Ini dia Ciri Fisik Ikan Mas Koki jantan dan betina

Jenis klamin antara jantan dan betina ikan koki

Manusia hidup berdampingan dengan dua jenis makhluk hidup lain. Kita biasanya menyebutnya sebagai hewan dan tumbuhan. Tentu saja eksistensi kedua makhluk ini mempunyai makna dan peran dalam kehidupan manusia. Kedua makhluk ini memberikan banyak kontribusi untuk kelangsungan hidup manusia. Salah satunya adalah sebagai bahan makanan, perabot, hingga sebagai peliharaan.

Peliharaan adalah sebutan yang diberikan pada hewan tertentu yang memang sengaja dirawat oleh manusia. Hewan ini biasanya tidak dikomersialkan atau tidak untuk tujuan tertentu selain hobi atau kesenangan. Salah satu jenis hewan yang banyak menjadi peliharaan adalah ikan mas koki. Mengapa ikan mas koki? ciri fisik ikan mas koki jantan dan betina dapat dianggap cukup menarik.

Sebelum kita membahas ciri fisik ikan mas koki ada baiknya jika kita membahas tentang sebenarnya apakah itu ikan mas koki. Ikan mas koki adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak dipelihara di banyak negara di dunia. Namun ikan mas koki pertama ditemukan di perairan asia timur. Lebih tepatnya di Tiongkok.

Ikan ini banyak menjadi salah satu hewan peliharaan karena dianggap sebagai salah satu pertanda hoki atau keberuntungan bagi siapapun yang memeliharanya. Hal ini dasari oleh fengshu Cina, atau yang bisa kita sebut dengan budaya kepercayaan di Cina. Namun walaupun ini hanyalah kepercayaan semata banyak masyarakat yang akhirnya ikut memelihara ikan jenis ini.

Salah satu yang dikatakan pada fengshu cina adalah akan lebih beruntung lagi bagi mereka yang memilih ikan koki dengan jambul merah. Ada juga desas desus lain jika anda memelihara ikan koki sebanyak delapan buah dan salah satunya mempunyai tubuh berwarna hitam akan membantu anda menggiring kesialan pergi.

Begitulah beberapa informasi tentang ikan koki. Untuk kalian yang ingin tahu tentang fisik ikan mas koki berikut adalah ciri fisik ikan mas koki jantan dan betina

Ciri Fisik Mas Koki Jantan dan Mas Koki Betina


Ikan adalah salah satu hewan yang cukup sulit dibedakan jenis kelaminnya. Namun tetap ada beberapa ciri fisik khusus yang dapat dilihat oleh manusia.

Ikan Mas Koki Jantan

  1. Ikan Mas koki jantan mempunyai perbedaan pada sirip. Kebanyakan ikan koki jantan akan memiliki sirip dengan bintik-bintik putih pada bagian sisi siripnya.
  2. Anda harus memperhatikan anus ikan mas koki. Pada ikan mas koki jantan, memiliki kecenderungan anus berpenampakan agak rata.
  3. Pada ikan mas koki jantan, mempunyai bentuk tubuh secara keseluruhan yang berbeda dengan ikan mas koki betina. Ikan mas koki jantan akan cenderung ramping.

Ikan Mas Koki Betina

  1. Untuk ikan mas koki betina tentunya berbeda dari ikan mas koki jantan. Pada bagian sirip ikan mas koki betina tidak akan ditemukan bintik-bintik putih pada sirip alias mulus.
  2. Pada bagian anus, tentu saja ada perbedaan antara ikan mas koki jantan dengan ikan mas koki betina. Bentuk anus ikan mas koki betina akan lebih menonjol dibandingkan dengan ikan mas koki jantan.
  3. Bentuk juga postur tubuh yang dimiliki oleh ikan mas koki betina juga berbeda dengan yang jantan. Ikan mas koki betina akan cenderung mempunyai bentuk tubuh bulat dan sedikit gendut. Hal ini dapat terlihat dengan jelas jika anda membandingkan kedua ikan secara langsung.

Baca juga: Tips budidaya ikan mas koki di akuarium

Nah beberapa poin tersebut adalah ciri fisik ikan mas koki jantan dan betina apa saja yang dapat digunakan sebagai acuan. Untuk itu sebaiknya anda memilih dengan hati-hati dan jangan sampai salah mengenai jenis kelamin ikan mas koki.

Baca juga: Tips cara mengawinkan ikan koki untuk budidaya

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading Ini dia Ciri Fisik Ikan Mas Koki jantan dan betina. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Ini dia Ciri Fisik Ikan Mas Koki jantan dan betina"