5 Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium secara mudah buat pemula

Cara mudah ternak ikan mas koki di aquarium

Bagi anda yang memiliki kendala karena lahan yang sempit namun ingin mencoba budidaya ikan koki, maka anda bisa mencoba budidaya ikan mas koki di akuarium. Budidaya ikan bukan hanya dilakukan karena bisa menghasilkan uang, tapi juga bisa menjadi salah satu hobi dan menghilangkan stress dan penat.

Membudidayakan ikan mas koki merupakan hal yang cukup mudah, dan memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Memelihara ikan hias biasanya memerlukan perhatian khusus, lain halnya dengan memelihara ikan yang bisa dikonsumsi. Seperti misalnya ikan lele, ikan mas, ikan nila, dan ikan gurame, ikan hias memang lebih butuh perawatan yang khusus.

Jika anda ingin membudidayakan ikan mas koki, maka anda berada di jalur yang tepat karena ikan tambun ini memiliki banyak penggemar. Selain itu jika anda berhasil membudidayakan salah satu ikan hias yang terkenal di Indonesia, maka anda tidak akan sulit mencari pasar ikan tersebut. Jika anda sudah yakin akan berbudidaya ikan mas koki, sebaiknya tentukan jenisnya terlebih dahulu.

Ada banyak sekali jenis ikan mas koki yang bisa anda pelihara atau budidaya, maka dari itu sebelum anda mulai berbudidaya sebaiknya tentukan jenisnya terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar anda fokus dalam berbudidaya 1 jenis ikan mas koki tertentu. Beberapa jenis ikan mas koki yang bisa anda pilih diantaranya ikan mas koki mutiara, mata langit, ekor kipas, oranda, dan lain sebagainya.

Cara Berbudidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium Sampai Berhasil


Cara mudah budidaya ikan mas koki di aquarium

Siapkan akuarium terlebih dahulu


Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam budidaya ikan mas koki adalah menyiapkan akuarium. Sebaiknya gunakan akuarium yang memiliki panjang 80 cm, serta lebar dan tinggi 40 cm. Ukuran ini menjadi ukuran yang paling pas untuk berbudidaya ikan mas koki, karena mudah untuk mengontrol air di dalamnya.

Memilih jenis ikan mas koki yang akan dibudidaya


Pilihlah jenis ikan mas koki yang akan anda budidaya, sebaiknya fokus pada 1 jenis ikan mas koki saja. Nanti setelah berhasil dengan budidaya jenis ikan mas koki maka anda bisa menambah varietas ikan mas koki lainnya. Setelah memilih jenisnya, maka anda bisa mulai mengawinkan indukan betina dan indukan jantannya.

Membedakan indukan jantan ikan mas koki dan indukan betina


Sebelum mulai budidaya ikan mas koki dengan mengawinkan indukan jantan dan betina, tentu anda harus bisa membedakan terlebih dahulu yang mana indukan jantan dan yang mana indukan betina. Ikan mas koki jantan biasanya memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping, sedangkan indukan betina biasanya lebih bulat dan tambun.

Indukan ikan mas koki jantan memiliki bercak berwarna putih di bagian siripnya, tetapi indukan ikan mas koki betina tidak memiliki bercak putih. Bentuk dubur pada ikan mas koki jantan lebih rata dan bentuknya oval. Namun pada bentuk dubur ikan mas koki betina, bentuknya bulat dan juga menonjol.

Jika anda mencoba memencet bagian perut ikan mas koki jantan, maka akan keluar cairan sperma berwarna putih yang keluar lewat dari alat eksresinya. Sedangkan ikan mas koki betina akan ditemukan cairan berwarna kuning jika anda memencet bagian perutnya. Hal itu menunjukan bahwa ikan mas koki betina tersebut siap untuk bertelur. artikel lengkapnya lihat disini: Ciri-ciri fisik ikan mas koki jantan dan betina

Mengawinkan indukan ikan mas koki jantan dan betina


Proses budidaya ikan mas koki berikutnya dimulai dengan memindahkan indukan jantan pada akuarium yang sudah diisi dengan eceng gondok. Kegunaan dari tanaman eceng gondok ini adalah, untuk memberi kenyamanan pada indukan betina saat kawin dan sebagai tempat yang pas untuk menyimpan telur yang dibuahinya.

Seekor ikan koki mas jantan bisa membuahi 2 ikan mas koki betina sekaligus, dan perkawinan akan diawali dengan kejar-kejaran antara ikan mas koki jantan dan ikan mas koki betina. Setelah itu barulah ikan mas koki jantan mulai membuahi telur yang dikeluarkan oleh ikan mas koki betina. Artikel lengkapnya lihat disini: Tips menjodokan ikan mas koki

Proses perawatan anakan pada ikan mas koki


Telur ikan yang telah dibuahi tadi akan menetas dalam waktu 2-4 hari, jika ada telur yang gagal menetas maka ambil telur tersebut sebelum membusuk di dalam akuarium. Karena telur yang membusuk bisa mengurangi kualitas air di dalam akuarium. Karena jumlah populasi di dalam akuarium bertambah, maka sebaiknya tambahkan aerator.

Kegunaan aerator tersebut untuk menambah oksigen di seluruh permukaan akuarium, agar semua yang hidup di sana mendapat pasokan oksigen yang cukup. Ciri-ciri larva yang telah menetas adalah memiliki bantalan berwarna kuning, di bagian perutnya. Bantalan tersebut adalah asupan makanan yang digunakan untuk memenuhi nutrisi selama 4 hari.

Jika bantalan berwarna kuning tersebut habis, maka anda harus memberi makan lagi berupa bagian kuning telur yang telah direbus. Proses budidaya ikan mas koki anda sudah dilakukan, jika lebih banyak jumlah anakan yang hidup maka budidaya anda berhasil.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading 5 Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium secara mudah buat pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Cara Budidaya Ikan Mas Koki Di Akuarium secara mudah buat pemula"