Ketahui Cara Merawat Ikan Cupang dengan Baik

Begini cara merawat ikan cupang

Ikan merupakan jenis hewan yang paling diminati untuk dijadikan hewan peliharaan. Ada sangat banyak sekali pencinta ikan hias di Indonesia dan hal tersebut merupakan sebuah hal yang wajar karena ikan hias memiliki jenis yang sangatlah banyak. Diantara banyak nya jenis ikan hias, ada satu jenis ikan hias yang sangat lah disukai oleh semua kalangan dan jenis ikan hias itu adalah cupang.

Mulai dari anak anak hingga orang dewasa pasti lah menyukai ikan yang satu ini karena jenis nya memang sangat lah indah. Apabila anda belum mengetahui cara merawat ikan cupang, jangan pernah mencoba untuk memelihara nya karena ikan cupang memerlukan perawatan terbaik. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan kami berikan untuk anda cara memelihara nya.

4 Tips Merawat Ikan Cupang dengan Baik dan Benar


Tips merawat ikan cupang hias dan aduan

Pakan yang Tepat


Cara merawat ikan cupang yang pertama adalah dengan memberikan pakan terbaik pada ikan cupang tersebut. Hal ini memang sangat diperlukan karena jika ikan cupang tidak diberikan pakan yang tepat maka pertumbuhan ikan tersebut tidak akan baik. Anda bisa membeli pakan ikan cukup di toko ikan hias terdekat, tetapi sebenarnya anda masih bisa mendapatkan pakan ikan ini sendiri.

Pakan ikan cupang itu bisa anda temukan jika anda mencarinya ke selokan atau ke genangan genangan air. Ketika mencari ke selokan, anda akan bisa menemukan cacing sutra yang memang merupakan makanan yang sangat disukai oleh ikan cupang. Apabila anda melihat pada genangan air, anda akan bisa menemukan jentik nyamuk yang juga sangat disukai oleh ikan cupang.

Baca juga: Tips membuat pakan ikan cupang

Pemilihan Air yang Tepat


Ketika anda hendak merawat ikan cupang, jangan asal dalam memilih air yang akan digunakan untuk kelangsungan hidup ikan cupang. Jika anda sampai memilih air yang tidak tepat, cupang tersebut bisa saja akan sakit atau bahkan mati. Air terbaik yang bisa anda gunakan untuk menjadi tempat ikan cupang adalah air sumur karena jenis air nya mirip dengan air rawa yang merupakan habitat asli ikan cupang.
    Bagi anda yang tidak memiliki akses air sumur, anda masih bisa menggunakan air PAM atau air lainnya. Tetapi ingat, ketika anda menggunakan air PAM, diamkan lah air tersebut di ember selama beberapa saat dan baru lah gunakan air tersebut untuk pertumbuhan ikan cupang. Anda juga perlu mengganti air pada ikan cupang minimal 3 hari sekali untuk hasil terbaik.

Beri Daun Ketapang


Ketika anda telah memilih air yang tepat, ada cara merawat ikan cupang selanjutnya yang perlu anda pahami. Cara memelihara ikan cupang tersebut adalah dengan memberi daun ketapang pada air tersebut. Anda pastilah merasa bahwa hal ini merupakan sesuatu yang tidak berguna padahal hal ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang ikan cupang.

Baca juga: Ketahui manfaat daun ketapang untuk ikan hias

Apabila anda memasukkan daun ketapang pada air akuarium ikan cupang, sebenarnya air tersebut bukan hanya akan berubah warna menjadi ke kuning kuningan. Daun ketapang tersebut akan membuat air tersebut memiliki hewan hewan air kecil yang bisa dimakan oleh ikan cupang. Hewan hewan kecil itu juga bisa dimakan oleh bayi cupang yang baru berumur beberapa hari.

Latih Kekuatan


Hal ini bisa dikatakan sebagai suatu hal yang sangat perlu. Dengan anda melatihnya, cupang cupang tersebut akan menjadi lebih berani dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Untuk melatihnya, anda bisa memasukkan ikan cupang tersebut ke dalam wadah tertutup lalu kocok selama beberapa detik. Lakukan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca juga: Tips ternak ikan cupang

Demikian artikel tentang Tips merawat ikan cupang semoga bermanfaat iya.

Labels: Ikan cupang, Perawatan Ikan

Thanks for reading Ketahui Cara Merawat Ikan Cupang dengan Baik. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ketahui Cara Merawat Ikan Cupang dengan Baik"