Cara mudah melihat Ciri-ciri Fisik ikan Louhan jantan dan betina

Membedakan antara louhan jantan dan betina

Manusia tentunya tidak hidup sendirian di dunia ini. Ada makhluk-makhluk lain yang mempunyai peran untuk menemani, membantu, juga melengkapi kehidupan manusia di dunia kini. Yaitu adalah hewan dan tumbuhan. Hewan tidak hanya sebagai salah satu makhluk untuk membantu konsumsi manusia namun juga memiliki fungsi sebagai binatang peliharaan.

Salah satu jenis hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan adalah ikan. Ikan adalah hewan yang hidup di air. Ikan pun memiliki berbagai jenis dan spesies, salah satu jenis yang banyak digandrungi masyarakat sebagai salah satu peliharaan adalah ikan louhan. Namun munculah berbagai pertanyaan bagi mereka yang tidak mengetahui ikan louhan. Apa itu ikan louhan? Bagaimana ciri fisik ikan louhan?

Kita pertama harus mengetahui seluk beluk tentang ikan louhan sendiri. Ikan louhan adalah sebuah ikan hias air tawar. Memiliki nama lain dalam bahasa inggris yang disebut sebagai flowehorn. Ikan ini memiliki habitat asli di perairan Malaysia dan Taiwan. Namun eksistensi dan penyebaran ikan ini sesungguhnya telah mencapai berbagai belahan dunia. Terutama bagi mereka para penggemar ikan.

Bagimanakah bentuk dari ikan louhan itu sendiri? Berikut adalah ciri fisik ikan louhan yang dapat diidentifikasi berdasarkan jenis kelamin mereka. Jantan dan betina

Ciri fisik Louhan Jantan dan Louhan Betina


Tips melihat perbedaan jenis klamin ikan louhan

Ikan Louhan Jantan

  1. Salah satu bagian yang menjadi ciri khas unik dari ikan louhan adalah tonjolan yang ada pada dahinya. Dalam masyarakat Indonesia sendiri tonjolan tersebut dipanggil nonong. Pada ikan louhan jantan, nonong pada ikan ini cenderung berukuran lebih besar dibandingkan miliki louhan betina.
  2. Ukuran tubuh louhan jantan biasanya akan lebih besar dibandingkan louhan betina. Tentu saja anda harus membandingkan dua louhan dengan umur yang sama.
  3. Anda juga dapat melihat melalui salah satu bagian tubuh louhan jantan. Anda dapat memperhatikan perut louhan. Jika perut louhan tersebut ramping dan tidak gendut menandakan bahwa louhan tersebut berjenis kelamin jantan.
  4. Cara keempat adalah dengan melihat kelamin dari ikan louhan. Untuk louhan jantan kelamin akan cenderung berbentuk menonjol keluar dan lancip.

Ikan Louhan Betina

  1. Berbeda dengan ikan louhan jantan, ikan louhan betina cenderung mempunyai nonong yang lebih kecil. Namun nonong tersebut tetaplah dapat dilihat dengan jelas,
  2. Dalam ukuran secara keseluruhan. Ukuran ikan louhan betina mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan ikan louhan jantan.
  3. Perbedaan lain juga terletak pada perut louhan betina. Perut milil louhan betina juga cenderung lembek dan gendut. Hal ini tentu saja karena perut luohan betina dipersiapkan untuk mengandung telur-telur ikan.
  4. Jenis kelamin yang dimiliki oleh louhan betina tentu juga berbeda bentuk dengan louhan jantan. Salah satu perbedaannya adalah bentuk kelamin louhan betina adalah kelamin berbentuk cekung atau agak bulat dan jika dilihat tidak selancip kelamin louhan jantan.

Baca juga: Jenis ikan louhan termahal dipasaran

Hal-hal tersebut adalah beberapa ciri fisik ikan louhan. Baik ciri fisik louhan jantan maupun betina. Untuk kalian yang ingin memelihara louhan tentu saja ciri fisik seperti ini adalah hal yang wajib untuk diketahui. Mengapa? Tentu saja agar anda tidak salah dalam memilih ikan louhan untuk dipilih. Jangan sampai anda yang ingin mengembangkan ikan louhan malah membeli dua louhan dengan jenis kelamin yang sama. Anda tidak akan mencapai tujuan anda. Maka dari itu cara yang harus dilakukan adalah dengan mengetahui betul ciri-ciri fisik tersebut.

Labels: Ikan Louhan

Thanks for reading Cara mudah melihat Ciri-ciri Fisik ikan Louhan jantan dan betina. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara mudah melihat Ciri-ciri Fisik ikan Louhan jantan dan betina"