Macam Macam Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen Yang Perlu Diketahui

Jenis ikan hias tanpa bantuan oksigen

Bagi para penggemar ikan, memiliki aquarium dan memelihara ikan di dalamnya adalah suatu kesenangan tersendiri. Tapi apakah memelihara ikan di aquarium yang anda lakukan selama ini sudah benar? Apakah alat, aksesoris aquarium, dan ikan yang anda pelihara sudah sesuai dengan sifat dan jenis ikannya?

Aksesoris aquarium merupakan salah satu bagian penting yang harus anda ketahui. Salah satu aksesoris yang terpenting ialah pompa oksigen.

Pemasangan pompa oksigen atau yang biasa disebut aerator memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup ikan di aquarium. Jika tidak betul, bisa berakibat fatal bagi ikan peliharaan anda. Namun jangan khawatir karena anda juga masih bisa mengembangbiakkan ikan tanpa oksigen dalam aquarium. Untuk itu, kali ini akan dibahas beberapa mengenai jenis ikan hias aquarium tanpa oksigen apa saja yang bisa anda tempatkan di aquarium rumah.

Kriteria Aquarium yang Baik

Aquarium yang terbilang baik dan benar ialah aquarium yang aksesorisnya lengkap. Ada filter air, pompa oksigen atau aerator seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sirkulator, pemurni air aquarium, dan tidak lupa alat untuk mengukur pH air. Karena sebetulnya, masih banyak yang belum mengetahui cara pemasangan aerator yang baik dan benar.

Apakah bisa memelihara ikan di aquarium tanpa menggunakan aerator? Bisa. Bagaimana? Salah satunya adalah dengan memelihara jenis ikan yang bisa hidup di aquarium tanpa oksigen. Tetapi langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan mengisi air yang bersih dan baik ke dalam aquarium, kemudian masukkan ikan hias yang ingin anda pelihara. Pastikan ikan hias yang anda masukkan tidak terlalu banyak. Ini semua dilakukan agar masing-masing ikan bisa mendapatkan supply oksigen yang baik.

3 Jenis Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen yang Bisa Anda Pelihara

Ikan Cupang

Ikan cupang aduan dan hias

Ada beberapa jenis ikan cupang, yang pertama ialah ikan cupang aduan sedangkan yang lainnya ialah ikan cupang hias. Kedua ikan ini tentu mempunyai ciri khas. Jenis hias memiliki ekor yang lebar dan indah sedangkan aduan memiliki fisik yang kurang menarik jika dibandingkan dengan jenis hias.
    Meskipun begitu, banyak sekali jenis ikan cupang aduan yang biasa dipelihara di aquarium tanpa oksigen. Mungkin, harganya yang murah menjadi daya tarik tersendiri banyak orang-orang memeliharanya.

Ikan Guppy


Gambar jenis ikan guppy

Ikan ini masih satu jenis dengan ikan Platis dan Molly. Keunggulannya, dengan jumlah air yang minim sekitar 1 liter saja ia sudah bisa hidup. Bentuknya kecil, tapi memiliki ekor yang lebar dan warnanya sangat cantik. Ikan ini mudah untuk dikembangbiakkan dan bisa dipelihara dalam jumlah yang relatif banyak dalam satu wadah. Baca juga: Cara budidaya ikan guppy

Ikan Molly


Blue molly

Molly memiliki banyak varian, yang membedakan ialah warna dan bentuk badan. Ada dua jenis ikan molly yaitu jenis balon, dan jenis biasa. Molly balon cenderung memiliki perut yang buncit seperti layaknya balon dibandingkan dengan molly biasa. Sama halnya dengan guppy, molly juga termasuk ikan yang gampang untuk dikembangbiakkan pada aquarium tanpa oksigen.

Ikan Platis


Jenis ikan platys

Salah satu jenis ikan hias aquarium tanpa oksigen yang satu ini dapat dikelompokkan dari warna dan bentuk ekor. Sama seperti guppy dan molly yang mudah beranak pinak, ia juga bisa dipelihara dalam jumlah yang banyak. Tapi anda harus hati-hati dengan ikan ini, karena sifatnya yang agak nakal. Ia suka berenang dekat permukaan air dan terkadang melompat dari aquarium ketika merasa terancam. Baca juga: Cara budidaya ikan platis

Labels: Ikan cupang, Ikan Guppy, Ikan Molly, Ikan platy

Terimakasi telah membaca Macam Macam Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen Yang Perlu Diketahui. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

1 Komentar untuk "Macam Macam Ikan Hias Aquarium Tanpa Oksigen Yang Perlu Diketahui"