Begini Cara Mengawinkan Ikan Guppy Dengan Cara Sederhana

Cara mudah menjodokan ikan guppy

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang berukuran kecil tetapi banyak sekali dipelihara oleh para pecinta ikan di Indonesia. ciri khas dari ikan guppy adalah memiliki bentuk tubuh yang lebar tetapi ukuran tubuh keseluruhannya terbilang kecil. Walaupun ukurannya kecil, tetapi ikan ini justru memiliki banyak sekali penggemar di kalangan penyuka ikan.

Bahkan ikan guppy juga terkenal di kalangan para penyuka aquascape, karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan cara perawatannya pun mudah. Lalu bagaimana dengan cara mengawinkan ikan guppy dengan cara yang tepat, agar berhasil menghasilkan ikan guppy yang bagus dan berkualitas. Karena memiliki warna yang indah dan beragam, tak heran jika harganya cukup mahal.

Cara Mengawinkan Ikan Guppy Serta Merawat Anakannya

Tips cara mudah menjodokan ikan gapi

Cara mengawinkan ikan hias memang gampang-gampang susah, tetapi untuk ikan guppy ini caranya terbilang cukup mudah. Sebelum mulai mengawinkan , anda harus bisa membedakan yang mana ikan jantan dan mana ikan betina. Setelah itu, anda hanya tinggal menyatukan ikan betina dan ikan jantan di satu tempat yang sama. Lihat cara membedakanya disini: Tips mudah Membedakan Guppy jantan dan betina

Setelah disatukan maka ikan jantan akan kejar-kejaran dengan ikan betina, artinya kedua ikan tersebut mulai kawin. Pilihlah jenis indukan yang bagus untuk menghasilkan anakan yang juga bagus, sebaiknya anda memilih indukan yang memiliki perut yang gendut atau besar. Karena biasanya, ikan guppy betina yang memiliki perut gendut artinya sudah siap mengandung banyak telur.

Untuk ikan guppy jantan, pilih yang bentuk siripnya lebar, karena ikan guppy jantan yang bersirip lebar adalah jenis pejantan yang sudah dewasa dan sudah siap kawin. Jika anda ingin mempercepat proses perkembangbiakan, maka cara mengawinkan ikan guppy ini bisa dilakukan dengan cara menambah jumlah guppy betina.
    Anda cukup menyiapkan 1 pejantan saja, tetapi anda menyiapkan 3 ikan guppy betina saat mulai mengawinkan ikan-ikan tersebut. Atau lebih banyak lagi jumlah ikan betina tersebut, akan lebih baik. Wadah atau tempat untuk mengawinkan ikan guppy tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah ikan yang anda pilih.

Mempersiapkan Persalinan Ikan Guppy Betina

Jangan kaget jika saat anda sudah mengawinkan ikan guppy dan ikan guppy betina tersebut hamil, karena anda harus menyiapkan persalinannya. Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang ovovivar yang artinya hewan yang bertelur di dalam tubuhnya sendiri, sehingga anakan akan keluar setelah telurnya menetas di dalam perut ikan betina.

Tempat untuk melahirkan ikan guppy betina tersebut harus dipersiapkan dahulu, karena jika anda tidak menyiapkan tempatnya maka anakan yang lahir nanti bisa dimangsa oleh ibunya sendiri atau ikan yang lainnya. Jika setelah anda menerapkan metode cara mengawinkan ikan guppy yang sudah dijelaskan tadi, kemudian perut ikan betina terlihat gendut artinya ikan tersebut sudah bertelur.

Jika perut ikan betina tersebut sudah gendut, maka segera pisahkan ikan betina tersebut dengan ikan lainnya di wadah terpisah. Lalu tempatkan indukan yang sudah dipisahkan itu di sebuah saringan atau tudung saji yang mengapung di atas tank, sebagai bentuk isolasi bagi indukannya. Hal tersebut dibuat agar anakan tidak dimangsa oleh induknya sendiri ketika lahir.

Baca juga:

  • Cara Budidaya ikan guppy


  • Harga ikan guppy


  • Cara mengawinkan guppy ini ternyata memang mudah, anda hanya tinggal mempertemukan keduanya di 1 wadah yang sama, kemudian ikan-ikan itu sudah bisa kawin. Beberapa jenis ikan guppy akan memperlihatkan karakteristik seksualnya dari 3 minggu sebelum mulai kawin. Supaya guppy jantan menaruh spermanya di dalam tubuh betina maka ia harus mengembangkan siripnya.

    Labels: Ikan Guppy

    Terimakasi telah membaca Begini Cara Mengawinkan Ikan Guppy Dengan Cara Sederhana. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

    Share:

    0 Komentar untuk "Begini Cara Mengawinkan Ikan Guppy Dengan Cara Sederhana"