Mengenal Jenis dan Nama-nama Ikan Cupang yang Populer

Nama nama ikan cupang paling banyak di pelihara

Buat para pencinta ikan hias, tentunya ikan cupang bukanlah nama yang baru dikenal. Bentuknya yang kecil mungil, warna yang sangat menarik, beraneka ragam jenis, membuat orang senang memelihara ikan cupang ini. Dan bahkan ada yang menjadikan ikan cupang bukan hanya sebagai ikan hias, melainkan juga menjadikannya sebagai sumber penghasilan dengan cara mengadu atau laga.

Jika anda berniat untuk membeli dan memelihara ikan cupang, ada baiknya anda tahu nama-nama ikan cupang tersebut yang biasanya mencerminkan karakternya, agar anda tahu jenis apa yang akan anda beli yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ada beberapa jenis ikan cupang yang dibedakan berdasarkan fungsinya, dan secara garis besar terdiri dari tiga golongan besar yaitu cupang hias, cupang liar dan cupang laga.

Nama-nama ikan cupang dan jenisnya


Beberapa nama dan jenis ikan cupang

Jenis Cupang Hias


Cupang halfmoon atau setengah bulan, namanya sesuai dengan bentuk ikannya, yaitu setengah lingkaran dan mirip bulan setengah. Warnanya siripnya macam-macam, ada yang putih, merah, biru dan lain-lain. Semuanya terlihat cerah. Cupang jenis ini adalah yang paling cantik diantara jenis lainnya.

Cupang serit (crown tail) yang berasal dari Indonesia. Disebut crown tail karena bentuk ekornya seperti layer yang sobek, tetapi bentuknya teratur dan cantik. Cupang jenis ini memiliki tulang sirip yang kuat.

Double tail atau Cagak. Cupang ini sirip ekornya terbelah dua dengan lebar yang sama, makanya disebut double.

Lihat juga artikel: Ketahui cara merawat ikan cupang yang baik

Cupang Giant (Raksasa), dari namanya sudah bisa ditebak bahwa jenis ini memiliki postur yang lebih besar dibanding yang lain, besarnya mencapai 12cm. Cupang jenis ini adalah hasil proses perkembangbiakan silang antara cupang plakat dengan jenis lain.

Jenis Cupang Laga


Jenis ini dikenal dengan nama Cupang Plakat. Dibandingkan dengan semua nama-nama ikan cupang, jenis ini bentuknya memang lebih kecil, tapi terlihat gagah dan agresif. Sirip ekornya tidak merumbai seperti jenis cupang lainnya. Cupang ini memang dijadikan ikan hias juga, tapi lebih sering diadu atau dilaga oleh pemiliknya, bahkan terkadang pemiliknya memberikan semacam suplemen atau doping untuk membuat cupang ini lebih kuat.

Cupang Liar atau Cupang alam.


Jenis cupang ini tidak dipelihara di akuarium, melainkan berkeliaran bebas di alam. Bisa di sawah, rawa, selokan, jauh dari jangkauan manusia. Kita bisa memilikinya secara gratis jika bisa mendapatkannya dari alam. Jenis cupang liar atau alam ini ada beberapa, yaitu :

  • Cupang sawah, tentunya hidupnya ada di sawah, sesuai namanya. Umumnya terdapat di pulau Sumatera dan Jawa. Ciri-ciri tubuhnya bergaris kuning dan biru.

  • Cupang paradise, biasanya terdapat di area sungai daerah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Warna kulitnya garis-garis hijau muda dan ekornya bercabang.

  • Cupang surga, mirip seperti Cupang paradise, berasal dari Jawa dan Sumatera. Agak kecoklatan, memiliki sirip yang panjang, dan panjang ikan cupang ini sekitar 10cm.

  • Cupang Sarawak atau Betta Akarensis, berasal dari Kalimantan. Warna kulitnya transparan dan tidak terlalu banyak corak, seperti ikan lainnya.

  • Cupang alam emas, berasal dari Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Sesuai namanya, ikan jenis ini berwarna keemasan.


  • Lihat juga artikel: Ini dia jenis ikan cupang aduan terbaik

    Secara umum, semua nama-nama ikan cupang diatas memiliki kharakteristik masing-masing, dan sebenarnya semua jenis itu bisa diadu atau dijadikan ikan laga, apalagi jika dipertemukan dalam satu akuarium. Masing-masing ikan cupang itu akan menjadi agresif dan bisa menyerang satu sama lain. Sebaliknya, ikan cupang laga pun bisa juga dijadikan ikan hias karena bentuknya yang gagah dan unik.

    Labels: Ikan cupang

    Thanks for reading Mengenal Jenis dan Nama-nama Ikan Cupang yang Populer. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Mengenal Jenis dan Nama-nama Ikan Cupang yang Populer"