Cara Memelihara dan Merawat Ikan Mas Koki dengan benar

Gambar Ikan Mas Koki

Ikan mas koki atau yang sering juga disebut dengan ikan koki adalah salah satu jenis ikan yang berasal dari Cina. Dalam kenyataannya ikan koki ini merupakan jenis ikan mas, namun sering disebut juga ikan koki. Ada banyak jenis ikan yang berbentuk bulat dan pendek ini, menurut catatan ada sekitar 130 jenis ikan koki yang tersebar di seluruh dunia.

Ikan koki ini menjadi jenis ikan yang paling sering dipelihara oleh banyak orang khususnya para pecinta ikan hias. Karena biaya perawatannya tidak begitu mahal serta tidak memerlukan perhatian khusus, karena umumnya umur ikan koki ini tidak panjang. Tapi lain halnya dengan jika anda merawatnya dengan cara yang baik dan tepat, maka umurnya bisa mencapai 10 tahun.

Namun hal itu tetap bergantung pada cara anda merawatnya, jika dilakukan dengan cara yang tepat maka ikan koki ini bisa berumur panjang. Di zaman Dinasti Ming ikan koki ini banyak dijual ke negara Jepang, tak heran jika sekarang ikan koki ini tersebar di berbagai negara. Serta menjadi jenis ikan yang sering dipelihara oleh banyak orang dan pecinta ikan.

Pada saat ikan koki ini dijual ke negara Jepang, ternyata ikan koki bisa lebih terkenal dibanding di negara asalnya. Mulai dari situ ikan koki bisa menyebar cepat ke seluruh penjuru di dunia, termasuk ke negara Indonesia. keunggulan dari ikan koki ini adalah, cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru itulah sebabnya penyebarannya ke seluruh dunia pun lebih cepat.

Cara Merawat Berbagai Jenis Ikan Mas Koki


Cara jitu memelihara ikan koki

Buatlah ikan koki tersebut lebih mudah beradaptasi


Hal pertama yang harus anda lakukan ketika membeli ikan mas koki ini adalah, membuat ikan tersebut nyaman dengan lingkungannya yang baru. Sehingga jika ia nyaman maka ia akan lebih mudah lagi untuk beradaptasi. Hal ini sangat penting dilakukan, karena bisa mencegah ikan koki stress yang dapat berujung ke arah kematian.

Cara membuat ia nyaman dan mudah beradaptasi adalah dengan memasukkannya ke dalam akuarium, tetapi sekaligus dengan kantong plastiknya. Lalu biarkan ia mengambang di sana selama 1 jam penuh.

Pilihlah tempat yang tepat untuk tempat tinggal ikan koki tersebut


Untuk membuatnya nyaman pastikan anda sudah memilih habitat yang tepat dan cocok dengan ikan koki tersebut. Jika tujuan anda membuat ikan koki itu untuk mempercantik ruangan anda, maka jangan memilih wadah kaca yang berbentuk bulat atau agak lonjong. Hal ini tidak efektif karena ikan koki membutuhkan banyak oksigen untuk hidup.

Sehingga lebih baik anda memilih akuarium untuk habitatnya, karena akuarium menjadi tempat yang sangat pas untuk ia hidup dan tentu akan lebih leluasa. Sedangkan wadah kecil tidak akan menampung banyak oksigen, yang jumlahnya sangat dibutuhkan oleh ikan koki tersebut.

Agar ia mendapat cukup oksigen maka sebaiknya pasang aerator di akuariumnya


Langkah selanjutnya untuk membuat ikan koki anda tetap terawat dan berumur panjang adalah, dengan memasang aerator pada akuariumnya. Kegunaan aerator tersebut adalah untuk mengalirkan udara di dalam air, sehingga ikan mas koki mendapat banyak pasokan oksigen. Ikan koki ini juga akan merasa nyaman karena ia seperti hidup di habitat aslinya.

Agar ikan koki semakin sehat maka tambahkan jumlah filternya


Untuk merawat dan memelihara ikan mas koki ini maka anda harus selalu memperhatikan kualitas airnya. Karena jika air di habitatnya bersih dan jernih, maka ia pun akan terhindar dari penyakit apapun. Ikan koki tersebut juga akan bergerak dengan aktif karena air yang ia tempati tidak keruh.

Maka dari itu penambahan filter di akuarium menjadi hal yang penting, dan pilihlah jenis-jenis filter akuarium yang cocok dan berkualitas. anda bisa menggunakan filter akuarium mekanik, kimiawi, maupun biologi.

Gunakan takaran yang tepat dalam pemberian pakannya


Selain menjaga kualitas air, hal yang harus anda perhatikan adalah pemberian pakan yang tepat. Jika anda terlalu banyak memberi makan ikan mas koki juga tak baik, karena air akan menjadi keruh dan lama kelamaan air itu bisa mengandung racun. Tapi jangan sampai anda memberi pakannya terlalu sedikit juga, karena akan menyebabkan ikan koki kurus.

Artinya anda harus memberi takaran yang pas pada ikan koki tersebut, jangan sampai lebih tapi juga jangan sampai kurang. Yang penting anda memberi makan ikan koki peliharaan anda, cukup 1 x dalam sehari. Sebaiknya berilah ikan koki pakan yang alami seperti cacing darah.

Memasang kerikil agar keasaman air terjaga dengan baik


Ada beberapa media yang tepat untuk mempercantik akuarium anda, tetapi sebaiknya pilih media yang tak hanya membuat akuarium anda menjadi cantik. Tetapi juga membuat keasaman air di dalam akuarium tetap terjaga. Kerikil ini tidak akan membuat air akuarium asam, sehingga aman digunakan.

Baca juga: Cara mudah Budidaya ikan mas koki di akuarium untuk pemula

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading Cara Memelihara dan Merawat Ikan Mas Koki dengan benar. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara dan Merawat Ikan Mas Koki dengan benar"