Ciri Ciri Ikan Platy Hamil dan Cara Merawatnya

Ikan hias bernama Platy ini umumnya sangat digemari oleh para pecinta aquascape. Hal ini karena ikan jenis ini memiliki tampilan dan warna yang menarik, jadi sangat cocok untuk dijadikan hiasan di dalam aquascape, dan yang pasti ikan ini tidak merusak.

Ikan platy sangat cocok untuk para pemula di dalam dunia aquascape, karena ikan spesies ini sangat mudah untuk dirawat, serta tidak mudah stress dan mati. Serta ikan ini juga sangat mudah melakukan perkembangbiakan.

Gambar Ikan Platy

Budidaya Ikan Platy untuk Aquascape


Karena kemudahan membudidayakan ikan hias platy inilah, banyak pecinta ikan hias yang mencoba untuk mengembangbiakan ikan ini. Namun sebelum mengembangbiakannya, kota perlu tahu perbedaan ikan platy jantan dan betina seperti apa. Simak ulasannya berikut di bawah ini.

Cara Membedakan Ikan Platy Jantan dan Betina


Hal pertama yang harus dilakukan untuk membudidayakan ikan platy adalah dengan memilih pejantan dan betina dari ikan platy terlebih dahulu, selain itu dalam memilih indukan pejantan dan betina untuk dikembangbiakan kita juga tidak bisa asal asalan, kita harus memilih ikan yang sehat dan tidak sedang sakit, dan sangat disarankan untuk memilih indukan yang memiliki warna cerah dan mampu bergerak incah, hal ini bertujuan untuk mendapatkan bibit ikan yang berkualitas.

Ciri Ciri Ikan Platy Jantan


Ciri ciri fisik dari ikan platy jantan adalah memiliki bentuk tubuh yang sedikit lebih langsing, dibandingkan betinannya, serta bentuk perut yang normal rata dengan bentuk tubuhnya. Biasanya pergerakan ikan platy jantan biasanya lebih agresif.

Ciri Ciri Ikan Platy Betina


Dari bentuk fisik ikan platy, sebenarnya kita sudah bisa dengan mudah memastikan ikan platy betina. Karena bentuk badan ikan platy betina ukurannya lebih besar dan memiliki perut yang agak mengembang dan lebih besar dibandingkan bentuk tubuhnya. Besarnya perut ikan platy merupakan pertanda masa subur ikan platy dan sudah siapnya sang ikan untuk berkembang biak.

Ketika anda memilih indukan ikan platy untuk dibudidayakan, pastikan anda menyiapkan ikan platy jantan dan betina dengan perbandingan 1 : 2, maksudnya jika anda memiliki 10 ekor induk ikan platy betina, maka Anda juga harus menyiapkan 5 ekor ikan platy jantan. Serta umur ikan platy juga perlu Anda perhatikan, karena ikan platy baru bisa bereproduksi pada umur 3 bulan ke atas, jika umur ikan platy masih di bawah 3 bulan jangan harap proses pengawinan ikan platy dapat berhasil dan bisa melahirkan bibit ikan platy.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Platy di Rumah

Ciri Ciri Ikan Platy sedang Hamil


Setelah mengawinkan ikan platy, tiba waktunya ikan betina berkembang biak, sebenarnya tanda tanda ikan platy sedang hamil sangat mudah diperkirakan, karena biasanya ikan akan langsung hamil, setelah semalaman ikan indukan jantan dan betina digabungkan dalam satu akuarium. Tanda tanda umum ikan platy berhasil di kawinkan dan hamil adalah ikan platy betina loyo dan kurang gerak atau kurang berinteraksi.

Dan lihatlah pada bagian perut ikan platy, jika perkembangbiakan ikan yang anda lakukan berhasil, perut si ikan akan mengalami sedikit perubahan, lebih besar dari biasanya.

Berapa Lama Ikan Platy Hamil?


Biasanya kan platy mengandung selama 1,5 bulan. Bisa lebih lama atau lebih singkat, tergantung kesehatan ikan dan lingkungan dalam akuarium. Kemudian jika sudah melawati masa kehamilan ikan platy akan melahirkan. Apa ciri ciri ikan platy akan melahirkan? Perutnya terlihat menonjol, ikan tidak nafsu makan, pergerakan ikan sangat lamban. Biasanya yang paling nampak jelas adalah nafsu makan ikan yang berkurang, tinggal menunggu 1 atau 2 hari ikan platy pasti akan melahirkan.
Demikian artikel tentang ciri ciri fisik ikan platy yang sedang hamil, semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.

Labels: Ikan platy

Terimakasi telah membaca Ciri Ciri Ikan Platy Hamil dan Cara Merawatnya. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Ciri Ciri Ikan Platy Hamil dan Cara Merawatnya"