Tips Cara mengawinkan ikan mas koki secara mudah

Cara pemijahan ikan mas koki

Hewan bukan hanya berperan sebagai salah satu makhluk hidup yang berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan manusia. Namun hewan juga berperan sebagai salah satu teman dalam kehidupan manusia. Salah satu bentuk dari kontribusi hewan akan hal ini adalah melalui pemeliharaan hewan oleh manusia. Apakah itu memelihara?

Memelihara adalah suatu tindakan yang dilakukan manusia yaitu dengan merawat hewan dengan sengaja tanpa adanya unsur tujuan ekonomi atau profit. Hewan tersebut dipelihara untuk tujuan hobi dan kesenangan semata. Banyak jenis hewan yang biasanya dijadikan hewan peliharaan. Salah satu jenis hewan yang banyak dipilih adalah ikan, terutama ikan mas koki.

Ikan koki adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara tidak hanya masyarakat Indonesia tapi juga masyarakat dunia. Ikan koki adalah ikan yang memiliki habitat asli di perairan Asia Timur, tepatnya di Tiongkok. Ikan koki menjadi salah satu hewan yang dikenal dengan simbol keberuntungan atau hoki. Maka dari itu banyak masyarakat yang berlomba-lomba memelihara ikan koki.

Tidak hanya melalui mitos ikan koki yang membawa pertanda keberuntungan bagi sang pemelihara. Nilai ikan koki cukup tinggi pada masyarakat. Ikan koki termasuk salah satu ikan yang jika dijual akan memiliki harga yang cukup tinggi. Maka dari itu masyarakat tidak hanya memelihara ikan koki saja. Namun masyarakat juga melakukan budidaya pada ikan ini.

Budidaya ikan ini tentunya dilakukan melihat besarnya peluang bisnis yang bisa diraih dan didapatkan setiap orang. Karena tingkat minat masyarakat dalam memelihara ikan koki cukup tinggi, maka beberapa pihak melakukan pengembangiangan ikan untuk akhirnya di jual kepada masyarakat. Tentu saja ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, bisnis ikan mas koki.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana kita bisa melakukan pengembangan jumlah terhadap ikan koki ini? Hingga akhirnya kita mendapatkan jumlah memuaskan untuk dapat diperjual belikan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan pemijahan. Pemijahan adalah nama lain dari pembibitan ikan koki. Berikut adalah langkah-langkah pemijahan:

Pemijahan ikan koki


  1. Memastikan bahwa induk-induk ikan koki berada pada masa yang matang atau siap untuk membuahi dan dibuahi. Untuk ikan koki jantan anda harus memperhatikan pada bagian sirip. Ikan koki jantan akan memiliki bintik-bintik putih pada bagian siripnya.
  2. Untuk tempat pemijahan ikan koki sendiri lebih fleksible dibandingkan ikan lain. Dalam pemijahan ikan koki, anda bisa melakukannya di akuarium, kolam semen atau bak fiber. Anda dapat memilih salah satu dari ketiga tempat tersebut.
  3. Untuk pemijahan ikan koki, lebih baik dilakukan pada sore hari. Hal ini tentu saja agar proses pemijahan dapat terjadi dengan lebih cepat. Pemijahan yang dilakukan oleh ikan koki terjadi pada malam hari.
  4. Anda harus menunggu selama dua hingga tiga hari. Dalam kurun waktu tersebut telur akan keluar dan tentu saja menetas dengan sendirinya. Telur-telur yang nantinya berhasil dibuahi akan berwarna bening. Sedangkan yang gagal akan berwarna putih.
  5. Setelah dua hingga tiga hari telur tersebut akan menetas dan munculah bayi ikan koki yang menyerupai larva. Larva tersebut tidak perlu dipisahkan dahulu dan anda juga tidak perlu memberikan makanan pada bayi ikan mas koki tersebut. Hal ini karena bayi-bayi ikan mas tersebut telah memiliki cadangan makanan di perut yang membuatnya dapat bertahan selama dua hari.
  6. Setelah melewati masa dua hari, anda harus memberikan makan larva-larva dengan kuning telut yang direbus selama beberapa hari. Setelah itu beberapa bertambah besar anda dapat memindahkan ikan-ikan kecil tersebut ke kolam lain.

Baca juga:

  • Tips budidaya ikan mas koki di akuarium

  • Tips cara membedakan jenis klamin ikan mas koki

  • Labels: Ikan mas koki

    Thanks for reading Tips Cara mengawinkan ikan mas koki secara mudah. Please share this article.

    Share:

    0 Komentar untuk "Tips Cara mengawinkan ikan mas koki secara mudah"