Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Konten [Tampil]

Cupan jantan dan betina

Di dunia ini manusia tidak hanya hidup sebagai makhluk tunggal. Namun manusia ditemani makhluk-makhluk lain. Makhluk tersebut adalah hewan dan tumbuhan.

Dalam prakteknya hewan dan tumbuhan banyak berperan dan dijadikan suatu unsur untuk membangun kehidupan manusia. Berbagai bahan makanan dan perabotan lain didapatkan dari olahan hewan atau tumbuhan.

Namun tentu saja sebagai suatu unsur yang dapat membantu kelangsungan hidup manusia, hewan dan tumbuhan tertentu tumbuh bersama manusia.

Sebagian hewan juga menjadi peliharan dan teman hidup manusia. Salah satu hewan yang banyak dipelihara manusia adalah jenis ikan.

Jenis ikan yang banyak dipelihara adalah cupang. Cupang terdiri dari jantan dan betina. Namun bagaimana cara membedakan jenis kelamin ikan cupang?

Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai ukuran kecil. Ikan ini berasal dari Asia Tenggara yang banyak diminati oleh masyarakat di seluruh dunia terutama Indonesia.

Ikan cupang sendiri dipelihara karena terkenal sebagai salah satu ikan agresif dengan bentuk tubuh, corak, warna, dan bentuk sirip yang banyak dianggap orang indah.

Ikan hias ini sebenarnya merupakan peliharaan yang harus dijaga dengan baik. Namun karena sikapnya yang agresif banyak pemilik cupang yang mengadu cupang-cupang mereka dengan satu sama lain untuk membuktikan cupang siapa yang paling indah dan tangguh.

Namun hal ini tentu saja bukanlah suatu hal yang baik untuk dilakukan. Biasanya cupang yang banyak dipertandingkan adalah cupang jantan.

Tentu saja untuk itu anda perlu dapat membedakan jenis kelamin ikan hias cupang. Cara membedakan antara ikan cupang jantan dan betina. Berikut adalah beberapa perbedaannya

Baca Juga : Inilah Jenis Ikan Cupang Aduan Terbaik

Perbedaan Ikan Cupang Jantan dan Betina


Berikut adalah beberapa fitur dan bagian tubuh dari masing-masing jenis kelamin yang dapat digunakan untuk membedakan mana yang jantan atau mana yang betina.

Cupang Jantan
  1. Memiliki warna tubuh yang elok. Namun warna tubuhnya akan terlihat lebih cerah dan lebih menarik daripada cupang betina. Hal ini digunakan untuk menarik perhatian pasangan atau cupang betina.
  2. Biasanya, ikan jantan akan memiliki gerakan yang lebih gesit dibandingkan dengan kebanyakan cupang betina. Namun tentu saja tidak menutupi kemungkinan cupang betina memiliki gerakan lincah.
  3. Pejantan cenderung memiliki tubuh yang langsung dan lebih ramping dibandingkan dengan cupang betina.
  4. Cupang jantan mempunyai ekor (caudal fin) dan sirip (ventral fin) yang lebih panjang dan lebar jika dibandingkan dengan ikan cupang betina.

Cupang Betina
  1. Ikan cupang betina cenderung memiliki tubuh yang berbentuk bulat dan tidak memanjang. Hal ini karena pada akhirnya ikan hias cupang betina harus mengandung telur-telur ikan.
  2. Cupang betina memiliki gerakan yang tidak selincah cupang jantan (lebih lambat) selain cupang betina juga tidak terlalu agresif.
  3. Mohon perhatikan pada bagian perut ikan hias ini. Jika pada bagian perut ikan betina terdapat sebuah titik kecil yang berada di dekat sirip depan, maka cupang itu adalah cupang betina.
  4. Berkebalikan dengan cupang jantan, cupang betina mempunyai warna yang kebanyakan tidak lebih menarik dibandingkan ikan cupang jantan.

Baca Juga : Daftar Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Beberapa hal tersebut dapat anda jadikan paduan utama untuk dapat membedakan jenis kelamin antara cupang jantan dengan betina.

Namun tentu saja untuk dapat membedakan hal tersebut, anda tetap harus teliti dalam mengobservasi fisik-fisik ikan hias cupang. Jangan sampai anda salah membeli dan salah memelihara ikan cupang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel