4 Jenis Ikan Arwana Yang Populer Dipelihara oleh orang indonesia

Jenis Ikan Arwana Yang Populer Dipelihara di indonesia

Hampir semua masyarakat di Indonesia sudah dipastikan mengenal jenis ikan yang satu ini, ikan arwana atau arowana sendiri memang sudah ada di hampir kebanyakan ruang tamu atau kolam pribadi orang Indonesia sejak tahun 80-an dan mulai booming di era 90-an. Hingga sekarang pun, ikan arwana kerap dianggap ikan pembawa keberuntungan, oleh karenanya tidak aneh ikan ini tetap in sampai saat ini.

Meski jenis ikan arwana cukup banyak yang tersebar hampir di seluruh dunia, namun demikian kita haruslah berbangga hati dengan memiliki hampir semua spesiesnya. Tercatat hingga kini sudah ada 10 spesies ikan arwana, 2 spesies dari Australia, 3 spesies dari Amerika Selatan, 4 spesies dari Asia Tenggara dan 1 spesies di daerah Afrika.

Ikan arwana sendiri memiliki fisik yang cukup unik di antara ikan air tawar lainnya, di antaranya memang karakter badannya yang memanjang dan cukup besar. Belum lagi ditambah dengan sisiknya yang cukup besar dan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang melihatnya dikarenakan warnanya yang beragam tergantung jenisnya sendiri.

Bagi mereka yang menekuni hobi ikan hias, terutama ikan arwana tentunya cukup tahu dengan kondisi sisiknya, yang kemudian hal tersebut menjadikan dan menentukan kualitas si ikan tersebut. Baik yang berwana perak (silver), merah (red) atau bahkan hijau (green). Karena dari warna sisik itulah kita bisa menentukan apa jenis arwana itu sendiri.

Hingga kini cukup banyak orang membudidayakan ikan arwana, juga tidak jarang kita banyak menemukan orang yang mencoba mengawin silangkan ikan arwana jenis tertentu dengan jenis lainnya dengan harapan akan mendapatkan varietas baru yang membuat nilainya fantastis dan juga karena hobi tentunya.

Jenis Ikan Arwana yang Memiliki Nilai Fantastis


Meski perawatan apalagi budidaya ikan arwana tergolong sulit, namun ternyata tidak menyurutkan nyali hampir kebanyakan penggemar budidaya ikan hias semakin tertantang. Apalagi memang nilai jual ikan arwana hingga kini masih tergolong cukup fantastis, apalagi jika ikan arwana tersebut memiliki warna sisik yang berkilau.

Baca juga: Jenis penyakit ikan Arwana dan tips cara mengobatinya

Akan tetapi ada banyak hal yang menjadikan nilai ikan ini sedemikian fantastisnya, salah satunya adalah dilihat dari jenis ikan arwana itu sendiri. Berikut beberapa jenisnya:

1. Red Tail Golden Arwana


Gambar Arwana Emas Ekor Merah

Arwana yang biasa disebut Arwana Emas Ekor Merah ini memiliki habitat asli di daerah Indonesia, khususnya di pulau Sumatera. Pada umumnya jenis ikan arwana satu ini berkembang biak di danau dan di sekitaran lahan gambut/lahan basah.

Ikan arwana satu ini memiliki karakteristik berwarna dasar gelap dengan sisiknya berwarna keemasan, disinyalir warna ini timbul dikarenakan pH air sekitarnya yang kurang dari 6 dan merupakan hasil dari kandungan tanin serta tumbuhan yang telah lama terendam dan mengalami pembusukan sehingga warnanya pun berubah seiring waktu.

Arwana jenis ini cukup menjadi daya tarik tersendiri bagi para penyuka hobi ikan hias arwana dikarenakan agresivitasnya yang tinggi serta mempunyai daya bertahan hidup yang cukup besar. Sayangnya ikan arwana jenis ini seringkali diburu orang dan menjadikannya salah satu endangered species atau terancam kepunahannya.

2. Super Red Arwana


Gambar ikan Arwana Merah

Jenis ini sering disebut dengan Arwana Merah, merupakan salah satu ikan yang memiliki habitat asli di daerah Kalimantan Barat. Cukup mudah dikenali dari penampilan warnanya yang merah cerah hampir di sekujur tubuhnya. Hampir sama dengan saudaranya di pulau Sumatera, arwana ini pun menyukai pH kurang dari 6.

Meski tidak semua jenis ini memiliki warna sisik yang mencolok, akan tetapi hampir dipastikan jenis arwana merah memiliki warna yang sedap dipandang mata, baik letak warnanya di bagian ekor atau bahkan hanya berupa semburat saja. Fakta unik mengenai jenis ini, adalah harganya yang cukup fantastis meski bukan arwana jenis langka lainnya dikarenakan warnanya yang unik.

3. Arwana Papua


Gambar ikan Arwana Papua

Meski secara warna tidak semencolok arwana jenis lainnya, Arwana Papua memiliki karakteristik sisiknya yang lebih kecil dari saudara-saudaranya, akan tetapi memiliki kelebihan kilauan warnanya sehingga sering disebut pula ikan arwana mutiara.

Memiliki varian arwana mutiara merah (red pearl arwana) dan arwana mutiara hijau (green pearl arwana), kilauan ini akan tampak jelas ketika terkena cahaya matahari atau lampu. Arwana papua juga dikenal amat agresif, sehingga tidak disarankan untuk digabung dengan ikan arwana jenis lainnya.

4. Silver Arwana


Gambar Silver Arwana

Untuk jenis ini memang yang paling lazim dipelihara oleh kebanyakan orang. Selain memang cukup mudah sehingga disarankan bagi para pemula, juga karena memang nilainya tidak sefantastis arwana lainnya. Juga karena karakteristiknya yang tidak seagresif saudara-saudaranya yang lain.

Berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan, arwana ini pada awalnya malah sedikit berwarna gelap pada saat baru menetas, hingga lambat laun sisiknya mulai berubah warna menjadi keperak-perakan.

Baca juga artikel: Tips mudah cara memelihara ikan arwana

Demikian artikel tentang informasi jenis ikan arwana yang paling populer dipelihara. semoga dapat membantu anda yang bingung saat akan memilih untuk memelihara ikan arwana.

Labels: Ikan arwana

Thanks for reading 4 Jenis Ikan Arwana Yang Populer Dipelihara oleh orang indonesia. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "4 Jenis Ikan Arwana Yang Populer Dipelihara oleh orang indonesia"