Berbagai Tips Jitu perawatan Ikan Koi yang Baik dan Benar

Tips merawat ikan koi

Ikan koi merupakan aset keindahan juga aset finansial bagi pemiliknya, Untuk itu sangat penting untuk belajar banyak bagaimana cara perawatan ikan koi yang baik dan benar. Akan sangat di sayangkan jika ikan yang memiliki keindahan dan daya jual tinggi ini harus mati sia-sia kaerna anda tidak tahu cara merawatnya. Untuk mengurangi risiko yang terjadi, berikut rekomendasi cara merawat ikan koi yang baik dan benar.

6 Tips Cara Merawat Ikan Koi Yang Baik


Foto ikan hias koi terbaik

1. Memilih Koi yang Sehat

Untuk menghindari koi yang sakit menyebar penyakit pada spesies lain yang ada di kolam, maka alangkah baiknya membeli koi yang sehat. Pastikan jenis ikan yang anda beli terjamin kesehatannya.

2. Mempersiapkan Kolam.

Seperti ikan pada umumnya, ikan koi juga membutuhkan kualitas air yang baik. Siapkan air jernih yang bebas dari kontaminasi apapun. Bagi Anda yang menggunakan kolam semen, jangan langsung melepas ikan koi ke dalam kolam, tunggulah satu sampai dua hari. Anda juga bisa menggunakan pelepah pisang untuk menjaga keasaman antara 6,5 hingga 8,5.

3. Atur Jumlah Ikan koi

Ikan koi merupakan jenis ikan yang membutuhkan ruang gerak cukup banyak. Untuk itu bagi Anda pencinta ikan bisa mengira-ngira baiknya untuk kolam dengan ukuran satu meter bisa di isi oleh berapa ikan koi. Jumlah koi yang tidak sesuai kapasitas kolam bisa mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan ikan.

4. Jaga Kualitas Air

Perawatan ikan koi yang terpenting adalah menjaga kualitas air, guna mengurangi penyakit pada koi. Perhatikanlah tingkat keruh air dan suhu. Sebaiknya tiap minggu Anda menggnti air 10% dari jumlah air yang ada di kolam. Jangan mengganti secara keseluruhan, karena hal itu membuat koi harus beradaptasi, hal itu bisa membuat ikan stres. Perlu diketahui juga, air bisa mempengaruhi warna koi sampai 20%.

5. Karantina Koi Sakit maupun Baru

Pisahkanlah koi yang terlihat sakit dengan cara melihat perilaku yang di tunjukan koi.
Perhatikan apakah ikan koi selalu mengambang di permukaan, jika demikian pisahkan koi dan taruhlah di air yang memiliki kadar oksigen tinggi dan berilah obat. Jangan lupa untuk mengganti air hingga ia sembuh.

    Jika Anda ingin menambah ikan baru ke dalam kolam, hendaknya ikan tersebut dikarantina terlebih dahulu supaya tidak menyebabkan penyakit. Lakuan seperti mengkarantinakan koi yang sakit. Setelah ia tidak membawa penyakit, barulah Anda bisa menambahkan ke dalam kolam.

6. Atur Makanan Koi

Mengatur kualitas makanan koi juga berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya ikan koi. Demi menghemat pengeluaran pakan, pintar-pintarlah Anda mengatur pola makan. Makanan biasanya di berikan 2 kali sehari pada pagi dan sore. Untuk perawatan yang lebih baik, ada beberapa makanan tambahan yang perlu diberikan, seperti sawi, kubis, cacing rambut, semangka, dan cacing darah.

Baca juga: Jenis jenis ikan koi yang menarik untuk dipelihara

Tips Pemberian Pakan Ikan Koi


Begini tips cara merawat ikan koi

Jika membicarakan perawatan ikan koi, tentu saja erat kaitannya dengan bagaimana cara anda memberi makan/pakan pada ikan hias tersebut. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut,

  • Porsi jumlah pakan ikan koi kurang lebih 5% dari berat tubuhnya untuk ikan koi kecil. Sedangkan untuk koi dewasa 2% dari berat tubuhnya.

  • Saat memberikan pakan pastikanlah pakan habis dalam waktu 5 menit.

  • Perubahan jenis pakan ikan koi dilakukan secara bertahap, dilakukan sedikit demi sedikit mengurangi porsi lama, lalau mengganti dengan jenis pakan baru.

  • Pakan ikan koi yang baik adalah yang mengandung banyak protein, karbohidrat, mineral, lemak, dan vitamin.



  • Saat memberikan pakan dengan serat yang besar, pastikan jangan ada sisa yang tertinggal di kolam atau bisa memotong kecil serat makanan.

    Baca juga: Tips cara budidaya ikan koi untuk pemula

    Nah itulah artikel diatas tentang Cara merawat ikan koi dan Tips Cara pemberian pakan ikan koi yang benar. semoga bermaanfaat iya.

    Labels: Ikan koi, Perawatan Ikan

    Thanks for reading Berbagai Tips Jitu perawatan Ikan Koi yang Baik dan Benar. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Berbagai Tips Jitu perawatan Ikan Koi yang Baik dan Benar"