Cara Membuat Makanan Alami Ikan Koi dengan Mudah dan Cepat

Cara membuat pakan alami ikan koi

Memelihara ikan koi adalah salah satu hobby yang banyak digemari zaman sekarang. Dan bahkan buat sebagian orang, memelihara ikan koi itu bukan hanya sekedar hobby, tetapi juga merupakan salah satu bidang bisnis yang sangat prospek. Tetapi masalahnya, untuk memelihara ikan koi membutuhkan biaya yang cukup mahal, yaitu harga makanannya yang terbilang cukup mahal.

Tapi jangan khawatir, anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan alternatif lain yaitu dengan memberikan makanan alami ikan koi yang bukan hanya lebih murah, tapi juga vitaminnya lebih bagus dibanding dengan dikasih makan pelet. Makanan alami tersebut juga sebagai variatif karena pilihannya cukup banyak, dan juga bisa sebagai menu diet buat ikan koi tersebut.

Jenis-jenis Bahan Makanan Alami Untuk Ikan Koi


Buah buahan untuk ikan koi

Ada beberapa jenis bahan makanan yang bisa anda berikan pada ikan koi, yaitu:

  1. Sayur-sayuran yang tidak mengandung serat tinggi, karena koi tidak dapat mencerna serat, sehingga kalau anda berikan yang berserat tinggi, maka kotoran koi ini akan mengeluarkan banyak serat.
  2. Buah-buahan. Jenis ini yang paling banyak disukai oleh koi adalah jeruk dan semangka.
  3. Udang, salah satu makanan yang disukai juga oleh koi.
  4. Cacing, juga disukai oleh koi.
  5. Ulat, banyak mengandung nutrisi dan sumber protein yang bagus untuk pertumbuhan koi.
  6. Roti, mengandung karbohidrat, jadi jangan terlalu banyak memberikannya pada koi karena akan membuat koi gemuk.

Memberi makan ikan koi dengan bahan makanan alami ini harus bertahap dan pelan-pelan, tidak bisa sekaligus banyak. Untuk semua jenis makanan tersebut diatas, jangan memberikan yang sudah busuk atau kadaluarsa, karena akan memperburuk gizi ikan. Berikanlah makanan yang masih segar agar koi terlihat segar dan bagus, warna kulitnya juga cerah.

Baca juga: Tips perawatan ikan koi yang benar

Cara Meracik Makanan Alami Ikan Koi


Kalau anda mau cepat, anda bisa membeli pakan koi di toko, tapi harganya lumayan mahal. Sedangkan anda bisa membuatnya sendiri dan caranya sangat gampang. Berikut cara membuat makanan alami ikan koi tersebut :

  • Udang kecil sesuai banyaknya ikan koi yang dicampur dengan agar-agar bubuk, telur, wortel, dan sedikit sayuran. Pilihlah jenis sayur yang seratnya tidak terlalu tinggi,seperti kacang polong, kangkung, sawi dan kubis.

  • Haluskan bahan-bahan diatas dengan blender dengan memberikan sedikit air.

  • Untuk memberikan aroma pelet, anda bisa meraciknya sendiri dengan cara mencampur pelet dengan air panas dan agar-agar bubuk lalu mengaduknya. Ini tidak wajib, hanya untuk menciptakan aroma pelet yang disukai oleh koi.

  • Campurkan adonan yang diblender dengan aroma pelet yang sudah diracik, lalu simpan dalam kulkas.

  • Setelah dingin, anda potong kecil-kecil supaya gampang dimakan oleh koi.


  • Kita juga bisa mengkombinasikan antara makanan alami yang anda racik tadi dengan pelet ikan yang mengandung probiotik yang sudah direndam dengan vitamin C. Dimana pelet ikan yang mengandung probiotik tersebut berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan ikan koi. Makanya ikan koi yang diberi makan probiotik dengan tanpa probiotik, akan terlihat beda sekali pertumbuhannya.

    Lihat juga: Berbagai jenis ikan koi yang menarik untuk dipelihara

    Makanan alami ikan koi ini anda berikan sedikit-sedikit saja, intinya jangan membuat koi kekenyangan, karena kekenyangan itu bisa mematikan koi. Kita cek dulu kalau ikannya kecil-kecil atau besar, karena yang kecil dan besar, porsi makanannya berbeda. Sekali tabur, sebaiknya langsung habis tidak bersisa. Dan juga jangan mengganti jenis pakan ikan koi secara tiba-tiba dan drastis karena akan membuat kaget ikan koi tersebut, namun berikanlah secara bertahap.

    Labels: Ikan koi

    Thanks for reading Cara Membuat Makanan Alami Ikan Koi dengan Mudah dan Cepat. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Cara Membuat Makanan Alami Ikan Koi dengan Mudah dan Cepat"