Cara Memelihara dan Merawat Ikan Neon Tetra dengan Mudah

Ikan Neon Tetra merupakan ikan hias yang sangat digemari aquascaper untuk dipelihara di dalam akuarium hias. Ikan ini berukuran kecil biasanya ukurannya hanya 3 cm saja. Namun meskipun ukurannya kecil, ikan hias air tawar ini memiliki keindahan yang tak sangat mempesona.

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra


Ikan ini berasal dari Amerika Selatan, lebih tepatnya pertama kali ditemukan di lembah sungai Amazon. Ikan Neon ini hidup di alam bebas hidup pada air dengan suhu 26 derajat celsius. Ciri khas dari ikan ini adalah memiliki 2 warna, pada bagian atas berwarna biru perak berkilauan dan bagian bawah tubuh ikan tetra dipenuhi dengan warna merah kecokelatan.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan Neon Tetra, anda bisa membelinya dengan harga yang murah, harga ikan ini di pasar ikan hias biasanya berkisar Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per ekornya. Dengan harga segitu, pastinya Anda tertarik untuk membeli lebih dari 1 ekor, karena ikan neon tetra ini akan terlihat bagus jika berkelompok, paling tidak 15 ekor ikan sudah lebih dari cukup untuk akuarium ukuran kecil.

Dengan harga yang murah serta warna ikan yang menarik, ikan ini ternyata juga cukup kebal terhadap bermacam penyakit yang umumnya menyerang ikan hias akuarium lainnya. Nah karena ikan ini cukup kebal terhadap berbagai serangan penyakit, ikan jenis ini cocok untuk Anda yang baru belajar memelihara ikan hias, karena ikan ini kebal pastinya dapat mengurangi resiko kematian pada ikan hias.

Cara memelihara ikan hias neon tetra tidak cukup sulit loh, sangatlah mudah, terlebih ikan ini sangat mudah untuk beradapatasi dengan lingkungan barunya. Baiklah, tidak usah panjang lebar lagi, sekarang kita bahas cara memelihara ikan neon tetra supaya hidup sehat dan tidak mudah mati.

Baca Juga : Perbedaan Ikan Neon Tetra Jantan dan Betina

Cara Memelihara Ikan Neon Tetra


Mempersiapkan Akuarium


Sebelum memelihara ikan neon tetra, sebaiknya persiapkan akuraium dengan ukuran yang agak besar, karena ikan ini membutuhkan ruang yang agak besar agar kesehatan ikan ini terjaga, serta jika akuarium cukup besar, pastinya akan menambah keindahan ikan neon tetra terlihat lebih jelas. Setidaknya setiap 24 ekor ikan neon tetra minimal harus mampu menampung air sebanyak 40 liter.

Buat Tempat untuk bersembunyi ikan


Ikn Neon tetra dalam proses hidupnya memerlukan tempat untuk bersembunyi, karena seringkali ikan ini akan berputar berkeliling akuarium dan ada kalanya mereka bersembunyi, ini merupakan ciri khas dan hal ini juga bisa menambah keindahan daripada si ikan neon tetra, karena keaktifan ikan yang terus bergerak bebas.

Mempersiapkan Akuarium


Sebelum menaruh ikan neon tetra ke dalam aquascape, ada baiknya lakukan pembersihan dan penetralan air dengan menyalakan filter setidaknya selama 2 hari, hal ini untuk menjaga keseimbangan ekosistem hidup neon tetra.

Tutup Filter Akuarium


Karena ukuran ikan neon tetra yang relatif kecil, Anda harus waspada jika memakai filter yang memiliki rongga seukuran ikan, dikhawatirkan ikan bisa kesedot filter akuarium. Sebaiknya jika terdapat celah yang memungkinkan bisa dilewati ikan menuju filter, tutupilah denga menggunakan kawat nyamuk atau yang lainnya.

Masukan beberapa ikan Neon Tetra


Dalam memelihara ikan ini, sebaiknya pelihara dalam jumlah yang banyak, karena jika Anda memelihara hanya beberapa ekor saja, ikan akan merasa stres dan jatuh sakit, bisa saja mengalami kematian. Dalam memelihara ikan neon ini, jangan dicampur dengan ikan predator atau yang memangsa ikan lain, apalagi ikan hias ini berukuran kecil.

Redupkan cahaya pada akuarium


Pada dasarnya ikan neon tetra hidup di daerah yang redup, sebaiknya dalam menaruh akuarium untuk memelihara ikan hias neon tetra letakkan di tempat yang tidak terkena cahaya langsung dari matahari. Dan gunakan pencahayaan lampu, namun usahakan lampu yang diggunakan juga tidak terlalu terang.

Berikan Pakan 2 kali sehari


Di habitat aslinya, neon tetra makanan utamanya adalah serangga, namun jika di dipelihara di dalam akuarium, sebaiknya berilah makanan cacing sutra, cacing darah, artemia bisa yang masih hidup atau yang beku lalat buah tanpa sayap, selain itu anda juga harus memberinya alga yang masih hidup maupun yang sudah dikeringkan. Dan alternatif paling mudah anda bisa memberi ikan hias anda dengan pelet ikan.

Baca Juga : Pakan Ikan Hias untuk Neon Tetra yang Bagus

Bersihkan akuarium secara teratur


Membersihkan akuarium, sudah menjadi kewajiban jika kita menginginkan ikan yang kita pelihara hidup sehat. Karena ikan neon tetra membutuhkan ikan yang bersih dan segar serta memiliki cukup oksigen. Anda bisa mengganti air akuarium setiap 2 minggu sekali atau maksimal 1 bulan sekali.

Bersihkan seluruh komponen akuarium, seperti batuan, tumbuhan, filter dan dekorasi lainnya, serta jangan ketinggalan pada dinding akuarium, hal ini untuk menghindari tumbuhnya jamur jahat yang bisa mengganggu kesehatan ikan hias Anda. Jika Anda melalaikan kebersihan akuarium, bisa saja bermacam penyakit dapat menyerang ikan neon tetra, seperti ikan lesu, warna ikan memudar, bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Apabila ingin menggabungkan ikan hias lain dalam 1 akuarium, sebaiknya pilih ikan yang ukurannya sebanding dengan ikan neon tetra, agar kelangsungan hidup ikan neon tidak terancam.

Demikian Artikel tentang Cara Memelihara dan Merawat Ikan Neon Tetra yang semog dapat bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba memelihara ikan hias ini.

Labels: Ikan Neon Tetra

Terimakasi telah membaca Cara Memelihara dan Merawat Ikan Neon Tetra dengan Mudah. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memelihara dan Merawat Ikan Neon Tetra dengan Mudah"