Cara Budidaya Ikan Platy di Rumah Lengkap Bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Hias Platy
Ikan Platy

Ikan Platy


Ikan Platy merupakan jenis ikan hias yang memang sangat indah. Anda akan sangat dimanjakan apabila anda memiliki akuarium yang memiliki banyak ikan platy di dalamnya dan oleh karena itu lah memang peminat ikan platy sendiri sudah semakin banyak setiap harinya. Ikan platy ini merupakan ikan yang sangat menarik dan ketahanan tubuhnya pun bisa dikatakan sangatlah luar biasa kuat. Perlu anda ketahui apabila anda menyukai ikan platies maka anda perlu memanfaatkan ikan platy ini sebagai ladang usaha yang sangat luar biasa.

Ada sangat banyak orang yang berhasil karena memanfaatkan peluang bisnis ikan platy ini dan oleh karena itu maka anda merupakan seorang pribadi yang bisa dikatakan bodoh apabila tidak mau memanfaatkan peluang yang disediakan oleh ikan hias platy. Untuk membuktikan kecerdasan tersebut, anda memang sangat perlu membudidayakan ikan platy karena jika anda membudidayakan ikan platy maka keuntungan dalam jumlah besar itu akan dengan mudah anda dapatkan.

Jika anda belum mengetahui tentang cara membudidayakan ikan platy maka anda sudah berada di tempat yang sangat tepat karena pada kesempatan kali ini akan kami berikan kepada anda cara budidaya ikan platy di rumah lengkap bagi pemula. Pahamilah ulasan kami tentang cara budidaya ikan platy ini agar anda bisa mendapatkan keuntungan dari apa yang akan kami sampaikan.

Cara Budidaya Ikan Platy


Usaha cara budidaya ikan platy yang baik dan benar
Ikan Platy

Memilih Indukan yang Berkualitas


Untuk membudidayakan ikan platy maka anda perlu memilih dulu indukan ikan berkualitas karena apabila anda memilih indukan ikan platy yang tidak berkualitas maka anda lah yang akan sangat dirugikan apabila indukan ikan platy itu akan menghasilkan keturunan yang kurang baik. Memilih indukan ikan platy berkualitas merupakan cara budidaya ikan platy di rumah lengkap bagi pemula terbaik karena dengan indukan yang baik juga maka keturunan ikan platy yang berkualitas pun pastilah akan bisa didapatkan dengan mudah. Jika anda belum mengetahui cara mengetahui indukan platy yang berkualitas, anda hanya perlu membeli indukan ikan platy yang memiliki harga tinggi karena harga tidak akan pernah membohongi anda.

Cara memilihan indukan ikan platy yang berkualitas agar budidaya sukses

Perbedaan Ikan Platy Jantan dan Betina


Anda juga memang sangat perlu memiliki kemampuan untuk membedakan ikan platy jantan dan ikan platy betina karena hal ini juga merupakan trik budidaya ikan platy di rumah lengkap bagi pemula yang akan sangat bermanfaat bagi anda. Untuk membedakan ikan platy jantan dan betina sebenarnya sangatlah mudah dan bagi anda yang belum mengetahuinya maka perhatikanlah ciri ciri yang kami berikan di bawah ini:

Ciri Ciri Ikan Platy Jantan


  • Kepala jauh lebih besar dibandingkan betina
  • Sirip di punggungnya cukup panjang
  • Warnanya sangat cerah
  • Postur tubuhnya ramping
  • Terdapat tonjolan pada bagian belakang sirip perut





Ciri Ciri Ikan Platy Betina


  • Ukuran Kepala lebih kecil
  • Sirip di punggungnya lebih pendek
  • Warnanya kusam
  • Postur tubuhnya gemuk
  • Tidak memiliki tonjolan pada bagian belakang sirip perut


Tips bagaimana cara membedakan ikan platy jantan dan betina secara mudah

Dengan ciri ciri di atas maka dapat dipastikan kemampuan anda untuk membedakan ikan platy jantan dan betina pun akan semakin mudah dan anda pun pasti akan lebih mudah dalam memilih indukan ikan platy.

Proses Pemijahan Ikan Platy


Ketika indukan ikan platy yang baik telah anda pilih, anda pun bisa menuju ke cara budidaya ikan platy di rumah lengkap bagi pemula yang selanjutnya yaitu proses pemijahan. Ketika anda akan memulai proses pemijahan, siapkanlah bak yang memiliki ketinggian sekitar 60 cm. bersihkanlah bak tersebut dengan air bersih dan setelah itu anda pun perlu menyiapkan jaring yang dirasa bisa dimasuki oleh anakan ikan platy tetapi tidak akan bisa dimasuki oleh indukan ikan platy.

Isikan air ke dalam jaring tersebut setinggi 50 cm dan setelah itu masukkanlah jaring pemisah yang akan memisahkan induk platy dan anakan platy. Ketika air dan jaring tersebut telah dimasukkan ke dalam bak, masukanlah daun ketapang ke dalam wadah ikan platy tersebut dan diamkanlah selama 2 – 3 hari. Air yang di dalam bak akan berubah menjadi berwarna kecokelatan karena daun ketapang dan setelah itu maka bak tersebut pun sudah akan bisa digunakan untuk proses pemijahan.

Ketika proses pemijahan berlangsung maka masukanlah indukan jantan dan betina yang telah anda persiapkan sebelumnya ke dalam bak tersebut. Berikanlah indukan ikan platy tersebut pakan 2 kali sehari dan jangan sampai anda memberikan pakan terlalu sering karena akan mengotori air dan jangan pula anda kurang memberikan pakan karena akan mempengaruhi kesehatan induk platy tersebut.

Baca Juga : Kenali Jenis Jenis Ikan Platy

Jika perut indukan betina telah mulai membesar maka anda pun harus mengeluarkan sang jantan karena ditakutkan sang jantan akan memakan anakan ikan platy tersebut. Saat anakan ikan platy tersebut lahir barulah anda bisa mengeluarkan sang betina dan dengan inilah maka tahap pemijahan yang merupakan cara budidaya ikan platy di rumah lengkap bagi pemula telah selesai.

Perawatan Larva Ikan Platy

Penting cara merawat larva ikan platy yang baik

Perlu anda ketahui, larva ikan platy baru akan bisa berenang setelah 2 hari dan oleh karena itu anda memang perlu sadar akan perawatan larva ikan platy yang merupakan salah satu langkah penting dalam cara budidaya ikan platy di rumah lengkap bagi pemula ini. Ketika larva itu belum berumur 5 hari, anda perlu memberikan infusoria sebagai pakan bagi larva ikan platy tersebut, tetapi setelah larva ikan platy tersebut berumur 5 hari maka anda pun sudah bisa memberikan kutu air untuk makanannya.

Ketika larva ini telah dirasa cukup kuat maka bukan merupakan keputusan yang baik apabila anda terus memberikan kutu air kepada larva tersebut karena akan sangat bijak apabila anda memberikan cacing darah atau pun cacing sutra. Anda tidak boleh terburu buru dalam memanen ikan platy karena apabila ikan platy yang dipanen belum cukup kuat maka ditakutkan ikan platy tersebut tidak akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa memanen ikan platy ketika telah berukuran 2,5 cm, tetapi kali ini kami sangat menganjurkan anda untuk memanen ikan platy ini ketika ukurannya telah mencapai 3 cm.

Jika anda benar benar mengikuti tahapan dari cara budidaya ikan platy di rumah lengkap bagi pemula yang kami berikan di atas maka tentu anda pastilah akan bisa membudidayakan ikan platy karena cara yang kami berikan di atas kepada anda memang sudah sangat lengkap dan akan sangat bisa memfasilitasi anda untuk bisa membudidayakan ikan platy.

Semoga anda tidak mengalami kesulitan ketika sedang membudidayakan ikan platy dan semoga juga dengan ulasan yang kami berikan tentang budidaya ikan platy ini maka anda pun akan bisa mendapatkan kesuksesan dan juga akan bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar seperti yang anda harapkan. Sekian dari kami dan terima kasih.

Labels: Ikan platy

Terimakasi telah membaca Cara Budidaya Ikan Platy di Rumah Lengkap Bagi Pemula. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Platy di Rumah Lengkap Bagi Pemula"