Inilah Jenis Ikan Mas Koki Termahal saat ini di pasaran

Daftar Jenis Ikan Mas Koki dengan harga Termahal

Tidak bisa dipungkiri, ada banyak kegiatan yang pada awalnya berupa hanya hobi saja kini menjadi salah satu mata pencaharian dan bahkan bisnis yang cukup menggiurkan. Sebut saja di antaranya adalah hobi memelihara ikan hias. Meski sempat booming di era tahun 2000-an, kini budidaya ikan hias kembali menjadi salah satu bisnis yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Maka tidak aneh hal tersebut menjadikan beberapa penggiat juga mereka yang pada dasarnya memiliki hobi beternak ikan mulai melirik ikan mas koki sebagai lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Hal ini semakin ditambah beberapa fakta unik bahwa ikan mas koki merupakan ikan yang sudah tidak asing di anak-anak kecil dikarenakan bentuk dan warnanya yang menarik dan sedap dipandang mata.

Meski harga ikan mas koki termahal yang ada di Indonesia belum bisa menyaingi dominasi ikan arwana atau ikan koi atau bahkan berbagai jenis ikan hias lainnya, akan tetapi hal itu sama sekali tidak menyurutkan niat para pebisnis untuk menaruh modalnya di lahan bisnis ikan hias, terutama ikan mas koki.

Sering pula kita lihat betapa popularitas ikan mas koki sudah merambah ke berbagai pelosok, baik di depan sd, di pasar, di kolam depan pekarangan rumah atau bahkan di ruang tamu sekalipun, karena konon memiliki dan memelihara ikan mas koki bisa sebagai pembawa keberuntungan, baik dalam hal rejeki atau bahkan peruntungan usaha.

Akan tetapi ada banyak faktor yang menyebabkan ikan mas koki begitu naik nilainya, di antaranya saja karena warnanya yang beragam, baik merah, oranye, bahkan hitam. Belum lagi ditambah dengan bentuknya pun yang beragam. Baik dari buntut ekornya, siripnya, bentuk kepalanya yang unik, hingga badannya pun menjadi nilai estetika tersendiri kenapa ikan mas koki begitu menarik.

Harga Ikan Mas Koki Termahal


Gambar ikan mas koki termahal dipasaran

Berikut beberapa jenis ikan mas koki termahal yang bisa menjadi acuan bagi Anda untuk memulai bisnis atau usaha budidaya ikan mas koki.

Ikan Mas Koki Fantail.

Ikan mas koki jenis ini bukan hanya digemari di Indonesia melainkan juga di beberapa negara lain seperti Jepang atau Cina. Memiliki warna campuran yang cantik, berupa merah, hitam dan kadang ada yang abu-abu di berbagai daerah badannya. Baik di sirip, ekor atau bahkan di area punggungnya, ikan mas koki Fantail berharga Rp 30.000 per ekornya.

Ikan Mas Koki Wakin.

Sedikit berbeda dengan ikan mas koki pada umumnya, Wakin memiliki postur tubuh mirip dengan ikan mas koi yang sedikit memanjang dan agak lebih besar daripada ikan mas koki pada umumnya. Didominasi oleh warna merah dan putih, harga ikan mas koki wakin sekitar Rp 45.000 per ekornya.

Ikan Mas Koki Lionhead.

Diambil dari namanya sendiri, mungkin Anda sudah mempunyai gambaran akan seperti apa bentuknya bukan? Betul sekali, Lionhead memiliki ciri daging yang ada di sekitar kepalanya. Belum lagi ditambah dengan bentuknya yang agak bulat, Lionhead sama sekali tidak mempunyai sirip di punggungnya melainkan di bagian tubuh lainnya.

Kalau untuk harga, jangan ditanya. Karena Ikan Mas Koki Lionhead ternyata cukup tinggi untuk ukuran ikan mas koki, Karena memang bentuknya yang unik dan memiliki karakter kesulitan sedikit lebih tinggi dalam hal budidayanya dibanding ikan mas koki lainnya. Untuk harga sebuah ikan cantik ini, kurang lebih akan dihargai sekitar Rp 50.000 hingga Rp 120.000 per ekornya.

Baca Juga : Jenis Ikan Mas Koki Terlengkap

Ikan Mas Koki Mata Balon atau Bubble Eye.

Meski memiliki bentuk mata yang unik, akan tetapi harga seekor ikan mas koki jenis ini tidaklah semahal lionhead. Ciri paling khasnya mungkin adalah kedua bola matanya yang menggelembung mirip sebuah balon. Untuk harganya, ikan mas koki mata balon dihargai Rp 40.000 hingga Rp 75.000 per ekornya.

Ikan Mas Koki Ryukin.

Memiliki karakteristik keunikan tubuhnya yang lonjong ke bawah serta kepalanya yang kecil. Untuk seekornya, konon akan dihargai Rp 80.000 per ekornya. Memang cukup mahal untuk ukuran mas koki karena budidayanya masih terbilang cukup sulit.

Selain 4 ikan mas koki di atas, yang memang cukup lazim ditemukan di Indonesia. Ada pula ikan jenis mas koki lainnya yang memiliki nilai tinggi. Akan tetapi mengingat budidayanya serta penjualannya yang amat terbatas maka tidak banyak yang didapat selain nama jenisnya saja. Karena untuk harga, akan sangat bervarisi mengikuti kecantikan serta keindahan bentuk masing-masing ikan mas koki.

Baca juga: Cara Pilih Ikan Mas Koki untuk Dipelihara

Meski demikian, Anda tidak perlu gusar ketika mengetahui harga masing-masing ikan mas koki tersebut yang cukup tinggi. Karena ikan mas koki termahal sekalipun, pastinya akan membutuhkan perawatan serta pengecekan secara rutin dan berkala. Karena bukan tidak mungkin, harga ikan mas koki tersebut akan jatuh ketika, ikan mas koki Anda sakit atau diserang penyakit.

Labels: Ikan mas koki

Terimakasi telah membaca Inilah Jenis Ikan Mas Koki Termahal saat ini di pasaran. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Inilah Jenis Ikan Mas Koki Termahal saat ini di pasaran"