutuhkan akuarium yang besar dan luas, karena luas akuarium tersebut akan mempengaruhi cara pemeliharaannya. Tetapi secara umum budidaya ikan koi terbilang cukup mudah apalagi harga ikan koi di pasaran juga tidak terlalu mahal. Namun tetap saja budidaya ikan koi sudah menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan.

Ikan koi ini adalah hasil persilangan dari berbagai macam warna dari ikan mas, sehingga pola dan warnanya yang unik membuat para pecinta ikan tertarik untuk memeliharanya. Tak heran jika kedua ikan ini bisa dikatakan mirip dari segi bentuk. Secara umum ikan koi dibudidayakan di kolam umum yang berukuran luas karena ikan koi memerlukan tempat yang leluasa. Sehingga jika anda ingin membudidayakan ikan koi di akuarium harus menggunakan akuarium yang luas dan besar.

Cara Budidaya Ikan Koi Di Akuarium Dengan Cara Yang Benar

Budidaya ikan hias koi terbaik

Hal yang harus anda perhatikan dalam cara budidaya ikan koi di akuarium adalah biayanya, pastikan anda sudah menyiapkan anggarannya karena terbilang cukup mahal. Walaupun kebanyakan orang membudidayakan ikan koi ini di kolam tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba membudidayakan ikan koi di akuarium.

Berikut cara-cara yang tepat yang bisa anda lakukan untuk membudidayakan ikan koi di akuarium, diantaranya sebagai berikut :


  • Siapkan akuarium yang memiliki ketinggian dan kedalaman sekitar 50 cm serta memiliki lebar kurang lebih 1 m dan memiliki panjang kira-kira 5 m.


  • Gunakan penambahan pipa pada akuarium agar dapat menjadi pemasok air bersih, jangan lupakan siapkan saluran pembuangannya juga.


  • Buat filter yang cukup sebanyak 4 lapis.


  • Susunan pertama di dalam akuarium anda boleh menaruh kerikil, ijuk dan pasir. Tujuannya agar kotorannya bisa disaring dengan sempurna.


  • Susunan kedua di akuarium tersebut yaitu karbon ziolit. Hal ini bertujuan agar toksin dan baunya dapat dihilangkan daro akuarium.


  • Untuk susunan ketiga anda dapat menaruh pestisida yang bertujuan untuk menguraikan setiap bakteri yang masuk ke akuarium.


  • Susunan keempat bisa anda taruh tanaman pengikat kotoran.


  • Pilihlah kualitas air yang baik untuk akuarium tersebut, dengan tingkat keasaman yang ideal sekitar 6 atau 5-8 agar hasilnya bagus.
  • Cara Memelihara Ikan Koi Di Akuarium


    Tips cara memelihara ikan koi di akuarium

    Setelah anda berhasil membudidayakan ikan koi di akuarium maka sekarang anda harus mulai belajar bagaimana cara memelihara ikan koi yang hidup di akuarium. Ikan koi biasanya tumbuh dengan sangat cepat jika diberi makan dengan baik, ikan koi memerlukan tempat yang luas untuk habitat mereka. Tetapi jika anda berhati-hati dan teliti dalam memelihara ikan koi di akuarium maka ikan koi tersebut tetap bisa hidup dengan baik walaupun hidup di akuarium.

    Baca juga artikel tentang:
    Cara mudah budidaya ikan discus di akuarium

    Tetapi perlu anda ingat bahwa ikan koi tidak bisa selamanya hidup di akuarium, karena ikan koi memerlukan banyak tempat dan ruang untuk mereka tumbuh. Walaupun menggunakan akuarium yang besar dan lebar namun tetap saja untuk bertumbuh mereka membutuhkan tempat yang lebih luas dari akuarium.
      Akuarium hanya cocok untuk ikan koi yang masih memiliki panjang 6 inci atau lebih kecil lagi dari itu, hal itu biasanya saat ikan koi tersebut masih berusia di bawah tahun. Jadi sebelum anda berencana membeli akuarium untuk ikan koi cobalah untuk mempertimbangkan ukuran akuariumnya terlebih dahulu. Anda harus menggunakan akuarium yang ukurannya paling besar, agar ikan koi memiliki tempat yang luas dan bisa bergerak bebas.
    Saat membeli akuarium yang paling besar berarti akan semakin besar juga isinya, jangan lupa untuk mempertimbangkan ruangan di rumah anda atau alas yang akan anda gunakan untuk menampung akuarium besar tersebut. Pastikan juga anda sudah menyiapkan tutup untuk akuarium yang berisi ikan koi tersebut, karena ikan koi punya kebiasaan melompat sehingga jangan mengambil resiko ikan koi anda sampai melompat dari akuarium.

    Setelah memastikan hal-hal penting tentang akuarium, sekarang anda harus memerhatikan sinar matahari. Sinar matahari tidak baik untuk ikan koi yang hidup di akuarium karena sinar matahari akan mengakibatkan tumbuhnya alga di akuarium. Selain itu ikan koi juga cukup sensitif terhadap getar suara sehingga pastikan anda menaruh akuarium di tempat yang tenang dan tidak berisik, hal itu untuk menghindarkan ikan koi tersebut stress dan mereka bisa hidup dengan tenang.

    Setelah anda berhasil membuat ikan koi tersebut hidup dengan baik di akuarium, sekarang kita beralih ke makanan ikan koi. Berikan beberapa inci substrate di bagian dasar akuarium, biasanya nanti akan tercampur dengan kerikil dan batu. Gunakan juga sebuah pemanas air yang kegunaannya yaitu untuk mengatur suhu akuarium serta mensirkulasikan air di dalam akuarium.

    Baca juga artikel tentang:
    Cara budidaya cacing sutra untuk pakan ikan hias

    Jumlah air di dalam akuarium juga adalah hal yang sangat penting karena air adalah benda yang paling banyak jumlahnya di akuarium. Ikan koi termasuk jenis ikan yang rentan terhadap kesalahan kecil apapun saat kita membudidaya atau memelihara ikan tersebut khususnya di akuarium. Cobalah untuk menggunakan saringan pembersih air yang kuat dan memiliki kualitas tinggi agar air di dalam akuarium tetap terjaga kebersihannya.

    Ikan koi memiliki jumlah kotoran yang lebih banyak dibanding dengan ikan lainnya sehingga jika anda menggunakan saringan yang bagus dan berkualitas maka kebersihan akuarium pun akan selalu terjaga khususnya dari kotoran ikan koi tersebut. Cara budidaya ikan koi di akuarium ternyata cukup sulit, tetapi selama anda melakukannya dengan teliti maka budidaya tersebut pasti bisa berhasil.

    Jika anda menggunakan saringan pembersih maka ikan koi pun pasti akan terhindar dari penyakit dan tidak cepat mati. Hindari juga memberi makanan ikan secara berlebihan agar anda dapat menghindari adanya polusi di dalam akuarium tersebut.

    Labels: Ikan koi

    Terimakasi telah membaca Ketahui Cara Budidaya Ikan Koi Di Akurium yang baik dan benar untuk pemula. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

    Share:

    0 Komentar untuk "Ketahui Cara Budidaya Ikan Koi Di Akurium yang baik dan benar untuk pemula"