Cara Membuat Makanan Ikan Cupang Infusoria dan Kutu Air

Tips membuat pakan ikan cupang

Ikan cupang memiliki bentuk fisik yang kecil, apalagi anak ikan cupang atau istilahnya burayak, besarnya hanya sekitar 3-5 mm. Oleh karena itu, untuk memberi makan ikan cupang ini anda harus tahu makanan apa saja yang bisa dicerna. Beberapa makanan ikan cupang adalah Infusoria, Kutu air, Jentik nyamuk dan Cacing sutera.

Tapi repot juga jika setiap hari harus mencari bahan-bahan seperti itu, apalagi jenisnya adalah bahan yang kotor, dan pembersihannya harus maksimal serta hati-hati karena harus menjaga agar ikan cupang tidak sakit karena makanan tidak steril. Daripada repot mencari bahan-bahan tersebut, ada baiknya kita belajar bagaimana cara membuat makanan ikan cupang.

Begini Cara membuat Pakan ikan Cupang

Cara membuat pakan ikan cupang alami

Membudidayakan Makanan Cupang: Infusoria

Infusoria adalah semacam mahluk yang sangat kecil yang hidup di air tawar, berupa invertebrata kecil. Infusoria bisa dibudidayakan dengan kol atau sawi yang sudah membusuk. Jika tidak ada yang membusuk, tidak masalah, kita bisa merebusnya terlebih dahulu. Hal ini menunjukkan bahwa cara membuat makanan ikan cupang ini tidaklah sulit dan bahannya juga tidak susah dicari.
    1. Siapkan juga air akuarium dalam wadah atau gelas
    2. Lalu, sawi atau kol yang sudah direbus, kemudian diperas, ambil airnya saja
    3. Air perasan kol atau sawi tersebut dimasukan ke dalam gelas yang sudah berisikan air akuarium
    4. Kemudian masukkan kol atau sawi yang sudah diperas tersebut
    5. Setelah ketiga macam bahan tersebut tercampur, simpan di tempat teduh, diamkan selama tiga hari.
Setelah tiga hari akan muncul hewan-hewan kecil berwarna putih di dalam wadah tersebut. Itulah infusoria, yang sudah siap kita berikan untuk burayak maupun cupang dewasa. Jumlahnya tidak bisa dihitung karena terlalu banyak. Infusoria mempunyai daya tahan yang hanya 1 minggu, jadi setelah 1 minggu kita harus membudidayakan infusoria yang baru.

Baca juga artikel: Cara mudah ternak ikan cupang

Membudidayakan Makanan Cupang : Kutu Air

Kutu air sangat bagus untuk ikan cupang karena mengandung protein, selain itu bentuknya kecil sehingga cocok untuk menunjang pertumbuhan burayak (anak ikan cupang) maupun cupang dewasa. Ditambah lagi, kutu air tersebut jika dimasukkan ke dalam akuarium, bisa menarik perhatian ikan cupang.



  • Untuk mengkulturkan kutu air, dibutuhkan sebuah kolam buatan yang terbuat dari semen. Tidak perlu terlalu besar, sesuai kebutuhan saja.



  • Kolam tersebut diisi air dan masukkan sedikit pupuk kandang ayam.



  • Lalu masukkan bibit kutu air yang bisa kita cari di lingkungan sekitar, tapi jika sulit menemukannya, anda bisa menggantikannya dengan kol yang gampang menciptakan kutu air.


  • Baca juga artikel: Tips budidaya cacing sutra untuk pakan ikan

    Diamkan selama seminggu. Sebaiknya kolam itu ditutup dengan kain atau wadah lain supaya tidak terkena sinar matahari. Karena sinar matahari akan membuat kutu air itu turun ke dasar kolam, jadi sewaktu kita ingin mengambilnya akan susah. Jika kolam dalam keadaan adem dan gelap, kutu air tersebut akan mengapung di atas air dan siap dipanen.

    Membuat Makanan Cupang dengan Adonan Terigu

    Jenis makanan lain yang bisa anda berikan adalah yang terbuat dari telur dan terigu. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

      1. Siapkan blender dan baskom
      2. Siapkan telur dan tepung terigu.
      3. Pisahkan kuning telur dengan putihnya
      4. Aduk kuning telur di baskom dengan mencampurkan sedikit suplemen, diaduk sampai rata, lalu masukan terigu. Diaduk lagi sampai rata
      5. Hasil adonan dioleskan ke seluruh permukaan baskom setipis mungkin
      6. Jemur di terik matahari sekitar 45-60 menit
      7. Setelah kering, ambil baskom yang sudah diolesin adonan dan dikeringkan tersebut, korek adonannya yang sudah melekat di baskom. Setelah semuanya bersih dikorek, lalu masukkan ke blender
      8. Giling di blender, tapi jangan tambahkan air, supaya adonan tetap kering dan menjadi bubuk atau serbuk.
      9. Setelah adonan berubah menjadi serbuk, siap untuk diberikan ke ikan cupang.
    BACA JUGA : Merk Pakan Ikan Hias yang Bagus

    Dibandingkan dengan cara membuat makanan ikan cupang lainnya, cara ketiga atau terakhir ini lebih simpel karena hanya membutuhkan telur, tepung terigu, blender, dan baskom.

    Labels: Ikan cupang

    Terimakasi telah membaca Cara Membuat Makanan Ikan Cupang Infusoria dan Kutu Air. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

    Share:

    0 Komentar untuk "Cara Membuat Makanan Ikan Cupang Infusoria dan Kutu Air"