ini dia ciri ciri fisik antara ikan koi jantan dan betina

Cara mudah Membedakan antara ikan koi Jantan dan Betina

Manusia hidup berdampingan dengan hewan dan tumbuhan di dunia ini. Manusia dalam hidupnya membutuhkan eksistensi hewan dan tumbuhan untuk bertahan hidup. Dalam berbagai aspek dalam kehidupan, peran kedua mahluk ini akan selalu ada. Salah satu peran yang diambil hewan dalam aspek manusia adalah sebagai binatang peliharaan.

Salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara oleh manusia adalah ikan. Jenis ikannya pun bermacam-macam, ikan hias hingga ikan yang tidak wajar dijadikan peliharaan pun ada. Salah jenis ikan peliharaan yang dipelihara manusia adalah Ikan koi. Ikan koi juga memiliki beberapa variasi yaitu Ikan koi jantan dan betina.

Mengapa ikan koi sebagai hewan peliharaan? Dalam hidup manusia, tentu saja manusia menginginkan hal-hal baik yang muncul salah satunya adalah keberuntungan. Hal ini tentu saja memiliki kaitan dengan ikan koi yang banyak dipelihara oleh manusia. Ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang memiliki filosofi tersendiri. Ikan koi merupakan ikan yang berasal dari Jepang.

Ikan yang berasal dari jepang ini dipercayai merupakan lambang dari keberuntungan. Selain dikatakan dapat mendatangkan keberuntungan ikan koi juga melambangkan kedamaian, keberanian, dan cinta. Namun yang paling terkenal adalah simbol keberuntungan. Simbol keberuntungan ini muncul akibat adanya kaitan ikan koi dengan hari perayaan anak laki-laki. Pada tahun 1848 hingga sekarang, ikan koi dianggap sebagai simbol harapan akan kesehatan dan kemakmuran bagi masyarakat Jepang.

Tentu saja hal ini akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Menjadikan ikan koi sebagai salah satu tren hewan perliharaan yang tidak hanya mempunyai lambang keberuntungan namun juga memiliki harga yang fantastis. Harganya akan tetap sama untuk Ikan koi jantan dan betina. Berikut adalah ciri-ciri untuk membedakan ikan koi jantan dan ikan koi betina.

Perbedaan dan Ciri-Ciri Koi Jantan dan Koi Betina yang Harus Diketahui


Ikan Koi Jantan

  1. Jika anda memencet anus miliki koi jantan akan keluaran cairan putih berupa sperma koi tersebut. Namun tentu saja hal ini dapat terjadi jika koi jantan tersebut sudah memiliki umur yang cukup.
  2. Rabalah pipi ikan koi jantan. Ikan koi jantan mempunyai kecenderungan memiliki pipi yang lebih kasar dibandingkan koi betina. Meskipun tidak semua ikan koi jantan memiliki pipi kasar.
  3. Ukuran tubuh ikan koi jantan cenderung memanjang dan ramping jika dibandingkan dengan ikan koi betina.
  4. Perut ikan koi jantan akan relatif lebih padat dibandingkan ikan koi betina
  5. Sirip koi jantan biasanya berbentuk setiga lancip

Ikan Koi Betina

  1. Jika anda memencet anus yang dimiliki oleh ikan koi betina, yang akan keluar adalah kotoran bukan sperma.
  2. Anda harus meraba pipi dari ikan koi betina. Umumnya ikan koi betina akan memiliki pipi yang lebih halus dibandingkan oleh ikan koi jantan.
  3. Ikan koi betina cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat daripada ikan koi jantan. Jika dilihat secara sekilas ikan koi betina akan mempunyai bentuk yang lebih besar daripada ikan jantan
  4. Bagian perut akan terasa lebih lembek dibandingkan ikan koi jantan.
  5. Bagian sirip koi betina biasanya berbentuk bulat seperti kipas.
  6. Bagian sirip dan dada jika anda raba memiliki kecenderungan lebih halus dibandingkan koi jantan.

Itulah beberapa ciri dari Ikan koi jantan dan betina yang perlu kalian ketahui. Semoga anda tidak salah dalam memilih ikan koi pilihan anda!

Baca juga: Jenis penyakit ikan koi dan cara mengobatinya

Labels: Ikan koi

Thanks for reading ini dia ciri ciri fisik antara ikan koi jantan dan betina. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "ini dia ciri ciri fisik antara ikan koi jantan dan betina"