8 Cara mudah Memelihara Ikan Arwana Bagi Pemula

Gambar ikan arwana

Memelihara ikan arwana memang memiliki ceritanya tersendiri, baik senang maupun duka. Terlebih bagi mereka yang memang sudah cukup khatam di hobinya memelihara ikan hias. Akan tetapi memang tidak bisa dipungkiri, ikan arwana sebagai salah satu ikan hias mempunyai daya tariknya tersendiri, sehingga bagi mereka yang belum terbiasa memelihara ikan hias pun akan tergiur untuk mencobanya.

Tubuhnya yang bisa memanjang hingga 90 cm, atau beberapa ikan arwana tertentu bisa mencapai 250 cm, memang memiliki daya magis tersendiri bagi yang melihatnya. Belum lagi warna serta gerakannya yang elegan, tidak bisa dipungkiri menjadikan hal tersebut adalah keunggulan dibanding ikan hias air tawar lainnya.

Tidak perlu lagi disebut, tentang seberapa mahal harga atau nilai ikan arwana ini. Karena memang ikan arwana selain menjadi salah satu komoditas ikan hias bernilai tinggi, penampilan serta gerakannya pun tidak ayal sedikit kurangnya akan mengundang decak kagum mereka yang melihat langsung. Selain dengan tampilan warna serta penyematan salah satu predator air tawar pasti membuat Anda tersenyum.

Akan tetapi ikan arwana jelas berbeda dengan ikan air tawar lainnya, bukan saja karena karakteristiknya yang karnivora, pun memang karena habitat aslinya dengan pH tertentu, belum lagi ditambah dengan suhu airnya yang membutuhkan pengamatan serta perawatan ekstra. Tetapi Anda tidak perlu berkecil hati, sejatinya siapapun bisa memeliharanya asal tetap tekun dan rajin membaca serta bertanya.

Baca Juga : Ikan Arwana Paling Populer di Indonesia

Meski demikian hal paling utama yang dibutuhkan dalam ikan arwana adalah air serta jenis makananannya nanti. Hindari memberikan makan yang terlampau besar untuk ukurannya dan juga mungkin terlalu kecil, jaga agar naluri berburunya tetap ada. Dengan cara makanan hidup jangan langsung dimasukkan ke dalam air akan tetapi ditaruh mengambang atau digantung, meski jangan terlalu tinggi.

Tips Bagi Para Pemula dalam Memelihara Ikan Arwana

Meski demikian, berikut ada beberapa cara mudah bagi para pemula untuk memulai memelihara ikan jenis arwana:

  1. Perhatikan ukuran akuarium, mengingat ikan arwana membutuhkan ruang yang cukup luas untuk bergerak leluasa, akan lebih baik Anda memperhatikan dan melebihkan ruang akuarium untuk ikan arwana tersebut. Cari akuarium yang memiliki tutupnya dan ada celah untuk udara masuk. Dikarenakan ikan arwana memiliki naluri melompat dari air untuk makan.
  2. Untuk apapun jenis arwana nantinya, pastikan air akuarium harus selalu dalam keadaan bersih, dalam artian tidak berbau dan berwarna. Untuk hal ini membutuhkan pengamatan secara rutin agar tidak ada sampah bekas makanan sisa ikan atau lumut yang menempel di dinding maupun dasar akuarium.
  3. Pilih anakan ikan arwana yang sehat dan agresif. Anda bisa mencobanya memberi makan terlebih dahulu ketika akan memilihnya, ambil yang aktif dan reaksi cepat ketika melihat makanan. Untuk jenisnya, ada baiknya Anda memilih silver arwana atau green arwana terlebih dahulu karena karakternya dan perawatannya yang tidak terlalu sulit dibanding ikan arwana jenis lainnya.
  4. Tempatkan akuarium di tempat yang tidak terlalu mendapat sinar matahari langsung, sinar lampu terlalu dekat dengan akuarium dan sebaiknya ditaruh di tempat yang tenang dan tidak terlalu bising.
  5. Tips memelihara ikan arwana lainnya adalah memberikan makan. Hal ini bisa menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan, mengingat ikan arwana cukup agresif dan lahap ketika makan. Coba berikan ikan kecil, jangkrik atau pakan-pakan lainnya yang hidup. Hindari memberi makan ikan arwana satu jenis makanan saja karena nantinya menjadi sulitan untuk mencoba yang lain.
  6. Perhatikan secara berkala suhu dan pH air. Suhu sebaiknya dijaga antara 25 30ยบ dan pH antara 6 7. Karena dikhawatirkan akan membuat ikan arwana sakit jika terlampau dingin atau bahkan terlalu panas. Hal lainnya adalah ditakutkan akan menimbulkan tempat bagi parasit, jamur atau lumut jika terlalu dingin.
  7. Saat mengganti air, jangan langsung seluruhnya. Ada baiknya untuk sekitar 30-50% saja terlebih dahulu. Selalu gunakan air sumur atau air tanah, jika tidak ada maka air PDAM atau air galon pun tidak apa asalkan Anda sudah mengendapkannya terlebih dahulu selama kurang lebih 24 jam. Hal ini berguna untuk menghilangkan bau dan zat lainnya yang sekiranya ada pada air tersebut.
  8. Hiasan dalam akuarium usahakan jangan terlalu ramai atau sepi. Hal ini berfungsi untuk menjaga gerak ikan arwana itu sendiri. karena hiasan yang terlalu banyak akan membuatnya sulit bergerak secara elegan.

Baca juga: Tips cara mudah ternak ikan arwana untuk pemula

Dalam hal makan, sebaiknya tidak terlalu banyak memberikan porsi berlebih untuk ikan arwana. Hal ini dikhawatirkan akan membuatnya malas bergerak dan tidak agresif. Juga untuk makanan hidup, ada baiknya membuang terlebih dahulu bagian-bagian yang sekiranya akan membuatnya terluka. Seperti duri (jika ada). Meskipun sedikit repot, memelihara ikan arwana jika berhasil terbukti menghilangkan stress.

Labels: Ikan arwana

Terimakasi telah membaca 8 Cara mudah Memelihara Ikan Arwana Bagi Pemula. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "8 Cara mudah Memelihara Ikan Arwana Bagi Pemula"