Cara Memilih Ikan Cupang Aduan Yang Berkualitas Super

Cara memilih ikan cupang aduan

Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang populer dan sangat fenomenal, karena selain bisa menjadi penghias akuarium di rumah ikan cupang juga bisa menjadi gladiator petarung dalam sebuah kontes ikan. Tak heran jika ikan cupang sering disebut sebagai ikan yang memiliki 2 aliran, yaitu aliran pecinta ikan hias dan aliran penyuka ikan aduan.

Cara memilih ikan cupang aduan yang bagus dan berkualitas, menjadi hal yang sangat penting bagi orang-orang yang beraliran sebagai penyuka ikan aduan. Tetapi bagi kalian yang hendak membeli ikan cupang baik untuk hiasan saja atau untuk menjadikan ikan petarung, sebaiknya pilih ikan yang bagus dan sehat serta memiliki mental juara.

4 Cara Memilih Ikan Cupang Aduan Yang Bagus Dan Berkualitas

1. Ikan cupang aduan mempunyai gigi yang tajam seperti pedang

Sama halnya dengan pertarungan dalam bidang lainnya, ikan cupang juga memiliki senjata yang ampuh untuk menjatuhkan lawannya. Yaitu giginya yang sangat tajam, karena dengan gigi tajamnya tersebut maka ia pun bisa merobek-robek lawannya hingga lawannya KO.

Caranya yaitu, masukkan ikan cupang anda ke dalam plastik putih yang sudah diisi dengan air, kemudian pancing ikan cupang aduan tersebut dengan mendekatkan plastiknya ke ikan cupang lainnya. Sehingga ikan cupang itu akan menabrak plastiknya. Anda bisa melihat cara ia menabrak plastik tersebut.

Jika tabrakannya pelan dan tidak terlalu kencang tetapi sampai membuat plastik itu bocor, maka bisa dipastikan ikan cupang itu memiliki gigi yang tajam. Sebaliknya, jika ikan cupang itu menabrak dengan cara yang kencang dan keras tetapi plastiknya tidak bocor maka gigi ikan itu memang tidak tajam.

2. Pilihlah ikan cupang yang memiliki tubuh yang kuat

Sama halnya dengan petarung pada manusia, tubuh yang kuat menjadi salah satu syarat untuk memenangkan suatu pertarungan. Badan ikan cupang yang bagus dan cocok dijadikan ikan cupang aduan adalah, ikan yang memiliki full pressed body atau ramping tetapi runcing di bagian ujung ekor.

Baca juga: Mengenal dan jenis nama ikan cupang aduan paling populer

Kemudian ada cekungan halus di bagian ujung badan sampai ke bagian samping perut, jika kedua ciri tubuh tersebut ada di ikan cupang yang akan anda pilih sebaiknya jangan ragu untuk membeli. Ciri tubuh yang seperti itu biasanya memang lebih agresif, jago, dan kuat saat bertarung.

3. Memilih ikan cupang yang bermental juara

Bukan Cuma ciri fisik tubuhnya yang harus anda perhatikan, tapi secara mental ikan tersebut juga harus diperhatikan. Karena jika suatu ikan cupang tidak memiliki mental juara maka ikan tersebut tidak cocok menjadi ikan aduan, tetapi hanya menjadi ikan hias saja.

Cara memilih ikan cupang aduan dengan memperhatikan dari segi mentalnya, caranya cukup mudah. Yaitu lihatlah apakah saat melihat musuhnya ikan tersebut mengembangkan siripnya atau tidak. Jika ia memperlihatkan siripnya dengan penuh kejantanan, berarti ikan itu memang termasuk kategori ikan cupang aduan.

4. Pilihlah ikan cupang yang memiliki sisik yang tebal

Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam cara memilih ikan cupang aduan adalah, apakah ikan tersebut memiliki sisik yang tebal atau tidak. Karena percuma saja ia bergigi tajam, agresif, dan bentuk tubuhnya bagus tapi tidak memiliki sisik yang tebal. Karena sisik ini nantinya akan berfungsi sebagai perisai untuk melindungi dirinya dari gigitan musuh.

Bayangkan seekor ikan cupang aduan yang memiliki gigi yang tajam, dan memiliki sisik yang tebal akan menjadi ikan cupang yang memiliki senjata lengkap dan sangat sulit dikalahkan oleh musuh.

Lihat juga tips: Cara ternak ikan cupang untuk pemula

Nah demikian lah artikel tentang 4 Cara memilih ikan cupang aduan secara mudah. semoga bermanfaat iya.

Labels: Ikan cupang

Terimakasi telah membaca Cara Memilih Ikan Cupang Aduan Yang Berkualitas Super. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memilih Ikan Cupang Aduan Yang Berkualitas Super"