Cara Memelihara Ikan Koi Supaya Cepat Besar Dan Terbukti Berhasil

Tips cara memelihara ikan koi supaya cepat besar

Keindahan ikan koi yang dapat dilihat dari corak dan warnanya, membuat ikan koi menjadi jenis ikan hias yang paling banyak digemari dari tahun ke tahun. Harga jual ikan koi yang cukup tinggi membuat banyak orang membudidayakan ikan koi, untuk mendapat banyak keuntungan atau sekadar menyalurkan hobi para pecinta ikan saja.

Bagi anda yang senang dengan ikan koi serta suka memelihara ikan koi, pasti ingin memiliki ikan koi yang sehat, bagus, dan cepat besar. Banyak cara memelihara ikan koi supaya cepat besar yang bisa anda lakukan di rumah. Dalam merawat ikan koi, memang memerlukan perawatan khusus agar ikan koi yang anda pelihara bisa cepat tumbuh dengan besar.

    Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Tumbuh Dengan Besar


Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Tumbuh Dengan Besar

Memperhatikan kualitas air


Kualitas air di dalam kolam harus selalu dijaga, karena hal ini menjadi hal yang sangat penting dalam tata cara merawat dan memelihara ikan koi. Ganti dan kuras air di dalam kolam minimal 1 kali seminggu untuk menjaga kualitas air tersebut. Tetapi jika belum 1 minggu air di dalam kolam sudah keruh maka air tersebut harus segera diganti.

Jika air di dalam kolam sudah terlanjur kotor dan dibiarkan begitu saja maka ikan koi akan cepat lemas. Gunakan komposisi air yang baik yaitu air yang terbebas dari chlorine, yang pada umumnya sering terdapat pada air olahan. Endapkan air dahulu sebelum air itu digunakan atau sebelum diberi zat antiklorin ke dalam air.

Tetapi jika anda menggunakan air yang alami maka perhatikan kemungkinan air yang terkena zat berbahaya seperti merkuri. Suhu air juga menjadi hal lainnya yang harus diperhatikan, untuk mencapai pertumbuhan ikan koi yang maksimal. Suhu normal atau suhu standar yang baik adalah sekitar 25-27 derajat celcius.

Perhatikan makanan dan vitamin yang diberikan pada ikan koi


Pastikan anda memberi pakan yang bagus dan berkualitas pada ikan koi tersebut, dan juga harus sesuai dengan jenis ikan yang anda pelihara. Ikan koi adalah jenis ikan hias omnivora, yang membutuhkan jenis makanan seperti ganggang, selada, ulat air, udang kecil dan semacamnya.

Lihat juga: Daftar Harga bibit Ikan Koi jepang

Jadwal pemberian makan ikan koi yang pas adalah setiap 2-3 kali sehari, namun biasanya ikan koi akan makan lebih sedikit pada saat cuaca sudah berubah dingin. Jika anda ingin memberi makanan yang bernutrisi pada ikan koi peliharaan anda, sebaiknya berikan sayuran, roti, cacing, dan beberapa jenis buah tertentu.

Karena makanan bernutrisi menjadi salah satu faktor dan cara memelihara ikan koi supaya cepat besar dengan tepat. Perhatikan juga jumlah pakan yang diberikan kepada ikan koi, karena jika jumlahnya berlebihan maka akan membuat kolam menjadi kotor. Semakin banyak jumlah makanan yang masuk maka air dan kolam pun akan semakin cepat kotor.

Memberikan kenyamanan pada habitat ikan koi


Cara memelihara ikan koi supaya cepat besar bisa dilakukan dengan cara memberi kenyamanan pada tempat ikan tersebut hidup. Sebaiknya jangan membuat kolam tempat ikan koi hidup itu dangkal, karena pertumbuhan ikan koi akan terganggu jika kolamnya dangkal. Misalnya tubuhnya tidak besar dan menjadi kerdil.

Baca juga: Tips budidaya ikan koi di aquarium

Selain itu jika kolam yang anda gunakan dangkal, biasanya akan merusak warna ikan koi tersebut dengan warnanya yang menjadi kusam atau pucat karena terlalu sering terkena sinar matahari. Perhatikan juga jumlah ikan koi di dalam kolam, pastikan ikan koi hidup dan berenang dengan leluasa dan nyaman di dalam kolam tersebut.

Labels: Ikan koi, Perawatan Ikan

Thanks for reading Cara Memelihara Ikan Koi Supaya Cepat Besar Dan Terbukti Berhasil. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara Ikan Koi Supaya Cepat Besar Dan Terbukti Berhasil"