Tips Cara Memelihara Ikan Discus Dengan Aman

Gambar ikan hias discus terbaru

Ikan discus merupakan ikan hias akuarium yang harganya lumayan mahal. Tapi sangat banyak disukai oleh pencinta ikan hias karena bentuknya lucu, warna warni. Cara berenangnya yang anggun merupakan ciri khas ikan ini. Ikan discus ini termasuk spesies ikan chiclid yang berasal dari sungai Amazon. Tidak semua orang bisa merawat ikan jenis ini.

Jadi jika anda memutuskan ingin memelihara ikan jenis discus ini, harus lebih dahulu mengetahui cara memelihara ikan discus yang baik dan benar agar ikan tersebut bisa bertahan lama. Mengapa demikian? Karena jika salah dalam perawatannya maka akan menyebabkan kematian yang cepat pada ikan. Bentuk ikan ini gampang dikenali, yaitu berbentuk pipih seperti cakram, coraknya seperti batik, warnanya cerah.

Hal-Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Merawat Ikan Discus


Merawat ikan discus yang mudah stress

Ikan discus ini cepat stres, sehingga membuatnya gampang sakit. Anda bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan yang intensif seperti :

  • Membuat akuarium yang cukup luas, idealnya adalah bisa menampung setandar 200 liter air untuk kuantiti 4 ekor ikan discus

  • Menjaga suhu di akuarium ikan discus diantara 27-320C, karena iklim tropis di Indonesia dibutuhkan suhu seperti itu. Ini juga berkaitan dengan penerangan yang cukup yang dibuat dalam akuarium, dimana penerangan juga berpengaruh pada suhu, sehingga harus diperhatikan dalam mengatur suhu nya. Suhu dalam akuarium itu membutuhkan alat yaitu Heater (pemanas), jadi alat ini wajib anda miliki.

  • Kebersihan akuarium. Ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan ikan discus. Sebaiknya anda mengganti air dalam akuarium 2 kali dalam seminggu, atau paling telatnya 1 kali seminggu. Karena salah satu penyebab ikan stres adalah kalau akuariumnya kotor. Tidak perlu terus-terusan menguras air semuanya, tetapi sesekali cukup dengan cara mengganti sepertiganya dengan air baru yang bersih.

  • Memberikan pakan yang benar merupakan salah satu faktor penting dalam hal cara memelihara ikan discus ini. Karena tidak gampang memberikan makanan sehat pada ikan jenis ini. Ada 2 jenis makanan untuk ikan discus yaitu makanan alami dan buatan manusia. Makanan buatan yang komersial alias hasil pabrikan, sebaiknya tidak terlalu banyak, dan dikombinasikan dengan makanan alami, agar pertumbuhannya lebih bagus.

  • Ikan jenis ini senang berkelompok, jadi jika ingin memeliharanya, jangan hanya 1 ekor, beli beberapa ekor sekalian. Sistem berkelompok dan interaksi diantara ikan ini akan membentuk karakter asli mereka.


  • Lihat juga: Ciri-ciri perbedaan ikan discus jantan dan betina

    Jangan mengganti makanan ikan discus secara mendadak. Karena akan membuat ikan menjadi kaget. Dan berikanlah makanan ikan discus sedikit demi sedikit, yang penting harus habis, jangan bersisa, supaya tidak menimbulkan sampah di akuarium. Karena bentuknya yang kecil membuat ikan discus tidak bisa makan terlalu banyak.

    Mengetahui Ciri-Ciri Ikan Discus yang Sakit


    Mengatasi penyakit ikan discus

    Anda juga harus mengetahui ciri-ciri ikan discus yang sedang stress atau sakit. Tujuannya agar anda cepat mengambil tindakan pengobatan terhadap ikan tersebut. Beberapa ciri-ciri ikan yang sakit seperti :

  • Warnanya kurang cerah, agak hitam, ada semacam garis vertikal di tubuhnya yang sangat terlihat beda dari biasanya, badannya lebih kurus dari biasanya.

  • Ada semacam tanda cacat, seperti bintik putih, yang kemungkinan terkena senggol akar di akuarium.

  • Matanya agak buram, tidak cerah, dan sedikit menonjol keluar, hal ini disebabkan air akuarium yang kotor.

  • Melakukan gesekan-gesekan ke benda disekelilingnya, seperti merasa gatal, karena terserang kutu air, jamur, atau bakteri sejenisnya. Aslinya discus kalau berenang itu adalah tenang dan anggun.

  • Spot hitam dibagian kepala dan sirip ikan discus, yang sebetulnya itu adalah ciri genetis, tapi sering sekali itu mengartikan bahwa ikan discus sedang bermasalah karena pengaruh warna merah atau lampu jenis UV yang diterapkan di akuarium.


  • Lihat juga: Cara budidaya ikan discus di akuarium

    Jadi apabila anda sudah menemukan gejala-gejala diatas, anda harus cepat memperbaikinya, misalnya mengganti air akuarium, mengganti lampu penerangan, dan lain-lain. Awalnya mungkin sulit dan repot untuk mempraktekkan cara memelihara ikan discus ini. Tapi lama kelamaan, anda akan terbiasa dan mahir melakukannya.

    Labels: Ikan discus, Perawatan Ikan

    Thanks for reading Tips Cara Memelihara Ikan Discus Dengan Aman. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Tips Cara Memelihara Ikan Discus Dengan Aman"