Daftar Harga Ikan Mas Koki Terbaru 2018

Ikan mas koki memang sangat populer di kalangan pecinta ikan. Nama latinnya adalah Carassius Auratus dan merupakan jenis ikan pertama yang bisa didomistikasikan. Tidak hanya itu, bahkan, sejak lebih dari satu abad lalu, ikan ini mulai dipelihara dan dibudidayakan. Ikan hias ini juga merupakan jenis ikan yang memiliki varietas terbanyak di dunia. Baik dari segi bentuk, warna, serta ukurannya.

Ikan Mas Koki


Ikan mas koki merupakan hasil persilangan antara ikan mas biasa dengan ikan karper. Keunikan bentuk fisik ikan hias ini berupa perut yang buncit, mata besar, corak warna yang unik, serta ekor dan sirip yang panjang menjuntai (pada beberapa jenis). Nah, harga ikan mas koki juga sangat variatif tergantung dari jenisnya. Pada beberapa jenis yang langka, harganya bisa sangat fantastis.

Bagi pecinta ikan hias, memiliki ikan mas koki jenis tertentu adalah sebuah kewajiban. Pasalnya, ikan ini memiliki kesan dan keunikan tersendiri bagi fish lovers di Indonesia maupun mancanegara. Untuk menambah koleksi ikan, mungkin Anda bisa membandingkan harga antara satu jenis dengan lainnya. Berikut daftar harga ikan mas koki secara lengkap:

Harga Ikan Mas Koki Terlengkap


1. Ikan Mas Koki Mutiara


Gambar Ikan Mas Koki Mutiara
Ikan Mas Koki Mutiara

Jenis ikan mas koki mutiara adalah yang paling banyak penggemarnya di seluruh dunia. Keunikan ikan ini ada pada perut yang buncit, benjolan kepala yang tidak terlalu besar, serta bentuk sisiknya yang mirip dengan mutiara. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa ikan ini dinamakan sebagai ikan mas koki mutiara. Jika Anda merawatnya dengan benar, serta memberikan makanan ikan mas koki yang tepat. Maka, umur ikan ini bisa mencapai 15 tahun lamanya. Panjang maksimal ikan ini berukuran 30 cm.

Ikan mas koki termahal yang pernah dijual dari jenis ini adalah 150 Yuan atau sekitar Rp 3.000.000,-. Untuk pasaran dalam dan luar negeri, standar harganya adalah sekitar 12 USD atau Rp 150.000,- untuk ikan berukuran 10 cm. Pada beberapa olshop dalam negeri, ikan anakan dijual dengan harga Rp 15.000,- per ekornya.

Baca Juga : Jenis Jenis Ikan Mas Koki Paling Lengkap

2. Ikan Mas Koki Ryukin


Gambar Ikan Mas Koki Ryukin
Ikan Mas Koki Ryukin

Keunikan ikan mas koki Ryukin ada pada bentuk kepala dan tubuhnya. Pada bagian kepala, ikan mas koki yang satu ini berukuran kecil, sedangkan tubuhnya bulat lonjong ke bawah. Jenis ikan ini jarang ditemui di Indonesia. Pasalnya, cenderung sulit untuk dibudidayakan. Harga ikan mas koki Ryukin berukuran 10 cm biasanya dibanderol 6 USD atau Rp 80.000,-.

3. Ikan Mas Koki Bubble Eye


Gambar Ikan Mas Koki Bubble Eye
Ikan Mas Koki Bubble Eye

Banyak yang mengatakan dari sekian jenis ikan mas koki, Bubble Eye adalah yang paling menggemaskan. Betapa tidak, pipinya besar mirip dengan gelembung dengan mata yang kecil. Selain itu, ikan ini juga memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar. Bahkan, ukuran maksimal yang bisa dicapai oleh Bubble Eye adalah 15 cm.

Karena paling unik dan cukup langka, harga ikan mas koki yang satu ini tergolong mahal. Sebab, perawatannya tidak bisa dikatakan mudah. Jika terkena penyakit ikan mas koki, gelembung pada Bubble Eye bisa meletus dan menyebabkan kematian.

Nah, untuk mendapatkan satu ekor Bubble Eye, Anda perlu menyiapkan biaya sebesar 5,5 USD atau setara Rp 75.000,-.

4. Ikan Mas Koki Lionhead


Gambar Ikan Mas Koki Lionhead
Ikan Mas Koki Lionhead

Sesuai dengan namanya, Lionhead memiliki bentuk kepala yang menonjol mirip dengan rambut singa. Bentuk fisiknya juga unik dengan tubuh bulat besar menyerupai balon. Sedangkan sirip dan ekornya tidak terlalu panjang. Ukuran rata-rata yang bisa dicapai oleh Lionhead adalah 15 cm. Sedangkan yang terpanjang adalah 30 cm. Harga satu ekor ikan mas koki Lionhead adalah sekitar Rp 65.000,- atau 4,5 USD.

5. Ikan Mas Koki Black Moor


Gambar Ikan Mas Koki Black Moor
Ikan Mas Koki Black Moor

Ciri khas yang paling kentara pada ikan mas koki ini adalah warnanya yang hitam pekat. Bentuk kepalanya kecil dan matanya menonjol. Perawatan ikan mas koki Black Moor tidak boleh sembarangan. Pasalnya ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan pH air.
Untuk memeliharanya, Anda harus mengadaptasikan pada lingkungan dan suhu akuarium terlebih dahulu. Black Moor bisa bertahan hidup hingga 15 tahun dengan ukuran maksimal 25 cm. Umumnya, Black Moor dengan ukuran 10 cm dijual seharga 4 USD atau sekitar Rp 40.000,-

Baca Juga : Penyakit Ikan Mas Koki dan Cara Mengobatinya

6. Ikan Mas Koki Ranchu


Gambar Ikan Mas Koki Ranchu
Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan mas jenis ini sangat mirip dengan Lionhead. Memang, bentuk fisiknya hampir serupa, akan tetapi ada beberapa perbedaannya. Ikan Mas Koki Ranchu memiliki ekor dan sirip yang cenderung lebih kecil ketimbang Lionhead. Hal ini juga yang membuatnya terlihat makin lucu saat meliuk di dalam air.

Ukuran benjolan di kepalanya tidak terlalu besar. Berbeda dengan benjolan Lionhead yang hampir menyeluruh di kepalanya. Harga untuk satu ekor ikan mas koki Ranchu biasanya dibanderol 5,5 USD setara Rp 60.000,-.

7. Ikan Mas Koki Oranda


Gambar Ikan Mas Koki Oranda
Ikan Mas Koki Oranda

Ikan mas koki Oranda merupakan yang paling populer. Penggemar fanatic terhadap ikan hias bisa dibilang sudah pasti memelihara jenis Oranda. Ciri-ciri dari ikan ini adalah tonjolan kepala yang besar, sirip panjang, serta tubuh yang bulat seperti bola. Ukurannya paling besar diantara jenis ikan mas koki lainnya.

Oranda dewasa dapat mencapai ukuran 20 cm dengan berat 500 gram. Dalam sejarahnya, ikan mas Oranda terbesar memiliki ukuran 50 cm dengan berat 30 kg. Harga satu ekor Oranda biasanya dijual sekitar Rp 35.000,- atau 2,5 USD.

8. Ikan Mas Koki Calico


Gambar Ikan Mas Koki Calico
Ikan Mas Koki Calico

Ikan mas koki Calico memiliki harga termurah. Sebab, Calico paling mudah ditemui dan paling mudah dibudidayakan. Akan tetapi, peminatnya cukup banyak karena kemudahan perawatannya. Jenis ini memiliki corak warna yang cukup beragam. Mulai dari hitam, oren, putih, kuning, dan merah. Harganya di pasaran sekitar 2,5 USD atau sekitar Rp 35.000,-.

9. Ikan Mas Koki Komet


Gambar Ikan Mas Koki Komet
Ikan Mas Koki Komet

Jenis ini memiliki ciri ukuran yang lebih kecil dan langsing ketimbang ikan mas lainnya. ekornya berbentuk panjang dan tunggal. Varietas ini dulunya banyak ditemui di Negeri Paman Sam. Harganya cukup murah, di pasaran, Anda bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp 5.000,-.
Varian warnanya sangat beragam. Termasuk putih, merah, merh-putih, oren, dan masih banyak lagi. Komet sangat lincah dan aktif bergerak ketika di dalam air.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Mas Koki di Akuarium Mudah untuk Pemula

10. Ikan Mas Koki Fantail (Ekor Kipas)


Gambr Ikan Mas Koki Ekor Kipas
Ikan Mas Koki Ekor Kipas

Bentuknya yang imut dengan ekor berbentuk kipas membuat banyak penggemar ikan hias jatuh hati padanya. Ikan jenis ini juga disebut sebagai Fantail Goldfish. Fantail merupakan varietas barat dari jenis Ryukin. Bentuk fisiknya mirip dengan telur dengan sirip punggung tinggi. Sirip ekornya empat kali lebih panjang ketimbang tubuhnya.

Fantail menjadi salah satu primadona bagi pecinta ikan hias. Ikan ini juga mudah dibudidayakan. Ukuran panjangnya mencapai 10-15 cm. Harga seekor fantail adalah Rp 30.000,-.

Daftar Harga Ikan Mas Koki


Jenis Ikan Mas Koki Harga
Ikan Mas Koki Mutiara Rp 150.000
Ikan Mas Koki Ryukin Rp 80.000
Ikan Mas Koki Bubble Eye Rp 75.000
Ikan Mas Koki Lionhead Rp 65.000
Ikan Mas Koki Black Moor Rp 40.000
Ikan Mas Koki Ranchu Rp 60.000
Ikan Mas Koki Oranda Rp 35.000
Ikan Mas Koki Calico Rp 35.000
Ikan Mas Koki Komet Rp 5.000
Mas Koki Fantail (Ekor Kipas) Rp 30.000

Baca Juga : Cara Membedakan Ikan Mas Koki Jantan dan Betina

Itulah daftar harga ikan mas koki terlengkap dan terbaru November 2018. Mana yang menjadi favorit Anda? Siapkan budgetnya jika Anda ingin mendapatkan koleksi ikan mas koki pilihan ya!

Labels: Ikan mas koki

Terimakasi telah membaca Daftar Harga Ikan Mas Koki Terbaru 2018. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Daftar Harga Ikan Mas Koki Terbaru 2018"