Tahapan Dan Cara Menjodohkan Ikan Discus Yang Tepat

Cara menjodohkan ikan discus

Para pecinta ikan hias khususnya ikan discus pasti sudah tahu sulitnya memelihara ikan yang satu ini, tapi walaupun begitu masih banyak saja orang yang memelihara ikan discus atau bahkan membudidayakannya. Ikan discus merupakan jenis ikan yang mudah stress dan sensitif, tetapi disitulah uniknya ikan discus ini.

Banyak orang yang bertanya bagaimana cara menjodohkan ikan discus dengan cara yang tepat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Caranya mudah saja, anda tinggal menyatukan ikan discus milik anda di dalam 1 akuarium. Walaupun berbeda jenisnya tidak apa, karena layaknya manusia ikan-ikan yang disatukan tersebut akan mengalami cinta lokasi sehingga terjadilah pembuahan.

Beberapa Cara Menjodohkan Ikan Discus Dengan Tepat Dan Mudah

Hari pertama


Tahap pertama mulai bertelor

Ikan discus betina akan mulai bertelur sambil menempelkan telur-telurnya pada pipa paralon mengarah ke atas dan sejajar, kemudian disusul ikan discus jantan yang membuahinya dengan gaya yang sama menengadah sambil berenang ke atas. Sistem ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Hari kedua tepatnya 24 jam setelah ikan betina dibuahi

Tahap menunggu menetas

Ikan jantan dan ikan betina akan menunggui telurnya yang telah dibuahi tadi sambil terus meniup dan mengipasi telurnya dengan siripnya. Sampai di tahap ini telur yang tidak dibuahi warnanya akan terlihat seputih susu dan dibayangi jamur.
    Sedangkan untuk telur yang dibuahi akan terlihat bintik atau titik hitam yang ternyata adalah jabang bayi ikan betina. Agar telur yang telah dibuahi tadi tidak menularkan busuk dan jamurnya pada telur yang lain maka masukkan larutan methelyne blue yaitu sejenis larutan yang akan melindungi telur agar tidak tertular oleh jamur.

Hari ketiga

Telur yang sudah dibuahi tadi akan mulai menetas, cirinya dapat dilihat dari munculnya ekor-ekor kecil yang bentuknya seperti jarum yang bergerak lincah dan melekat pada telur. Ikan discus betina yakni induk telur-telur tersebut akan semakin termotivasi menunggu kelahiran jabang bayi dengan cara mengipasi serta meniup ke udara pada telur agar anaknya terlepas dari telur.

Lihat juga: Ciri-ciri discus jantan dan betina

Cara menjodohkan ikan discus di tahap ini harus anda perhatikan pakannya, teruslah memberi makan ikan discus betina agar telur-telur tadi cepat terdorong keluar. Jangan lupa untuk memfilter kotorannya agar tempatnya bersalin terjaga kebersihannya.

Hari kelima

Tepat di hari kelima, burayak atau anakan mulai terlepas dari telurnya, tapi tetap melekat pada pipa paralon. Sang induk ikan dengan penuh kasih sayang akan memindahkan anaknya ke tempat yang lebih aman. Pada umumnya, ikan discus betina akan tinggal di bagian pojok akuarium sambil memperhatikan anak-anaknya yang mulai loncat-loncat.

Hari keenam

Anakan ikan discus mulai bisa berenang dan berlarian dari paralon ke tubuh induknya, perlu anda ketahui bahwa di tahap ini jangan anda pisahkan induk dengan anaknya agar keduanya sama-sama merasakan tanggung jawab.

Hari ketujuh

Tahap terakhir anakan ikan discus menetas

Anakan mulai melekat di tubuh induknya untuk mengambil lendir dan mengkonsumsinya yang terdapat pada tubuh induknya. Jika pada hewan lainnya, tahapan ini sama dengan menyusui. Sistem ini dapat menghabiskan waktu sekitar 10-20 hari lamanya.

Lihat juga: Ketahui pakan terbaik untuk ikan discus

Cara menjodohkan ikan discus di tahap akhir terlihat pada saat anakan akan mulai makan sendiri serta mulai bisa berenang di hari ke lima belas, bentuk tubuhnya juga sudah mulai kelihatan membulat. Anak atau burayak sudah diberi makan artemia atau bisa juga kutu air. Karena anakan ini sudah bisa makan sendiri dan berenang dengan baik, maka inilah saatnya mereka dipisahkan dari induknya di akuarium yang berbeda.

Labels: Ikan discus

Terimakasi telah membaca Tahapan Dan Cara Menjodohkan Ikan Discus Yang Tepat. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Tahapan Dan Cara Menjodohkan Ikan Discus Yang Tepat"