5 Cara Ternak Ikan Arwana Di Akuarium secara mudah

Cara ternak ikan arwana di akuarium

Ikan arwana, merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer keberadaannya di Indonesia dan selain itu juga memiliki daya nilai jual yang cukup menggiurkan bagi banyak orang. Oleh karenanya menjadi amat tidak aneh ketika budidaya ikan arwana menjadi sangat booming di era tahun 90-an. Meski demikian, karena nilainya tersebut lah, ikan arwana tetap menjadi salah satu ikan hias yang dicari.

Cara ternak ikan arwana pun beragam, mulai dari kolam luar ruang hingga akuarium yang berada di ruang tamunya pun bisa menjadi salah satu solusi untuk beternak ikan yang satu ini. Karena sebenarnya, membudidayakan ikan arwana tidaklah sesulit yang dibayangkan, sebaliknya malah cukup sederhana asal Anda cukup rutin dan rajin merawat serta mengeceknya.

Karena ikan arwana memiliki nilai yang cukup tinggi, maka tidak jarang para pemula yang ingin membudidayakannya terburu tergiur keuntungan yang akan didapatkan sehingga tidak memikirkan sisi mudah-sulitnya saat merawat atau pada saat membesarkan benih ikan arwana itu sendiri. namun demikian ada baiknya Anda memperhatikan sisi ekonomis serta kemudahannya terlebih dahulu.

Hal-hal Yang Diperlukan dalam Menernakkan Arwana di Akuarium

Terlepas dari nilai biaya yang akan dikeluarkannya, di sini kita akan membahas satu persatu apa saja yang dibutuhkan guna mempersiapkan budidaya ikan arwana. Di antaranya adalah:

1. Tentukan tempat dan peralatannya

Apakah Anda ingin menternakkan di kolam luar ruang atau cukup di akuarium dalam ruang saja. Karena hal tersebut akan berbeda dari sisi modal biaya yang akan dikeluarkan. Belum lagi dengan mempersiapkan peralatan seperti heater, filter, aerator, tentunya akan membutuhkan biaya yang sama sekali tidak sedikit.

2. Memilih dan mempersiapkan jenis ikan arwana yang akan dibudidayakan.

Sebagai saran untuk yang baru akan memulainya, akan lebih baik untuk memilih silver arwana. Hal ini dikarenakan karakter silver arwana yang tidak seagresif arwana-arwana lainnya dan juga harganya tidak sefantastis arwana lainnya. Percayalah, jangan tergiur karena hasil akhir nantinya.

Belum lagi ditambah ada jenis-jenis arwana lainnya yang akan menjadi lebih agresif ketika digabung dengan arwana lainnya, akan tetapi silver arwana cukup kalem, serta silver arwana terbukti tidak sesulit arwana jenis lainnya.

Baca Juga : Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Ikan Arwana dan Cara Mengobatinya

3. Memilih Jenis dan Mempersiapkan Indukannya

Cara ternak ikan arwana berikutnya setelah memilih jenisnya adalah dengan mempersiapkan indukannya, akan tetapi sebagai gambaran saja Anda bisa mencoba membesarkan ikan arwana sebagai salah satu alternatif bisnis ikan arwana. Karena selain risikonya cukup kecil, Anda juga bisa mendapatkan bibit arwana dengan harga relatif cukup murah.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari hanya membesarkan ikan saja. Missal, Anda membeli ikan arwana kecil dengan panjang 15 cm, di sini Anda akan berusaha membesarkannya hingga mencapai panjang 20 cm. Harga selisihnya pun cukup lumayan, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit pula.

Akan tetapi jika Anda tetap bersemangat untuk memulainya dari indukannya, sama sekali tidak ada salahnya. Anda bisa mendapatkan induk yang sudah siap dibuahi/membuahi di beberapa peternak ikan, rata-rata mereka menjualnya sudah sepasang, sehingga Anda tidak perlu lagi pusing menentukan mana jantan atau betinanya.

4. Berasumsi kalau ikan arwana tersebut sudah bertelur

Maka benih-benih ikan arwana yang berukuran kira-kira 1-2 cm sudah bisa diberi makan cacing sutera dan Anda bisa segera memisahkannya dari induknya ketika sudah memiliki panjang sekitar 12-15 cm. Hal ini konon katanya agar indukan ikan arwana tidak memakan benih-benih tersebut saat sedang lapar.

Saat seperti memiliki panjang sekitar 12-15 cm Anda pun bisa memisahkan tempatnya dan sedikit memberinya area yang terkena sinar matahari pagi, juga ini berguna untuk membentuk warna alami dari si ikan arwana itu sendiri, meski demikian, hal ini Anda bisa menentukannya sendiri apakah akan diikuti atau tidak.

5. Memilah ukuran ikan arwana

Memisahkan ikan arwana kecil juga membutuhkan akuarium yang tidak kecil ukurannya, akan lebih baik jika Anda memberikan ruang yang cukup lebar dan besar bagi mereka. Karena dikhawatirkan akan menubruk dinding pembatas, sehingga akan membuatnya terluka. Juga agar mereka tidak panik ketika berada di ruang yang cukup luas seperti halnya habitat aslinya.

Juga hal ini berfungsi agar ikan-ikan kecil tersebut mendapat asupan makanan yang cukup karena makanan untuk arwana kecil dan besar tentunya membutuhkan effort yang berbeda pula. Semestinya beberapa hal di atas sudah cukup bagi Anda mendapatkan gambaran bagaimana cara ternak ikan arwana, atau Anda pun bisa mendapatkan berbagai info tambahan mengenai hal ini di berbagai toko buku yang khusus membahas tentangnya.

Akan tetapi hal yang patut Anda perhatikan adalah modal biaya yang tidak sedikit serta perawatannya yang membutuhkan rutinitas yang mungkin membuat Anda cukup lelah. Bagaimana tidak, Anda diharapkan selalu memantau perkembangannya dari benih hingga besarnya dan memperhatikan asupan makanan yang didapatkannya.

Labels: Ikan arwana

Terimakasi telah membaca 5 Cara Ternak Ikan Arwana Di Akuarium secara mudah. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "5 Cara Ternak Ikan Arwana Di Akuarium secara mudah"