Inilah 5 Jenis Ikan Cupang Aduan Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

Ciri ciri cupang aduan terbaik

Ikan cupang merupakan ikan yang terkenal cantik namun galak. Ikan satu ini hampir tersebar diseluruh wilayah tanah air. Dari sekian banyak jenisnya, jenis ikan cupang aduan terbaik merupakan jenis ikan yang banyak diburu oleh masyarakat terutama para pecinta ikan cupang.

Jenis ikan cupang aduan yang terbaik ini merupakan jenis ikan yang kuat serta mampu bertahan hidup lebih lama. Oleh karena itu ketika ditempatkan pada wadah yang memiliki volume air sedikitpun bahkan tidak ada sirkulasi udara juga ikan aduan terbaik masih mampu bertahan hidup.

5 Jenis Ikan Cupang Aduan Terbaik

Gambar jenis cupang aduan
    1. Ikan cupang plakat Ekor serta sirip yang dimiliki ikan cupang plakat ini lebih pendek, berbeda dengan ekor yang dimiliki jenis Halfmoon serta serit. Namun karena ukurannya yang pendek tersebut membuat cupang plakat lebih kuat Gerakannyapun juga galak serta tidak gemulai.
    2. Ikan Cupang Akarensis Bentuk tubuh Akarensis yang berwujud silinder dengan warna kelabu tua dan ukuran kepala yang kecil nan pendek menjadikan Akarensis siap beradu dengan lawan.
    3. Ikan cupang coccina Bentuk ikan cupang coccina ini juga sama dengan bentuk yang dimiliki oleh akernis yaitu silinder. Namun warnanya berbeda, dimana coccina didominasi oleh merah tua mulai dari sirip sampai kepala.
    4. Ikan Cupang Belicca Bentuk kepalanya yang bulat panjang ditambah sirip analnya memiliki warna kuning transparan. Pada bagian sirip ekor, punggung serta perutnya juga didominasi oleh warna yang sama. Ballica siap diadu dengan lawan karena ia sangat gesit dan garang.
    5. Ikan cupang Tasyaee Berbekal sirip anal dengan warna kebiru-biruan serta sirip bagian ekor dan punggung didominasi biru transparan. Tasyaee ini juga mampu diadu dengan lawan.

Ciri-ciri Ikan Cupang Aduan yang Baik


Ciri ciri tubuh ikan cupang aduan yang bagus

Ikannya agresif

Ikan yang siap adu bisa dikatehui dari tingkat agresifnya. Ikan yang agresif berarti memiliki mental juara. Untuk bisa melihat apakah ikan tersebut bermental juara atau tidak yaitu dengan memperhatikan manakala ikan melihat musuh, ketika ikan tidak berdiam diri maka bisa dipastikan ikan tersebut memiliki mental juara.

Badannya gagah

Badan gagah bukanlah badan yang gemuk, melainkan badan yang ramping namun gesit serta agresif.tidak hanya langsing saja melainkan juga terdapat cekungan dari ujung badan hingga perut. Nah ketika kalian memiliki ikan cupang dengan bentuk seperti itu maka bisa dipastikan ia adalah cupang aduan yang bagus.

Memiliki gigi yang tajam layaknya pedang

Kalian semua bisa mengetahui apakah giginya tajam atau tidak dengan cara memperhatikan ring pada gigi lewat atas toples. Manakala pada bagian bibir bagian bawah ada bintik kecil dengan warna hitam bisa dipastikan bahwa cupang tersebut memiliki gigi tajam. Cupang yang memiliki gigi tajam merupakan cupang yang siap diadu.

Memiliki sisik yang tebal dan rapih

Tandanya cupang memiliki sisik kuat serta tebal bisa dilihat dari pola sisik pada seluruh tubuh dan jarak rapat antara sisik satu dengan lainnya. Sisik yang keras siap menahan perlawanan dari musuh yang sedang menyerang.

Memiliki dahi seperti arwana

Dahi ikan cupang yang seperti ikan arwana merupakan ciri ikan cupang yang siap diadu dengan musuh. Beberapa hasil pengamatan menunjukkan bahwa ikan yang memiliki dahi layaknya arwana sering keluar sebagai pemenang.

Memiliki sirip ekor yang rapat

Ciri terakhir dari jenis ikan cupang aduan terbaik adalah dilihat dari bagian sisi siripnya. Manakala siripnya halus serta rapat maka kondisinya oke dan siap untuk diadu. Sebaliknya jika siripnya renggang serta besar maka akan mudah terkena serangan jamur.

Demikian artikel tentang Jenis ikan cupang aduan terbaik di atas semoga menambah wawasan anda.

Lihat juga artikel lain Cara Ternak Ikan Cupang

Labels: Ikan cupang

Terimakasi telah membaca Inilah 5 Jenis Ikan Cupang Aduan Terbaik yang Wajib Anda Ketahui. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Inilah 5 Jenis Ikan Cupang Aduan Terbaik yang Wajib Anda Ketahui"