Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Bagus untuk Dipelihara

Gambar ikan mas koki di akuarium
Ikan Mas Koki

Ikan yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak jenis ikan hias, yang paling banyak dipelihara oleh orang. Karena bisa jadi ikan mas koki selain memiliki warna kulit yang beraneka ragam, juga karena harganya yang cukup relatif murah. Pun ikan hias mas koki cukup banyak diperjual belikan oleh orang di hampir setiap daerah dan tempat.

Disinyalir mulai dibudidayakan sekitar seribu tahun yang lalu di negeri Tiongkok, hingga kini ikan mas koki memiliki banyak penggemarnya dari berbagai usia, baik anak kecil maupun orang dewasa. Memang karena memelihara ikan yang satu ini tidak sesulit memelihara ikan hias lainnya dan selain itu biaya perawatannya pun relatif murah.

Meski demikian bagi mereka yang baru saja akan memulai hobi memelihara ikan mas koki tentunya merasa canggung dan banyak memiliki pertanyaan bagaimana memilih ikan mas koki yang tentunya diharapkan akan berumur panjang dan juga tidak merepotkan ketika merawatnya. Ditambah lagi akan mengundang decak kagum bagi mereka yang melihatnya.

Baca Juga : Jenis Ikan Mas Koki Paling Cantik

Pemeliharaan dan Perawatan Ikan Mas Koki

Untuk pemeliharaannya sendiri, ikan mas koki bisa tinggal baik di akuarium maupun kolam di luar ruang, baik yang terbuat dari semen, plastik, batu, atau bahkan media lainnya. Akan tetapi hal tersebut tidak berarti untuk perawatannya bisa sembarangan, karena bagaimana pun juga ikan mas koki tetaplah makhluk hidup yang tidak bisa terpapar zat kimia berbahaya dan membutuhkan oksigen yang cukup.

Sebaiknya dalam merawatnya pun Anda diharapkan tetap rutin dan rajin membersihkan kolam atau akuariumnya. Hal ini berfungsi untuk menghindari racun atau zat berbahaya yang kemungkinan besar akan timbul dari sisa-sisa bekas makanannya sendiri. Pun diharapkan agar tidak menempatkan ikan mas koki dalam tempat yang terlampau padat populasinya, sehingga akan mempersempit gerak si ikan.

Baca juga: Harga Ikan Mas Koki Anakan

Meski ada pula opini yang berpendapat dengan semakin banyak populasi ikan di sebuah kolam, maka akan menambah kemungkinan zat berbahaya yang mungkin ditimbulkan dari sekian banyak ikan tersebut. Meski memang akan tampak cantik dan memukau, akan tetapi sebaiknya dihindari karena tentunya hal tersebut akan menimbulkan kematian bagi si ikan mas koki.

Tips dan Trik Memilih Ikan Mas Koki

Foto ikan mas koki di aquarium

Berikut beberapa tips dan trik bagaimana memilih ikan mas koki, bagi mereka yang baru saja berniat memulai hobi ini:
  1. Perhatikan bagian sirip ikan, karena sirip merupakan hal yang akan mempengaruhi kualitas ikan mas koki itu sendiri. Sirip yang seimbang tentunya merupakan salah satu indikasi ikan yang baik dan sedap dipandang mata. Seimbang dalam hal panjang maupun besarnya di bagian kiri dan kanan, serta tidak akan bengkok dan terlihat tegak. Pun sirip ekor akan memiliki panjang dan ukuran yang sama.
  2. Perhatikan pula warna yang ada di seluruh tubuh ikan mas koki. Disarankan untuk tidak memilih ikan mas koki yang memiliki warna kabur atau kusam, tetapi memilih warna yang cerah dan terang.
  3. Salah satu indikasi ikan mas koki yang sehat akan tampak pada matanya. Terlihat matanya akan bersih, bening, bersinar dan tidak kuyu maupun lesu.
  4. Selain itu, cara memilih ikan mas koki yang baik pun sebaiknya dilihat dari gerakan ikannya itu sendiri. Tidak lemah dan malas bergerak, sebaiknya pilih ikan mas koki yang cukup agresif dalam berenang.
  5. Perhatikan dengan seksama ketika melihat tubuhnya, apakah ada bercak atau bintik-bintik, apabila memungkinkan coba sentuh. Jika ketika disentuh terasa halus, ada baiknya ini yang dipilih, karena ikan mas koki yang memiliki tonjolan di bintik maupun bercaknya ada kemungkinan sedang sakit atau sedang terserang penyakit ikan.

Untuk merawatnya sendiri, Anda diharapkan tetap mengawasi suhu air serta keasaman air yang ada pada medianya, baik itu kolam maupun akuarium. Tingkat keasaman air merupakan hal cukup penting, jaga agar pH tetap di angka 7, selain itu coba tetap memperhatikan lumut-lumut yang seringkali ikut menjadi "teman" di medianya. Segera singkirkan dan secara berkala membersihkan medianya.

Ikan mas koki bisa diletakkan di ruang tamu maupun luar ruang, tergantung kesukaan maupun selera serta tata ruang si empunya. Di mana pun itu, tetap pastikan udara di media mengalir dengan baik, untuk hal ini Anda bisa menggunakan aerator, yang harga, bentuk serta modelnya cukup beragam dan banyak dijual di toko ikan maupun online shop.

Baca juga: 5 Cara mudah Budidaya ikan mas koki di akuarium

Meski demikian, memilih ikan mas koki adalah salah satu hal terpenting sebelum Anda memulai hobi atau bisnis ikan ini. Karena sebagus apa pun media serta penempatannya akan tidak berguna sama sekali jika Anda ikan mas kokinya sakit atau terserang penyakit ikan. Apalagi jika ikannya terawat baik, bukan tidak mungkin menjadi obat Anda di kala stress atau penat melanda.

Labels: Ikan mas koki

Terimakasi telah membaca Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Bagus untuk Dipelihara. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Bagus untuk Dipelihara"