Asal Usul Ikan Louhan Dan Sejarah Perkembangannya

Gambar ikan louhan terbaik

Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang terkenal di Indonesia dan di beberapa negara lainnya. Nama lou han diambil dari kata hau louhan yang artinya adalah dewa pelindung, sehingga banyak orang percaya bahwa dengan memelihara ikan louhan maka ikan tersebut bisa melindungi pemiliknya.

Asal Usul Ikan Louhan Serta Sejarah Ikan Louhan


Ini dia sejarah ikan louhan

Tidak banyak yang tahu mengenai asal usul ikan louhan yang sesungguhnya, kebanyakan orang hanya suka memeliharanya saja dan mengagumi keindahan bentuk jenong dan warnanya. Ikan louhan berasal dari negara Malaysia bagian barat, perkembangan ikan louhan di Indonesia baru dimulai pada tahun 1993. Di tahun itulah ikan louhan mulai banyak dipelihara, dan dikenal.

Ciri utama pada bagian dahi ikan louhan yaitu jenongnya yang menarik, dianggap sebagai tanda pembawa keberuntungan di negara Taiwan. Sedangkan di tahun 1995, mulai muncul spesies ikan louhan terbaru yang didapat dari hasil persilangan yang menghasilkan jenis ikan louhan baru yaitu five colours God of fortune.

Lihat juga: Tips cara ternak ikan louhan buat pemula

Karena warna tubuhnya yang sangat indah dan memukau, maka ikan louhan menjadi cepat terkenal dan populer baik di kalangan pecinta ikan maupun di masyarakat umum. Sampai di tahun 1998, ikan louhan terus mengalami perkembangan dengan penyempurnaan pada proses persilangannya. Pada tahun 1998 sampai tahun 1999, mulai terjadi proses impor ikan louhan ke Amerika Serikat.

Dengan munculkan ikan louhan jenis flowerhorn dan golden base maka muncul lagi spesies ikan louhan baru dengan ciri-ciri, terdapat bintik berwarna perak putih pada bagian kulit ikan. Ikan louhan jenis golden base memiliki 2 varietas yang berbeda, varietas yang pertama memiliki warna tubuh yang pudar sedangkan untuk varietas yang kedua tidak berwarna pudar.

Asal usul ikan louhan ini harus diketahui oleh para pecinta ikan, khususnya bagi mereka yang belum mengetahui seluruh jenis-jenis ikan louhan. Karena menurut sejarahnya, jenis ikan louhan terus berkembang dari tahun ke tahun. Selain itu, hasil dari persilangan pun menghasilkan beberapa jenis ikan yang lebih unik dari segi jenong atau warna siripnya.

Seperti misalnya pada tahun 2000-2001 muncul ikan louhan jenis baru yaitu ikan kamfa. Ikan jenis ini adalah hasil hibrida dari setiap jenis flowerhorn yang disilangkan dengan jenis genus vieja atau parrot chichlid dalam jenis apapun. Ikan louhan jenis ini menimbulkan karakteristik baru, yaitu mulut yang lebih pendek, ekor yang terbungkus, mata lebih cekung dan jenong yang lebih besar.

Perkembangan jenis-jenis ini semakin bertambah dari tahun ke tahun, berbagai jenis dan spesies yang baru muncul dan menjadi ikan louhan favorit banyak orang. Hingga saat ini ada 6 jenis ikan louhan yang paling terkenal jenisnya, yaitu Chinwa, Fly Marking, Cencu, Free Head, dan Classic. Harga dari ke-6 jenis ikan louhan tersebut berbeda-beda, harganya pun cukup beragam.

Mayoritas orang atau pecinta ikan tertarik pada ikan louhan karena warna sisiknya atau bentuk jenongnya. Kedua ciri fisik ikan louhan itu menjadi ciri khas tersendiri, bahkan kadang terdapat tanda yang berbentuk motif, huruf mandarin, latin ataupun angka di bagian sisik. Asal usul ikan louhan memang cukup menarik, dan sampai saat ini masih banyak orang yang setia pada ikan louhan.

Lihat cara: Tips merawat ikan louhan agar tidak mudah stress

Di beberapa toko-toko ikan masih banyak orang yang menjual ikan louhan, dan para penjual pun mengakui bahwa permintaan masih banyak. Menurut sejarahnya, ikan louhan ini hanyalah ikan hasil silangan yang menghasilkan banyak jenis ikan yang menarik dan memukau.

Labels: Ikan Louhan

Thanks for reading Asal Usul Ikan Louhan Dan Sejarah Perkembangannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Asal Usul Ikan Louhan Dan Sejarah Perkembangannya"