Ikan Black Tetra, Si Kecil Hiasan Aquascape yang Cantik

Ikan Black Tetra merupakan keluarga dari Ikan Tetra yang berasal dari Benua Amerika, ikan kecil ini sangat dikenal oleh para pecinta ikan hias, atau bahkan Anda sudah memeliharanya di rumah. Karena cara merawat ikan black tetra ini sangatlah mudah dan ikan ini juga cukup kebal terhadap penyakit, selain itu ikan hias kecil ini juga sangat mudah beradaptasi dengan alam barunya.

Gambar Ikan Black Tetra
Ikan Black Tetra

Klasifikasi Ikan Black Tetra


Salah satu daya tarik jenis ikan tetra ini sangat digemari para aquascaper adalah karena bentuk ikan yang cukup unik, berbeda dengan jenis ikan tetra lainnya, serta ikan ini memiliki sifat yang cenderung agresif, berbeda dengan ikan tetra lain yang sifatnya rata - rata tidak seagresif black tetra.

Ikan hias ini asalnya dari benua amerika, lebih tepatnya di negara Paraguay dan Brazil. Habitat ikan ini tinggal di air yang tenang, biasanya black tetra hidup dalam suhu air antara 20 hingga 26 derajat celsius, yang memiliki kadar pH air 6 sampai 8 dengan kondisi arus air yang cukup tenang.

Karakter Ikan Black Tetra


Ciri khas ikan ini tak jauh berbeda dengan jenis ikan tetra lainnya, yaitu memiliki bentuk tubuh sekitar 7,5 cm saja, akan tetapi bentuk tubuhnya pipih mirip dengan ikan jenis Silver Dollar. Memiliki sirip sirip pada bagian atas tubuhnya tidak terlalu lebar, namun agak panjang dan pada bagian dekat perut ikan terdapat sepasang sirip yang memiliki ukuran sedang dan berfungsi untuk berenang. 

Dan pada bagian belakang bawah tubuhnya, terdapat sirip panjang membentang hingga ke pangkal ekornya dengan pangkal sirip yang agak memanjang, serta membentuk pola seperti sabit. Kemudian memiliki ekor yang cukup panjang dan lebar yang bentuknya menyerupai bumerang.

Corak tubuh ikan black tetra memiliki goresan warna hitam di bagian tubuhnya pada bagian belakang kepala, serta warna ikan ini didominasi dengan warna hitam dan putih perak, warna putih perak sangat mendominasi pada bagian perutnya. Warna putihnya juga terdapat pada bagian ekornya dengan campuran warna hitam.

Baca Juga : Makanan Ikan Neon Tetra

Setelah mengetahui bentuk dan karakteristik ikan black tetra, ternyata ikan hias kecil ini memiliki sifat yang agresif dan tidak mau tenang, hal ini sangat berbeda jauh dengan keluarga ikan tetra lainnya yang umumnya memiliki sifat tenang. Namun ikan balck tetra ini masih memiliki sifat suka berkelompok atau bergerombol seperti layaknya ikan jenis tetra lainnya. Biasanya ikan jenis tetra tidak bisa hidup sendirian, jika di dalam akuarium ikan ini hidup sendirian ataupun beberapa ekor saja mereka biasanya akan sakit bahkan mengalami kematian, mungkin karena kesepian.

Karena di habitat aslinya ikan black tetra sangat suka berkumpul dan bergerombol dengan ikan black tetra lainnya, jadi jika Anda ingin memelihara ikan black tetra dan merawatnya di rumah untuk hiasan akuarium sebaiknya pelihara minimal 6 sampai 10 ekor agar si ikan kecil ini tidak kesepian.

Kesulitan dalam Memelihara Ikan Black Tetra


Jika anda seorang pemula dan ingin belajar membudidayakan ikan hias kecil, Anda sebaiknya mencoba untuk memelihara ikan black tetra, karena perawatannya juga cukup mudah, serta ikan ini cukup mudah untuk beradaptasi dan tidak mudah sakit atau terserang penyakit. 

Selain itu ikan hias ini juga memiliki nafsu makan yang baik, sehingga ikan ini akan memakan bermacam pakan ikan yang Anda berikan. Ikan ini juga sangat mudah berbaur dengan komunitas ikan lain dalam akuarium. Akan tetapi Anda tidak boleh menempatkannya dengan ikan bersirip panjang.

Cara Merawat Ikan Black Tetra


Dalam merawat ikan black tetra ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, Anda haru menyiapkan akuarium maupun wadah lain untuk menaruh ikan ini, setidaknya anda harus menyiapkan akuarium yang cukup ruang untuk memeliharanya, sebaiknya untuk memelihara ikan berjumlah 6 - 10 ekor  ukuran akuarium dengan panjang 30 cm, semakin banyak ikan yang Anda pelihara sebaiknya ukuran akuarium lebih luas lagi.

Anda juga harus memperhatikan kondisi air pada akuarium, ikan black tetra sangat cocok hidup dengan temperatur suhu antara 20 - 26 derajat celsius dan pH air setidaknya 5 - 8. Karena merek lebih menyukai air yang asam dan lembut. Penggantian air akuarium sebaiknya dilakukan selama 2 - 3 minggu sekali untuk menjaga kadar keseimbangan di dalam air tetap terjaga dan pastinya agar ikan tetap sehat dan tidak mudah mati.

Baca Juga : Cara Memelihara Ikan Neon Tetra

Makanan Ikan Black Tetra


Ikan jenis ini memiliki sifat yang tidak memilih milih makanan, selagi bisa dimakan pasti akan dimakan oleh ikan ini, karena nafsu makannya memang sangat bagus. Akan tetapi ikan ini lebih menyukai makanan yang berada di permukaan air. Anda bisa membeli bermacam pakan ikan hias di pasar ikan maupun di toko online. Namun anda juga harus memperhatikan kualitas dari pakan atau pelet tersebut, selain itu pilihlah pakan yang tidak mudah membuat air akuarium menjadi keruh.

Cara Membedakan Ikan Black Tetra Jantan dan Betina


Ikan jantan memiliki bentuk sirip yang lebih panjang sedangkan ikan tetra betina memiliki bentuk tubuh yang lebih gemuk.  Serta ikan jantan lebih agresif daripada ikan betina.

Demikian artikel tentang ikan black tetra yang dapat saya sampaikan untuk saat ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi tambahan wawasan anda tentang ikan hias.

Labels: Ikan Tetra

Terimakasi telah membaca Ikan Black Tetra, Si Kecil Hiasan Aquascape yang Cantik. Apa bila bermanfaat silakan bagikan artikel ini.

Share:

0 Komentar untuk "Ikan Black Tetra, Si Kecil Hiasan Aquascape yang Cantik"