4 Jenis Penyakit Ikan Mas Koki Dan Cara Mengobatinya

Gambar ikan mas koki sakit

Topikanguppy.com - Meski banyak pendapat orang awam yang menyatakan bahwa ikan mas merupakan ikan yang mudah mati, hal tersebut tidak sepenuhnya betul. Karena pada kenyataannya ikan mas koki sendiri merupakan ikan yang cukup tahan lama dan hampir kebanyakan penyebab kematiannya adalah keteledoran pemiliknya sendiri.

Sebut saja di antaranya adalah minimnya asupan oksigen yang terkandung dalam air kolam atau akuarium tempat ikan mas koki hidup. Hal tersebut tentunya bisa dipecahkan dengan mengatur aerator serta memperhatikan sirkulasi air yang keluar dan masuk untuk si ikan mas koki. Selain itu pula, menjaga dan merawat kondisi air, baik tingkat keasaman atau bahkan suhunya sehingga rentan terkena penyakit.

Ada banyak contoh penyakit ikan mas koki, yang mana hal itu bisa menjadi faktor utama penyebab kematian ikan mas koki, akan tetapi tidak serta merta menjadikan hal-hal kecil menjadi terlupakan begitu saja. Sebagai contoh utama adalah menjaga kebersihan air, jika air tercemar atau kotor maka ikan mas koki pun akan rentan terkena jamur, parasite hingga berakibat kematian.

Air yang sudah tercemar zat atau unsur berbahaya bisa saja akan menyebar ke seisi kolam atau penghuni lainnya dan menyebabkan kematian. Cara penanggulangan paling mudah adalah dengan rutin mengganti air setelah memperhatikan apakah air kolam sudah seharusnya diganti atau belum. Pengamatan lainnya adalah dengan memperhatikan gerak gerik ikan apakah lemas atau tetap aktif.

Lalu bagaimana caranya kita mendeteksi kalau ternyata ikan mas koki sedang sakit atau terpapar penyakit? Tentunya hal ini bisa dilihat dari perubahan ikan mas koki yang biasanya cukup agresif mendadak berubah sangat pasif, kadang diam di dasar kolam dan malas untuk naik ke atas. Serta biasanya dilihat juga dari perubahan warna kulitnya yang menjadi pucat dan tidak jernih.

Cara Melakukan Diagnosa pada Penyakit Ikan Mas Koki


Hal lainnya yang bisa menjadi diagnosa jika ikan mas koki sedang sakit adalah dengan berubah drastisnya nafsu makannya, ditambah dengan jika kita melihat dengan teliti apakah sirip serta ekor ikan mas koki tersebut rusak, robek, atau apakah ada bercak merah seperti berdarah. Hal-hal tersebut pada umumnya sudah menjadi indikasi jika ikan mas koki terkena penyakit.

Baca juga: Ini dia Jenis ikan mas koki termahal

Di bawah ini ada beberapa penyakit yang bisa menjadi momok bagi ikan mas koki peliharaan Anda di rumah:

1. White Spot


White spot kerap disebut dengan bintik putih memang sama seperti namanya, akan mengakibatkan bintik-bintik putih secara acak dalam jumlah banyak di sekujur tubuh ikan mas koki Anda. Efeknya sendiri menyebabkan ikan akan merasa gatal dan tidak jarang mencoba menggosok-gosokkan badannya ke dinding kolam atau akuarium.

Pada ikan yang sudah terpapar white spot tingkat berat, akan menimbulkan selaput putih dan akan membuat pasif ikan itu sendiri, baik dalam hal makan maupun gerakannya. Cara mengobatinya adalah dengan membuatkan larutan methylene blue dengan perbandingan 1 gram dicampur 100 cc air.

Cukup mengambil beberapa tetes dari larutan tersebut dan kembali mencampurnya dengan air tempat ikan mas koki (jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer). Taruh ikan mas koki di dalamnya dan diamkan selama 24 jam. Ulangi hal ini jika penyakit ikan mas koki ini masih ada.

2. Bakteri Pseudomonas atau biasa disebut dengan borok ikan


Gejala awalnya akan menimbulkan pendarahan di kulit ikan juga di sekitar sirip, tidak jarang akan memborok hingga memakan sirip hingga habis. Tentunya hal tersebut akan membuat sulit gerakan ikan dan merasa sakit.

Cara penanggulangan yang paling umum adalah dengan cara mencampurkan oxytetracylin dengan perbandingan 25 mg dalam setiap kilogram pakan ikan, cukup berikan hal tersebut dalam beberapa hari ke depan. Biasanya akan hilang setelah 8-10 hari perawatan. Serta jangan lupa untuk tetap rutin mengganti air.

3. Jamuran


Secara fisik tubuh ikan akan terlihat seperti ditutupi selaput putih di daerah kepala, insang dan sirip. Cara pengobatannya adalah dengan memindahkan ikan yang terpapar penyakit di dalam larutan malachite green dengan perbandingan 3 gram/m3 selama 20 menit. Umumnya penyakit ini akan sangat jelas nampak saat suhu dingin.

4. Penyakit Lubang


Ditandai dengan munculnya lubang di tubuh ikan, lama kelamaan lubang ini akan semakin panjang dan tidak jarang berlendir. Hal ini akan jelas tampak di sekitar sirip dan sisik ikan hingga terkelupas.

Cara pengobatannya, segera pindah dan karantinakan ikan yang sakit dan mencampur air dengan larutan garam (jangan terlalu banyak dan secukupnya saja). Memberi pakan ikan dengan tinggi nutrisi seperti udang atau cacing darah.

Baca juga: Tips mudah Memelihara dan Merawat ikan mas koki

Tentunya tidak seluruhnya kematian ikan mas koki adalah kesalahan pemiliknya, melainkan ada banyak hal seperti pada umumnya kematian disebabkan oleh penyakit ikan mas koki itu sendiri. Akan tetapi hal-hal di atas setidaknya bisa menjadi gambaran betapa ikan mas koki pun membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra.

Labels: Ikan mas koki

Thanks for reading 4 Jenis Penyakit Ikan Mas Koki Dan Cara Mengobatinya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "4 Jenis Penyakit Ikan Mas Koki Dan Cara Mengobatinya"