Memilih Makanan Ikan Discus yang Baik dan Benar

Cara memberi makan ikan discus dewasa dan anak anak secara tepat

Memelihara ikan discus bukanlah perkara gampang. Karena ikan discus itu adalah salah satu jenis ikan yang sensitif dan mudah sakit karena stress. Stress pada ikan discus bisa karena kondisi akuarium yang kurang bersih atau mungkin kurang besar. Karena ikan discus ini hidupnya berkelompok dan mereka butuh interaksi, maka dalam satu akuarium normalnya harus lebih dari 1 ekor ikan.

Selain masalah akuarium tersebut, bisa juga dan yang merupakan masalah terbesar adalah makanan ikan discus, yang belum banyak diketahui orang. Memberi makan ikan discus juga tidak boleh sembarangan, baik dari segi jenis makanannya, maupun cara pemberian makanannya. Makanya jika kita ingin memelihara ikan discus, lebih baik kita tahu dulu untuk makanannya ini.

Jenis-jenis makanan ikan discus

Adapun jenis-jenis makanan ikan discus terbagi atas makanan alami dan makanan buatan. Makanan buatan ada yang komersial pabrik dan ada juga yang bentuk burger yang diolah dari bahan-bahan alami.

Makanan alami ikan discus terdiri dari :
    Insuforia dan rotifera, yaitu jenis mikro organisme yang bentuknya sangat kecil dan sangat cocok untuk ikan discus yang fisiknya mungil dan pipih. Juga cocok untuk anak ikan discus.
    Kutu air, yang bisa kita temukan di genangan air. Kedengarannya memang terkesan makanan yang kotor. Memang kotor, untuk itu kita harus benar-benar membersihkannya supaya tidak merusak kesehatan ikan discus. Bentuknya juga kecil sehingga mudah dicerna oleh ikan discus.
    Cacing sutera, jenis cacing ini memiliki banyak kandungan lemak, protein dan mineral, yang tentunya sangat bagus untuk perkembangan ikan discus. Sama halnya dengan kutu air, cacing sutra ini pun mendapatkannya dari tempat kotor, sehingga kita harus membersihkannya terlebih dahulu.
    Cacing darah. Cacing ini berasal dari larva lalat Chironomus yang mengalami pembusukan. Larva itu maksudnya bentuk awal dari suatu hewan yang akan mengalami metamorfosis. Nah, proses metamorfosis lalat jenis Chironomus itu sebagian tidak berhasil, sehingga mengalami pembusukan, dan mengeluarkan cacing darah. Inilah yang bisa kita pakai untuk ikan discus kita.
    Telur udang galah dan lobster. Telur ini prosesnya dibekukan terlebih dahulu sehingga kita mudah menggunakannya dan juga awet. Fungsi dari telur udang ini adalah untuk memberikan warna yang bagus pada ikan discus dan juga mempercepat proses pertumbuhannya.
    Artemia, ini adalah jenis makanan ikan discus yang steril dan bebas penyakit, mengandung nutrisi lemak 25% dan protein 50%.

Selain jenis makanan alami, juga tersedia makanan buatan untuk ikan discus. Makanan buatan ini diproduksi oleh manusia dengan teknologi terbaru, lebih tahan lama karena dikemas dengan sedemikian rupa. Tetapi masalahnya, jenis pakan ini menyebabkan ikan discus menjadi lambat pertumbuhannya, jadi kita sebaiknya jangan terlalu banyak memberi ikan dengan makanan jenis ini.

Baca juga Artikel:
Inilah Merk Makanan Ikan Hias untuk Ikan Discus

Burger ikan discus, adalah jenis pakan yang diolah dari bahan-bahan bernutrisi tinggi, protein, vitamin, serat sedikit, mineral, sedikit karbohidrat. Ikan discus memang tidak boleh terlalu banyak karbohidrat karena kegemukan mempercepat kematian pada ikan discus. Bahan makanan untuk membuat burger ikan discus adalah jantung sapi, ikan tuna/salmon, udang, pro vit dan air.

Tips Memberikan Makanan untuk Ikan Discus

Memberi makan ikan discus dengan pakan buatan sebaiknya dicampur atau dikombinasikan dengan makanan alami, supaya pertumbuhan ikan discus bisa lebih bagus. Selain itu, untuk memberi makanan ikan discus ini, kita sebaiknya bertahap, artinya sedikit-sedikit saja. Jangan terlalu banyak. Karena jenis ikan ini adalah ikan kecil, porsi makannya pun sedikit. Selain porsi, memberi makannya juga harus teratur, jangan sampai telat makan.

Labels: Ikan discus

Terimakasi telah membaca Memilih Makanan Ikan Discus yang Baik dan Benar. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Memilih Makanan Ikan Discus yang Baik dan Benar"